Kawah Sikidang yang Tak Bosan Dipandang! Dataran Tinggi Dieng Siap Menyambut

Berwisata wilayah dataran tinggi  memang seakan memiliki pesona yang tiada habisnya. Pasalnya, ada banyak kawasan yang dapat dikunjungi pada dataran tinggi.

Bisa pegunungan, bukit, gunung aktif maupun pasif, hutan, air terjun, serta kawah. Semua itu pasti telah menjadi buruan wisatawan atau traveler pecinta gunung.

Karena pesona dan panorama yang dimiliki oleh kawasan dataran tinggi memang tidak ada duanya.

Untuk wisata alam berupa kawah memang tidak semua gunung memilikinya. Kawah merupakan sebuah lubang besar akibat dari aktivitas gunung berapi.

Kawah memang terlihat menakutkan, namun tetap saja memiliki pesona yang menarik di dalamnya.

Salah satu kawah yang sedang booming akhir-akhir ini adalah Kawah Sikidang.

Lokasi Kawah Sikidang

Banjarnegara Backpacker

Kawah Sikidang berada di wilayah Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kawah ini berasal dari aktivitas gunung berapi yang ada di Dataran Tinggi Dieng.

Kawasan Kawah Sikidang memang berdekatan dari lokasi objek wisata lainnya yaitu Candi Arjuna. Hal ini membuat kawah ini menjadi sasaran para turis setelah berkunjung ke Candi Arjuna.

Destinasi ini juga menjadi destinasi utama para wisatawan saat mereka mengunjungi Dieng Plateau.

Jadi, jika Anda berada di daerah Dieng, maka wajib hukumnya untuk berkunjung ke wisata Kawah Sikidang untuk menikmati indahnya pesona di dalamnya.

Daerah Kawah Sikidang diklaim oleh Ibnu Hasan, Kepala UPT Dinas Kebudayaan bahwa lokasi ini berada di daerah dataran dengan struktur dataran yang landai.

Dataran yang cenderung landai dapat memberikan kemudahan bagi para pengunjung untuk dapat menikmati keindahan fenomena alam yang tentu mustahil untuk dinikmati di wilayah lainnya.

Pesona yang ada di Kawah Sikidang sangat sulit didapatkan di daerah lainnya sehingga membuat tempat ini menjadi kawasan yang wajib dikunjungi wisatawan Dieng.

Ibnu Hasan juga sempat mengatakan bahwa ada beberapa kawah yang masih aktif di lokasi ini. Kawah Sikidang adalah kawah terbesarnya.

Lalu di sekitar Kawah Sikidang terdapat beberapa kawah kecil yag sudah mati. Namun, semua pengunjung harus memperhatikan hal ini setiap berkunjung ke wisata sebuah kawah.

Baca juga:

Keindahan Air Terjun Madakaripura yang Tak Terkira, Bikin Mulut Ternganga!

Mengandung sulfur

lviandri.com

Sama halnya seperti kawah pada umumnya, Kawah Sikidang juga mengeluarkan asap dan air yang memiliki kandungan belerang tinggi.

Oleh karena hal itu, Anda dan pengunjung lainnya dihimbau untuk tidak terlalu dekat dengan kawah. Bahkan, suhu air di kawah utama dapat mencapai 80-90 derajat Celcius.

Hampir mendidih! Namun jangan khawatir karena di sekitar kawah telah dipasang pagar yang tidak boleh dilewati oleh pengunjung.

Ibnu Hasan menambahkan bahwa di sekitar lokasi wisata ada banyak orang yang menjual masker penutup hidung agar Anda terhindar dari kandungan belerang yang keluar dari dalam kawah.

Kawah Sikidang dan sejuta pesonanya sangat membuat para traveler terkagun-kagum. Sayangnya, segala pesona ini ternyata kurang diberikan perhatian atau bisa dibilang belum digarap serius oleh pihak masyarakat setempat.

Kelestarian Lingkungan

wisatakuweb

Kenapa? Karena masih banyak orang yang tidak bertanggung jawab yang sangat tidak menghargai lingkungan hidup.

Mereka merusak ekosistem alam pada wilayah ini seperti memasang banyak photobooth di berbagai tempat. Memang ini sebagai penarik perhatian wisatawan, namun malah mengubah situasi dan kondisi lingkungan sekitar.

Selain itu, di sini juga memiliki wisata permainan Flying Fox yang dinilai tidak baik dan tidak recommended di lakukan di wilayah kawah. Itu dapat membahayakan keselamatan para pengunjung.

Bisa juga kandungan belerang yang tinggi dapat membuat sling baja lintasan flying fox menjadi korosi. Kerapian pedagang kaki lima di sekitar wisata kawah ini juga membutuhkan perhatian.

Harusnya pemerintah lebih memperhatikan keindahan dan kerapian para pedagang yang akhir-akhir ini lebih terkesan kumuh.

Harga tiket masuk

tirto.id

Untuk mengunjungi Kawah Sikidang, Anda hanya membutuhkan biaya masuk sebesar 10 ribu rupiah saja per orangnya. Tiket tersebut sudah menjadi tiket terusan menuju Candi Arjuna.

Murah, bukan? Kawah ini dibuka mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore WIB. Maka pastikan Anda datang dan menikmati keindahan alam yang ada di lokasi Kawah Sikidang.

Satu lagi, kemana pun destinasinya, pastikan Anda menggunakan agen travel wisata berpengalaman hanya dari Jari Adventure. Hubungi

HP : 0812-22279979

WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.