Ingin Lihat Lumba-Lumba, Langsung Saja Ke Perairan Ini

Indonesia memiliki wilayah lautan yang luas sehingga menjadi keuntungan tersendiri. Sehingga tak salah kalau banyak spot menarik untuk melihat lumba-lumba dengan pemandangan luar biasa indah. Mulai dari Barat hingga timur yang hampir setiap pulau memiliki spot andalan masing-masing dan cocok untuk kamu yang suka wisata bahari. Berikut lokasi yang bisa melihat lumba-lumba terbaik di Indonesia.

 

Pantai Lovina

Terletak di Bali Utara, tepatnya di Desa Kalibukbuk, sekitar 10 km ke arah barat kota Singaraja dan dikenal sebagai salah satu objek wisata paling populer. Waktu yang pas untuk melihat kawanan lumba-lumba ini biasanya antara jam 5 – 8 pagi. Kebanyakan pantai di Bali memiliki ombak besar, namun di Pantai Lovina ini memiliki ombak yang cukup tenang sehingga cocok untuk berenang atau sekedar main air di pinggir laut.

 

Nah untuk melihat kawanan lumba-lumba ini kamu harus menyewa perahu khusus yang disediakan oleh pengelola. Dimana satu perahu bisa menampung 4-5 orang dengan biaya Rp. 60.000 per orang yang nantinya akan membawa ke area lautan yang biasa kawanan lumba-lumba bermunculan. Kalau kamu ingin melihat kawanan lumba-lumba sebaiknya datang saat musim kemarau sekitar bulan April – Oktober.

 

Teluk Kiluan, Lampung

Di Lampung Selatan, kita juga bisa menjumpai lumba-lumba yang memiliki jenis hidung botol dan paruh panjang bahkan berlompatan mengikuti perahu. Teluk ini merupakan surga tersembunyi di ujung Provinsi Lampung, dimana pengunjung akan disuguhkan pemandangan pantai dengan gradasi biru kehijauan serta dilengkapi air yang jernih sehingga kamu bisa melihat dengan jelas untuk melihat terumbu karang dan ikan hias yang ada di Teluk Kiluan.

 

Di Teluk Kiluan ini kamu akan melihat ratusan lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba snipper yang mudah dijumpai di tengah laut. Lumba-lumba ini akan menyapa dengan ramah setiap orang yang melihatnya.

 

Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur

Bukan hanya terkenal dengan keindahan bukitnya, Pulau ini juga memiliki perairan yang menawan dan biasanya kamu akan melihat lumba-lumba pada pagi atau sore hari. Disaat matahari akan keluar di ufuk timur, lumba-lumba melakukan aktivitas dengan lompat-lompat ke udara. Mamalia ini akan terlihat di sekitaran perairan yang menuju Pulau Padar & Pulau Kalong.

baca juga:

Ingin Mendaki Gunung Rinjani Si Cantik Di Timur Indonesia, Lakukan Tipsnya!

 

Pulau Misool, Raja Ampat

Misool terkenal dengan keindahan alam darat dan lautnya, disini kamu bisa melihat manta pari, lumba-lumba yang terbilang mudah. Laut di Pulau Misool ini masih jernih dengan perpaduan pulau yang masih alami sehingga membuat lokasi menjadi digemari banyak  orang. Nah kalau kamu gemar diving atau snorkeling, keindahan bawah laut perairan Misool ini terbaik untuk melakukan snorkeling karena memiliki kekayaan biota laut. Ditambah lagi ada lumba-lumba yang sangat ramah dan tidak takut dengan keberadaan manusia sehingga menambah keindahan Perairan Misool. Namun kamu tetap harus berhati-hati dengan berbagai biota laut yang mungkin bisa berbahaya.

 

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Kalau kamu sedang berkunjung di Kepulauan Derawan, kamu akan melihat kawanan lumba-lumba yang akan menyapamu saat perjalanan dari atau ke Pulau Maratua yang tak kalah mempesona dengan lumba-lumba yang ada di Pantai Lovina.

 

Pulau Siladen, Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Kawanan lumba-lumba ini akan menyapa kamu ketika ada kapal berlayar bahkan terkadang sengaja memperlihatkan lompatan indah nya ketika ada kapal yang sedang berlayar. Dengan adanya lumba-lumba ini bisa menjadi bonus, di samping keindahan Pulau Siladen.

 

Laut Sewu, Nusa Tenggara Timur

Kembali lagi ke Nusa Tenggara Timur yang nggak bisa dilewatkan begitu saja. Ada sebuah laut di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia yang dipenuhi kawanan lumba-lumba. Selain kawanan lumba-lumba kamu juga bisa melihat paus biru juga lho!

 

Pulau Peucang Banten

Di sini kamu nggak hanya bisa melihat namun juga bisa berenang bersama lumba-lumba di Pulau Peucang, Banten yang akan memberikan pengalaman yang berkesan dan tidak terlupakan bermain bersama lumba-lumba di laut lepas.

 

Mungkin kebanyakan orang tidak banyak tahu spot ini karena letak pantainya yang lumayan jauh dari keramaian. Dan memiliki keindahan alam yang ada di Pulau Peucang Banten ini bisa disejajarkan dengan pantai yang ada di Florida Amerika Serikat.

 

Pulau Tunda, Banten

Berdekatan dengan Pulau Peucang, tak menampik kemungkinan kamu bisa melihat lumba-lumba yang ada disini.

Untuk menjumpai kawanan lumba-lumba ini, kamu harus menuju teluk bagian utara. Dengan melewati Karang Hantu yang ada di Pulau Tunda, Banten.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.