3 Hutan Pinus Terindah di Indonesia, Layak Pamer ke Feed Instagram

 

Tidak sedikit orang yang kaget saat mengetahui bahwa Indonesia tropis punya hutan pinus karena umumnya memang hanya ditemukan di daerah subtropis.

Namun faktanya, pohon pinus Indonesia tumbuh di perbukitan pegunungan vulkanik yang sejuk, baik di Sulawesi, Sumatera, Bali maupun Jawa.

Berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi pepohonan pinus untuk merasakan ketenangan, menghirup oksigen dalam dosis terbaik, serta mengagumi pemandangan yang luar biasa.

 

  1. Resor Gunung Kintamani yang Menyegarkan di Bali.

ridwanderful

Terkenal berkat candi dan petualangan trekking mendaki Gunung Batur, kawasan Kintamani menawarkan pemandangan gunung dan danau yang diperkaya dengan hutan pinus.

Dalam perjalanan ke Kintamani, Anda akan menemukan pemandangan yang selalu berubah namun tetap mempesona, mulai dari desa, pura di tepi jalan, hingga perkebunan.

Selain memasuki hutan yang masih alami dari jalan utama, hutan Kintamani juga bisa dinikmati selama perjalanan trekking Anda, sejuk dan segar dengan sedikit misteri keindahannya. Ada dua jalur yang dapat dipilih untuk pendakian, yakni Toya Bungkah dan Puri Jati.

Namun, yang terbaik adalah memilih rute Toya Bungkah untuk pendakian pertama kali, temukan garis pinus yang seolah merangkul Anda tepat ketika mencapai finish. Ada beberapa biaya yang harus dibayar untuk mendaki, tergantung pada paket pilihan pilihan.

Pengunjung pun dimungkinkan bersepeda melintasi hutan, rasakan saat angin menyapu pipi Anda, tetapi waspadalah terhadap medan pendakian yang mungkin menantang.

Ketika mencapai puncak Gunung Batur, pemandangan indah menanti bersama langit malam yang spektakuler atau matahari terbit tak terlupakan. Kenangan semacam ini pasti akan Anda hargai seumur hidup.

Terletak sekitar dua jam perjalanan ke utara Denpasar, ibu kota Bali, hutan ini berada di daerah Bangli Kintamani di Jalan Catur, Sukawana.

Menyewa sepeda motor atau mobil akan lebih nyaman untuk perjalanan Anda. Tersedia akomodasi dengan harga terjangkau di sekitar area untuk memenuhi kebutuhan perjalanan semalam Anda.

 

  1. Dataran Tinggi Malino Makassar yang Sejuk di Sulawesi Selatan.

Di dataran tinggi Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan, sekitar 90 km dari pusat kota, terdapat resor pegunungan Malino yang sejuk, butuh 3,5 jam berkendara untuk mencapainya. Sebuah situs warisan kolonial yang menawarkan panorama gunung termegah.

Vila-vila sudah dibangun di sini pada masa kolonial Belanda dengan tujuan untuk rekreasi. Berada di ketinggian 1.050 meter di atas permukaan laut, angin sepoi-sepoi terasa amat sejuk, sedangkan suhu berkisar antara 10-26 derajat Celcius.

Di sisi hutan pinus yang estetis, terdapat air terjun terdekat misalnya Air Terjun Takapala dan Air Terjun Seribu Tangga.

Agar petualangan Anda semakin seru, jelajahi petak-petak perkebunan teh, lembah biru, sekaligus bunker Jepang pada Perang Dunia II.

Hutan pinus ini terletak di sepanjang Jalan Poros, Malino. Disarankan untuk menyewa mobil dengan sopir dari Makassar, karena perjalanan menanjak yang cukup panjang, serta berkelok-kelok. Namun di satu sisi, pemandangan yang menakjubkan dan spot-spot menarik telah menanti.

 

baca juga:

Berasa Tur Private, Wisata di Jawa Tengah yang Ada Dibawah Radar Turis

 

  1. Top Selfie Pinusan di Magelang Jawa Tengah.

kompas

Terletak di desa Kragilan, Pakis di Magelang, Top Selfie Pinusan berada di lereng gunung berapi Merbabu, di mana cuacanya sangat sejuk. Namun, Anda harus memasuki kawasan yang jauh dari jalan utama untuk melihat deretam pohon pinus menjulang tinggi.

Spot yang paling instagrammable adalah jalur 2 arah yang agak curam menuju tempat parkir, di mana terdapat barisan pohon pinus alami siap menyambut Anda dengan anggun. Pergeseran sinar matahari yang menembus melalui celah dedaunan pohon pinus sepanjang hari akan menghadirkan nuansa berbeda di dalam hutan.

Anda punya banyak kesempatan untuk mengabadikan pemandangan alam yang epik, termasuk sejumlah foto selfie di sepanjang ruas jalan.

Bagi para pengguna aktif sosial media, Top Selfie Pinusan tak ubahnya surga tersembunyi. Keindahannya sangat layak mengisi feed akun Anda, bahkan cocok juga untuk dijadikan lokasi shooting video dokumenter.

Agar tiba di hutan ini, Anda bisa berangkat dari Yogyakarta atau Magelang. Berkendara ke kota Muntilan kemudian ambil arah ke Ketep Pass.

Setelah itu, pilih rute ke jalan raya Kopeng, yang akan membawa Anda ke Top Selfie Pinusan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.