Frida Kahlo dan 6 Karya Ikoniknya di Meksiko

Frida Kahlo bisa dibilang adalah artis ikonik paling terkenal di Meksiko. Dari monobrow hingga gaya rambut berhiaskan bunga, estetika khasnya menarik minat yang hampir sama dengan karya seninya di mana didominasi oleh potret diri.

Dari perkiraan 140 lukisannya, 55 adalah potret diri. Sementara banyak yang menganggapnya surealis, Kahlo menolak gelar itu, karena karyanya sangat otobiografi dan berfokus pada Mexicanidad (Meksiko), budaya dan tradisi patria tercinta (tanah air), dan materi pelajaran introspektif yang menarik.

Inilah pengantar untuk mengenal seniman yang menarik ini dalam enam karya seni.

Frieda y Diego Rivera (Frieda and Diego Rivera) (1931)

msecnd

 

Tampaknya tepat bahwa karya seni pertama (yang menampilkan ejaan Jermanik asli dari nama depannya) segera mengasah hubungannya dengan suaminya yang dua kali lebih tua, Diego Rivera.

Dibayangi oleh hasil artistiknya di masa hidupnya, dia bisa dibilang sekarang memegang pengakuan dunia yang lebih besar daripada yang pernah dia lakukan. Bagian ini mungkin mengeksplorasi perasaannya yang saling bertentangan terhadapnya.

staticflickr

 

Dengan melebih-lebihkan perawakan dan ukurannya yang kecil dibandingkan dengan Rivera. Dia bisa dibilang menunjukkan ketergantungannya pada sang suami.

Serta meremehkan bakat artistiknya dengan menggambarkan Rivera memegang kuas, sementara dia mengenakan gaun campesina sederhana.

 

Mi Nacimiento (My Birth) (1932)

Karya ini milik koleksi pribadi Madonna, penggemar berat Kahlo. Itu mungkin salah satu karya Kahlo paling mendalam dan mengejutkan, yang mengungkapkan gejolak dalam kehidupan pribadinya pada saat melukis.

Baru saja mengalami keguguran (pengalaman tersendiri yang akan menentukan kehidupan dan seninya), dia juga mengetahui bahwa ibunya sedang sekarat karena kanker.

 

Henry Ford Hospital (1932)

fridakahlo

Karya ini, yang dilukis di atas lembaran logam pada tahun 1932, terus mengeksplorasi keguguran yang dideritanya saat berada di Amerika.

Karena itu menjadi salah satu momen paling menentukan dalam hidupnya, sekaligus juga menjadi ciri khas seninya. Itu mungkin karya paling terkenal yang mengeksplorasi tragedi dan penderitaan.

Enam tali pusar di mana seharusnya menghubungkan perut besarnya dengan janin dari anaknya yang dirindukan.

Gambar bayi yang belum lahir, bunga ungu pemberian Rivera, siput perlambang keguguran yang lambat dan menyakitkan, serta tubuh wanita tanpa isi perut. Semuanya menunjukkan keterputusan dari tubuhnya sebagaimana yang dia rasakan.

Mis Abuelos, Mis Padres, y Yo (My Grandparents, My Parents and Me) (1936)

galeriasdeartebarcelona

Hubungan Frida dengan warisan dan keluarganya berulang kali dieksplorasi melalui karya seninya, dan tidak pernah lebih dari pada karya keluarga yang eksplisit ini.

Dalam bagian ini silsilah keluarganya digambarkan, dengan pita merah menghubungkan mereka semua dan mewakili garis keturunannya.

Frida sendiri ditampilkan di latar depan, tepat di depan ayah yang diidolakannya. Seperti halnya gambar janin di perut ibunya, yang diduga Frida sendiri.

Kakek-nenek dari pihak ibu dan ayah diposisikan baik di atas tanah kering atau lautan, yang masing-masing mewakili warisan Meksiko dan Jerman.

 

baca juga:

6 Cara Sederhana Mengatasi Jet Lag

 

El Suicidio de Dorothy Hale (The Suicide of Dorothy Hale) (1938)

Sebuah karya seni Kahlo yang kurang dikenal, The Suicide of Dorothy Hale. Menggambarkan kisah bunuh diri gadis panggung Amerika dan wanita masyarakat, Dorothy Hale. Di mana dia melompat dari jendela atas apartemennya di New York.

Teman dekatnya Clare Boothe Luce menugaskan Kahlo, yang kala itu tengah menceraikan Rivera untuk pertama kalinya. Melukis sebuah potret, meskipun karya seni yang dihasilkan tidak seperti harapannya.

Beberapa pengeditan dilakukan atas permintaan Boothe Luce, termasuk penghapusan seorang malaikat dan tulisan namanya sebagai orang yang menugaskan karya tersebut.

 

Las dos Fridas (The Two Fridas) (1939)

indeksnews

 

Mungkin ini adalah lukisan Kahlo yang paling mudah dikenali, Las dos Fridas adalah potret diri terbelah.

Mmenunjukkan dampak dari perceraiannya dengan Rivera, serta dampak selanjutnya pada pengindraan identitasnya.

Frida yang digambarkan di sebelah kanan adalah Eropa dalam pakaian dan penampilan, mirip dengan bagaimana dia sebelum bersama Rivera. Sedangkan Frida yang digambarkan di sebelah kiri adalah khas Meksiko tradisional.

Tangan kiri Frida, ‘diri’ yang dia kembangkan selama pernikahannya, adalah orang yang memegang liontin bergambar Rivera.

Hati yang berdarah tidak dapat disangkal merupakan simbol dari rasa sakitnya, serta menjadi simbol pengorbanan ritual Aztec.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.