Festival Jeruk Pamelo, Jeruk Legendaris Produk Unggulan Asli Magetan

 

Meskipun namanya tidak sepopuler Madiun, tapi Magetan kaya akan tempat wisata dan kuliner yang sulit untuk dilupakan. Paket wisata kuliner inilah yang banyak menarik wisatawan disana. Kira-kira apa saja yaa kuliner yang ada di Magetan?

Kota wisata yang dingin Magetan, menghadirkan banyak pilihan paket wisata. Anda bisa mengambil paket wisata tersebut dalam satu paket bersama sewa bus Magetan. Murah dan praktis begitulah kira-kira pesan yang ingin disampaikan kota di ujung barat Jawa Timur tersebut. Magetan bertetangga dengan wilayah kota dan kabupaten Madiun, Ponorogo, dan Ngawi.

Saat musim mudik lebaran kemarin, untuk menyambut para pemudik, Pemkab Magetan melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) menggelar Festival Jeruk Pamelo di sebelah timur Pasar Baru, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, tepatnya setiap tahun sekali. Hal ini dilakukan untuk menyemarakkan suasana lebaran  di Magetan.

Dalam acara tersebut, ribuan buah jeruk Pamelo di suguhkan secara gratis untuk masyarakat yang hadir. Namun, bagi yang ingin membawa pulang sebagai oleh-oleh, pengunjung dapat membeli di lapak yang sudah di sediakan dengan harga yang terjangkau.

“Untuk yang dicicipi gratis ada sekitar 1000 buah jeruk Pamelo. Kalau yang di jual asalnya dari asosiasi petani petani jeruk Pamelo. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan jeruk asli Magetan. Agar, salah satu ikon di Magetan ini bisa menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan maupun para penggemar jeruk di luar kota. “Acara seperti ini juga untuk mengenalkan kepada konsumen bahwa jeruk kita kualitasnya bagus dan rasanya enak.’ Jika sudah ada image seperti itu, masyarakat dari luar kota akan beli jeruk dari magetan sehingga, perekonomian para petani jeruk juga akan mengalami peningkatan.

Kalau jeruk dari Magetan laris, para petani juga akan giat merawat kebunnya. Sementara itu, acara yang di prakarsai Pemkab Magetan pada libur lebaran 2019 ini berlangsung meriah. Hal itu terbukti dengan tingginya antusias masyarakat untuk menghadiri Festival Jeruk Pamelo di Magetan.

baca juga:

Karva Chaut, Tradisi Puasa Para Istri yang Terkenal di India

 

Lawu Tour Jeep Adventure Launching di Magetan

 

Salah satu paket wisata populer di Indonesia adalah Paket Wisata Magetan. Paket wisata ini menjadi populer mengingat Indonesia sebagai negara tropis yang terdiri dari banyak pulau dan pegunungan. Kabupaten Magetan di penghujung propinsi Jawa Timur seolah tidak pernah kehabisan potensi wisata. Untuk menuju kesana Anda bisa menggunakan jasa sewa bus Magetan dengan tarif terjangkau, khususnya jika Anda memesannya sebulan sebelumnya.

Ketimbang harus ke luar negeri, paket wisata Magetan tak kalah menariknya. Hitung-hitung untuk menambah pemasukan negara demi menuju Indonesia yang lebih sejahtera. Apa sajakah yang ada di Magetan? Sebenarnya banyak obyek tujuan wisata yang bisa dijadikan pilihan. Namun, salah satu tempat menarik rekomendasi kami adalah paket Lava Tour Jeep di dekat kawasan wisata Telaga Sarangan yang menawarkan sensasi dingin khas pegunungan.

Salah Satu ikon wisata baru di Magetan adalah Lawu Tou Jeep Adventure. Bahkan Bupati Magetan, Suprawoto, sendiri yang ikut meluncurkan wahan wisata baru Lawu Tour Jeep Adventure ini di kawasan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Hal itu, tentunya akan menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Magetan. Ini ide yang sangat bagus karena dengan adanya Lawu Tour ini, wisatawan akan mendapatkan sensasi yang tidak didapatkan di tempat lain. Salah satunya, panorama alam pegunungan yang indah serta udara yang sejuk.

Ide awal Lawu Tour ialah sebagai transportasi wisata yang akan menghubungkan antara destinasi satu dengan lainnya. Sehingga, wisatawan dapat mengunjungi berbagai obyek wisata dengan fasilitas mobil jip yang telah disediakan.

Secara umum nanti ada 3 rute yaitu pendek, menengah, dan panjang, jadi secara paralel rute tersebut akan di kembangkan. Pengelola Lawu Tour Jeep juga telah melakukan kerjasama dengan desa-desa wisata di sekitar Sarangan.

Meskipun belum di buka secara umum, banyak pihak optimistis jika Lawu Tour Jeep Adventure akan berkembang dengan pesat. Sehingga, akan membawa dampak perekonomian yang baik untuk Magetan. Jadi semuanya nanti akan dilibatkan mulai dari desa, pemuda, dan pihak lainnya. Mereka akan dipacu kreatifitasnya untuk memunculkan ide-ide baru yang bisa di kunjungi wisatawan.

Nah, menarik bukan dengan mengunjungi wisata di Magetan? Jika masih belum puasa, ada rangkaian wisata lain yang ada di sekitar Magetan, bisa ke Karanganyar atau ke Madiun.

 

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.