Destinasi Terbaik di Bur Dubai yang Bikin Betah Saat Liburan

Tepat di sebelah barat keramaian sungai, Bur Dubai merupakan tempat semua hal dimulai sejak berabad-abad lalu.

Ketika mata hanya menangkap lanskap lumpur dan padang ilalang, saat penduduk berkeliling menggunakan perahu daripada Uber.

Menyisakan potret sejarah Dubai yang kini telah tergerus oleh modernitas. Masih mencerminkan budaya dan kearifan lokal, berikut sederet destinasi terbaik yang bisa Anda kunjungi selama berlibur di sini.

 

  1. Dubai Museum

mybayutcdn

Anda akan disajikan wawasan menarik tentang warisan budaya lokal. Proses transformasi sebuah wilayah yang semula hanya berupa hamparan gurun. Namun sekarang, berhasil menjadi kota metropolitan. Suatu kemajuan pesat yang sukses memukau dunia.

 

Di lantai bawah, Anda dapat berteduh sejenak dari teriknya cuaca. Dibuat berdecak kagum oleh diorama rumit yang mencerminkan berbagai peristiwa sejarah. Mengetahui bahwa kunci kesuksesan Bur Dubai terletak pada perdagangan mutiara. Tak hanya menghibur, namun juga mengedukasi. Destinasi yang tepat untuk dikunjungi bersama si kecil.

 

  1. Al Fahidi Historical Neighbourhood

Lingkungan yang damai ini, sebelumnya dikenal dengan sebutan Bastakiya Quarter. Destinasi terbaik bagi Anda yang membutuhkan pelarian dari hiruk-pikuk Dubai. Dahulu hanya berupa lokasi para pedagang kaki lima. Namun kini, telah direnovasi menjadi warisan budaya yang dilindungi.

 

Pengunjung disuguhkan deretan bangunan artistik dengan nuansa berwarna pasir. Berada di sini terasa seperti mengumpulkan budaya Dubai dalam satu atap. Ketika berkeliling, Anda akan menemukan toko kerajinan, museum, dan kafe outdoor memukau. Dilengkapi sebuah kincir angin yang telah dibangun sejak abad ke-19.

 

  1. Majlis Gallery

Galeri seni di kawasan Al Fahadi ini layaknya kepingan surga bagi para pecinta seni. Diresmikan pada tahun 1989, namanya berasal dari bahasa Arab yang berarti tempat pertemuan umum. Selama bertahun-tahun, Majlis Gallery telah berkembang menjadi pusat kesenian internasional.

 

Berbagai karya profesional mampu memanjakan Anda.  Hingga kini, menjadi lembaga terkemukan yang menyatukan beragam pikiran kreatif. Fotografer terkenal, Uudayabhanu, termasuk di antara sederet nama yang terpajang di sini.

 

Sejalan dengan proklamasi diri sebagai aktivis lingkungan, Uudayabhanu menggunakan alam untuk memproyeksikan interpretasi lingkungan versinya. Tak hanya dia, masih banyak pula profesional lain yang memamerkan kreativitas di galeri ini.

 

baca juga:

Ngerii..!! 7 Situs Berhantu di US Ini Cocok untuk Uji Nyali

 

  1. Sheikh Mohammed Centre for Cultur Understanding

Lembaga yang menawarkan beragam jenis edukasi tentang Islam dan Uni Emirat Arab. Penduduk setempat kerap menjelaskan tradisi lokal, budaya, hingga moto hidup. Pihak pengelola juga menyediakan sesi tanya jawab untuk mengakomodir keingintahuan para pengunjung.

 

Manfaatkan kesempatan ini untuk mendalami budaya penuh pesona nan unik dengan cara yang inovatif. Di samping itu, tersedia makanan tradisional Arab setiap hari Senin dan Rabu pukul 10 pagi. Pengunjung dimungkinkan untuk mengenal Islam dan Uni Emirat Arab dari berbagai sisi.

 

  1. The Dubai Heritage Village

Terletak di kawasan bersejarah Al Shindagha, destinasi ini didirikan  sejak tahun 1997 silam. Anda akan disajikan potret adat istiadat, profesi, tradisi, dan keahlian lokal. Salah satu ikon yang paling menarik adalah klinik tradisional homeopati, beroperasi antara Oktober dan Maret.

 

Tersedia pula aneka suvenir seperti perhiasan dan peluit karya pengrajin setempat. Selain itu, Anda bisa mendengarkan cerita rakyat Arab, serta tarian yang memiliki akar mendalam di Afrika. Beberapa rekomendasi judul cerita, yaitu Razfa, El-Dan, Ayyala, dan Harbeya.

 

  1. Old Souk

Pasar traditional Bur Dubai yang menyajikan sederet toko kain, alas kaki, hingga suvenir. Pemandangan di sini sangat instagramable, perpaduan warna-warna tekstil sungguh mempercantik suasana.

 

Semakin memasuki kawasan Old Souk, Anda akan menemukan aneka ornamen berukiran rumit. Sangat pas untuk dihadiahkan kepada teman atau keluarga. Selain itu, pakaian laki-laki terbuat dari benang berkilauan dan beludru telah menanti untuk dibawa pulang. Pilihannya cukup beragam, jadi tak perlu bersusah payah tawar-menawar soal harga.

Lebih dari sekadar kota metropolitan, Bur Dubai ternyata menyimpan pesona penuh makna. Cuacanya memang amat terik karena berada di kawasan gurun. Namun demikian, situasi ini jangan sampai membuat Anda melewatkan kesempatan berkeliling. Gunakanlah sunblock terpercaya untuk melindungi diri Anda dari sengatan matahari.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.