6 Destinasi Tak Terlupakan di Mesir, Dijamin Berkesan Seumur Hidup

Mesir adalah rumah bagi beberapa keajaiban kuno terbesar di dunia, dan di luar barang-barang mahal seperti piramida, ada banyak destinasi yang tidak boleh Anda lewatkan.

Mulai dari Luxor kuno hingga Grand Aquarium modern. Sphinx, Sungai Nil, Piramida Giza. Anda tidak perlu pergi ke Mesir untuk menyadari daya tariknya.

Pemandangan itu tentu saja sensasional, tetapi hanyalah tiga dari sekian banyak hal yang harus Anda saksikan di negara ini.

Biara terpencil di gurun, resor pesisir romantis, kuil kuno yang pernah tenggelam, hingga mahakarya milenial dari arsitektur sipil modern-minimalis.

Lebih dari 7.000 tahun sejarah, serta warisan budaya. Ada banyak destinasi yang akan membuat Anda semakin betah.

 

  1. Luxor Temple

egypttoday

Kompleks kuil besar ini berbeda dari kebanyakan peninggalan arkeologi di Luxor karena tidak didedikasikan untuk satu firaun atau dewa. Tujuan pembangunannya sebagai kuil seremonial untuk penobatan para penguasa Mesir.

 

Ini adalah showstopper, dengan jalan sphinx berkepala manusia yang mengarah ke pintu masuk. Dua menara batu pasir yang luas, dihiasi ukiran hieroglif dan adegan pertempuran, siap menyambut pengunjung. Anda akan menemukan patung dewa menjulang tinggi, tiang-tiang nyaris tak berujung, serta sisa bangunan internal yang menarik seperti kapel.

 

  1. Karnak Temple

memphistours

Karnak adalah situs kedua yang paling banyak dikunjungi di Mesir, setelah Piramida di Giza. Tidak sulit untuk mengetahui alasannya karena tempat ini benar-benar apik, mencakup area seluas desa. Bahkan, nama Karnak berasal dari bahasa Arab ‘khurnak’, yang berarti ‘desa berbenteng’.

 

Pada satu tahap, kuil ini terhubung ke Kuil Luxor oleh patung sphinx sepanjang 2,5 km dan beberapa di antaranya masih utuh. Sangat unik karena dibangun dalam jangka waktu yang begitu lama, hampir dua ribu tahun. Karenanya, beberapa dewa yang direpresentasikan di bagian selanjutnya tidak akan dikenali oleh mereka yang membangun bagian sebelumnya.

 

  1. Valley of the Kings

The Art Newspaper

Ini bisa dibilang situs Mesir kuno paling menggugah, sumber dari semua pengetahuan tentang makam yang belum ditemukan. Penuh dengan kekayaan, kutukan mumi, dan perampok makam. Inilah makam Tutankhamun, ditemukan pada 1920-an dan masih menjadi situs penggalian, eksplorasi, dan konservasi bagi para arkeolog hingga saat ini.

 

Anda bisa berangkat dari Luxor dengan perahu, lalu menggunakan kendaraan darat. Tempat ini merupakan perbukitan gurun yang terik. Anda akan merasa seolah melewati ribuan tahun hanya untuk turun ke kuburan yang sejuk dan terawat. Relief dekoratifnya tampak hampir seterang dahulu karena diukir dan dicat.

 

baca juga:

Bikin Mata Terpana, Bangunan Paling Mengesankan di Marrakesh Secara Visual

 

  1. St Catherine’s Monastery

pravmir

Berdiri di kaki tiga gunung besar di Semenanjung Sinai, salah satunya Jabal Musa, dikenal juga sebagai Gunung Sinai, gunung di mana Tuhan memberi Musa Sepuluh Perintah. Biara di sini terasa seperti portal ke dunia lain.

 

Di satu sisi, berisi karya seni dan objek tak tergantikan, dari mosaik, piala, manuskrip hingga ikon, yang merupakan beberapa gambar Kristen tertua dan masih ada di seluruh dunia.

Perpustakaannya, telah dibangun sejak abad ke-6 M, adalah yang tertua dan terus beroperasi hingga kini. Koleksi teks kunonya hanya dapat disaingi oleh Vatikan.

 

  1. Egyptian Museum

egypttoday

Dibangun pada pergantian abad ke-20, museum luas di pusat Kairo ini menampung sekitar 120.000 artefak. Koleksi barang antik firaun terbesar di seluruh dunia. Di lantai dasar, Anda akan menemukan objek terbesar berupa patung yang menjulang tinggi, seluruh bagian relief batu, dan objek arsitektur lainnya.

 

Objek yang lebih kecil pun tersedia, termasuk di antaranya mumi meringis, koin, dan harta karun dari makam firaun, juga topeng kematian dari emas murni Tutankhamen. Ada juga toko suvenir yang bagus, jadi Anda bisa membeli suvenir.

 

  1. Bibliotheca Alexandrina

Dengan ruang rak yang mampu memuat 8 juta buku, cukup pantas untuk mengatakan bahwa perpustakaan ini serius tentang kekuatan kata-kata tertulis. Namun, tidak perlu mencari bahan bacaan baru untuk menghargainya.

 

Sebab, tempat ini juga merupakan mahakarya arsitektur. Dibangun tahun 2002, di Alexandria, di tepi Mediterania, kompetisi untuk mendesainnya dimenangkan oleh sebuah perusahaan Norwegia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.