Daftar Tempat Wisata Populer di Taman Nasional Wakatobi

Bingung menentukan akan liburan ke mana? Mungkin saatnya menjelajah bagian timur Indonesia yang terkenal dengan kepulauannya yang mempesona. Salah satu kepulauan yang menjadi referensi asyik untuk tempat berlibur bersama pasangan, sahabat maupun keluarga adalah Taman Nasional Wakatobi

Sebuah kabupaten yang berbentuk kepulauan dan terletak di tenggara Pulau Sulawesi ini banyak dikunjungi wisatawan karena memiliki beragam tempat wisata, baik wisata taman nasional, wisata sejarah maupun wisata budaya. Bagi yang penasaran deretan tempat wisata apa sajakah yang populer dan patut dikunjungi saat berada di Taman Nasional Wakatobi, simak ulasan berikut ini:      

Taman Nasional Wakatobi

Tempat wisata pertama yang wajib dikunjungi adalah Taman Nasional Wakatobi.  Merupakan salah satu dari 50 taman nasional di Indonesia, Taman Nasional Wakatobi ini begitu terkenal karena menawarkan panorama keindahan alam bawah laut yang sangat indah dengan 25 buah gugusan terumbu karangnya. Di taman laut ini wisatawan bisa menjumpai sekitar 112 jenis terumbu karang dari 13 famili yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 km garis pantai.

Tak hanya itu, wisatawa  juga bisa melihat beragam spesies ikan, baik ikan hias maupun ikan konsumsi perdagangan. Satwa lain yang bisa dijumpai di Taman Nasional Wakatobi adalah beberapa jenis burung, seperti Angsa-batu coklat, Cerek melayu dan Raja Udang Erasia. Ada juga beragam jenis penyu yang mendarat di pulau-pulau yang ada di Taman Nasional Wakatobi ini, misalnya penyu sisik, penyu tempayan dan penyu lekang.

Wisatawan yang menyukai kemolekan alam bawah laut bisa melakukan berbagai kegiatan menarik di Taman Nasional Wakatobi, diantaranya menyelam, snorkeling dan berenang.

Para wisatawan juga dapat menyaksikan kebudayaan masyarakat setempat yang tentu saja sayang bila dilewatkan begitu saja. Pastinya akan menjadi suatu kebahagian tersendiri apabila anda bisa menghabiskan waktu di Taman Nasional Wakatobi dan menikmati segala keindahannya.

Pulau Hoga

Pulau Hoga menjadi salah satu tujuan wisata favorit di kawasan Taman Nasional Wakatobi karena memiliki semburan ombak yang khas dan tenang serta keindahan pasir putih yang alami. Pulau yang terletak di timur Pulau Kledupa ini merupakan salah satu pulau gugusan tukang besi wilayah Wakatobi yang juga merupakan pulau wisata bawah laut paling indah di dunia.

Pulau Wangi Wangi

Berjalan-jalan ke Taman Nasional Wakatobitak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Pulau Wangi Wangi. Bagaimana tidak, pulau yang juga menjadi pintu gerbang wisatawan yang berlibur ke Taman Nasional Wakatobi ini menawarkan keindahan yang tak kalah dari pulau lainnya berupa warna air laut yang jernih juga pasir pantainya yang putih bersih. Disekitar pulau ini juga didiami lebih dari 35 jenis spesies ikan yang ada di dunia juga terumbu karang  yang bisa diamati para wisatawan saat menyelam ataupun snorkeling.

Plusnya, Pulau Wangi Wangi juga memiliki benteng-benteng serta mercusuar peninggalan jaman dulu yang menawarkan wisata sejarah kepada para pengunjung. Sebut saja Benteng Tindoi yang berada di Kecamatan Wangi-Wangi, Benteng Liya beserta Mesjid Keraton Liya yang terletak di Desa Liya Togo Kec. Wangi-Wangi Selatan, Benteng Togo Molengo yang  terletak di Puncak Gunung Pulau Kapota dan Benteng Mandati Tonga yang terletak di Desa Mandati Kecamatan Wangi-Wangi Selatan.

Mercusuar yang ada di Pulau Wangi-Wangi merupakan peninggalan penjajah Belanda yang dibangun pada 1901. Obyek wisata yang berada di Desa Waha ini bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua dengan lama perjalanan sekitar 15 menit dari ibukota Kabupaten Wakatobi.

Pulau Tomia

Tempat wisata di Taman Nasional Wakatobi yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Tomia. Pulau ini merupakan salah satu dari empat pulau besar yang ada di Wakatobi yang menyimpan keindahan alam bawah laut yang sangat menawan. Wisatawan bisa secara langsung menikmati keindahan alam bawah laut di pulau ini dengan menyelam. 

Di Pulau Tomia, wisatawan juga bisa mengunjungi Benteng Patua yang merupakan salah satu situs sejarah kebudayaan Tomia dan Benteng Suo-suo. Wisatawan juga bisa melihat Mesjid Tua Onemay yang berada di Kelurahan Onemay. 

Daftar tempat wisata di atas semoga bisa menjadi guide saat Anda memutuskan menghabiskan liburan di Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara.  Selamat menikmati liburan dan semoga liburan Anda menyenangkan! (Jari Adventure-Det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.