Candi Terindah di Indonesia dan Keunikannya, Selain Borobudur

Membahas tentang kuil atau candi, Indonesia punya keajaiban dunia, Borobudur yang megah. Namun, ternyata selain Borobudur, masih terdapat beberapa candi lainnya tersebar di seluruh Nusantara.

Kuil Hindu dan Buddha di tanah air, umumnya terbuat dari batu yang kokoh melewati ujian zaman. Mari kita nikmati spiritualitas yang terukir di atas batu-batu yang tetap bertahan selama berabad-abad berikut:

1. Pura Besakih

natantransport

Bali memiliki Pura Besakih sebagai pura terbesar, terpenting dan dianggap paling suci oleh umat Hindu.

Berada di ketinggian 1000 mdpl di lereng Gunung Agung. Pura ini layak dikunjungi untuk melihat pemandangan pedesaan yang subur dan gunung berapi yang menjulang tinggi di atasnya.

Ada 23 pura terkait yang membentuk Pura Besakih, tetapi pastikan untuk mengunjungi yang terbesar dan paling mengesankan — Pura Besakih Agung.

2. Goa Gajah

Masih di Bali, Anda bisa mengunjungi gua berornamen ukiran di Goa Gajah yang baru ditemukan pada 1950-an. Posisinya di selatan Ubud.

Biasanya, banyak terdapat pedagang sarung yang menawarkan kepada para pengunjung untuk dipakai. Tapi, jangan khawatir, di dalam juga tersedia sarung gratis yang bisa dipinjam.

Daya tarik utama Goa Gajah adalah berbagai ukiran seperti simbol yoni Siwa dan phallic. Anda juga bisa menjumpai kolam pemandian di depan gua, lengkap dengan patung air mancur wanita cantik.

3. Candi Plaosan

kemdikbud

Meski didedikasikan bagi umat Hindu-Buddha, namun penduduk lokal yang beragama Muslim juga sangat menghargai Candi Plaosan.

Anda akan memasuki kuil yang sangat megah, dengan sambutan patung dwarapala, sang penjaga kuil di sisi depan. Masing-masing patung memegang ular, tongkat, dan pedang untuk menangkis niat jahat.

Daya tarik utama di antara 248 candi perwara adalah vihara kembar atau bangunan kuil utama. Dua bangunan candi bertingkat ini mungkin merupakan bangunan candi yang paling mengesankan di seluruh Jawa.

4. Candi Ratu Boko

kompas

Berada di selatan Jawa Tengah, reruntuhan Candi Ratu Boko bertengger di dataran tinggi. Bawalah air atau bekal makanan, karena ada banyak tangga yang harus didaki.

Reruntuhan bangunan menunjukkan bahwa situs ini adalah sebuagh benteng atau kediaman bangsawan yang besar bagi Kerajaan Syailendra atau Mataram.

Ada tembok luar yang hancur, parit kering, dan, pada titik tertinggi di daerah itu, sebuah paviliun pengintai.

Jika Anda naik ke paviliun ini, Anda akan menikmati panorama pegunungan yang indah. Bahkan, terlihat Candi Prambanan dan Gunung Merapi yang berdekatan dengan pemandangan matahari terbenam. Sungguh menakjubkan!

 

baca juga:

6 Aktivitas Berkesan yang Patut di Seluruh Asia Tenggara

 

5. Candi Sewu

alodiatour

Tak jauh dari lokasi Candi Hindu Prambanan, Candi Sewu adalah Candi Buddha terbesar setelah Borobudur. Jarak yang dekat menunjukkan adanya toleransi agama di masa lalu.

Pintu masuk megah ke candi utama menghadap ke timur dan berisi prasasti yang berasal dari tahun 792 M. Candi Sewu adalah salah satu candi utama di Jawa masih aktif dipakai berbagai acara keagamaan sejak abad ke-8.

6. Pura Luhur Uluwatu

jejakpanorama

Didedikasikan untuk Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Rudra.

Pura Luhur Uluwatu terletak tinggi di atas laut di sisi tebing. Uluwatu adalah salah satu daerah Bali yang sedang berkembang untuk pariwisata. Destinasi ini memikat para pelancong muda, dengan pantai yang indah dan kehidupan malam di sisi tebing.

Pura Luhur Uluwatu dirancang untuk melindungi pulau dari kejahatan. Dibangun sekitar 70 meter di atas ombak laut selatan. Datanglah ketika matahari terbenam. Ada dua titik pandang di utara dan selatan yang akan memberi Anda pemandangan leluasa dan indah.

7. Pura Ulun Danu Beratan

ayobali

Udara sejuk dan kabut meredakan panas para pelancong yang mendaki pegunungan tengah pulau Bali.

Di atas sini, Anda akan menemukan Danau Bratan yang mengesankan terletak di antara puncak.

Pura Ulun Danu Beratan di tepi pantai telah dipakai penduduk Hindu sejak 1963. Pura dibangun untuk Dewi Danu, sang penguasa danau, sungai, dan air.

Sumber air danau menjadi salah satu faktor kesuburan tanaman di sekitar pulau melalui serangkaian saluran irigasi.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.