Bukan Cuma Roma Saja Lho! Ternyata Ada Banyak Jalan Menuju Singapura

Negara tetangga yang satu ini memang dekat dari Jakarta bahkan lebih dekat dari Jakarta ke Medan. Yup, Singapura.

Negara satu ini tidak lebih besar dari Jakarta namun menjadi salah satu destinasi favorit orang Indonesia untuk wisata belanja maupun hanya sekedar traveling saja.

Karena kedekatan lokasi dengan beberapa kota di Indonesia untuk mencapai Singapura cukup mudah yaitu ada tiga jalur utama yang sering dilakukan para traveler.

Antara lain melalui udara lewat Bandara Changi, melalui jalur laut lewat pelabuhan laut di Harbourfront atau Tanah Merah serta lewat perbatasan di Woodlands & Tuas Link yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

 

1.   Perjalanan Udara

Kalau kamu memilih jalur udara berarti kamu tinggal membeli tiket pesawat menuju Changi Airport. Namun terkadang biaya yang dikeluarkan lebih mahal dari perjalanan darat maupun laut yang merupakan alternatif untuk menghemat biaya.

Banyak penerbangan regional yang melayani rute Jakarta Singapura secara langsung maupun sebagai negara transit sebelum melakukan penerbangan lagi, membuat Bandara Changi menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia.

Kamu tinggal memilih pesawat yang low budget, dimana banyak pengurangan layanan-layanan ekstra yang biasa dinikmati.

Sseperti menghilangkan pemberian makanan dan minuman selama penerbangan, bagasi, variasi harga tiket di setiap seat nya.

Biasanya budget untuk pesawat yang low belum termasuk pajak dan biaya-biaya lain seperti biaya bahan bakar, airport tax dan biaya administrasi.

 

2.   Perjalanan Laut

Kalau kamu memilih perjalanan melalui jalur laut kamu bisa memilih melalui jalur laut di Pelabuhan Ferry Harbourfront yang terhubung ke pelabuhan Batam Center, Sekupang, Waterfront City (Teluk Senimba, sebelah barat Batam) dan Harbour Bay di Jodoh.

Atau melalui pelabuhan Tanah Merah yang menghubungkan pelabuhan Nongsapura di wilayah utara Batam.

Kamu tak perlu khawatir untuk jam operasional ferry. Karena mulai dari pagi sampai malam ada jadwal pemberangkatan hampir setiap jam.

Waktu tempuh antara Batam Center ke Singapura sekitar 1 jam dengan biaya PP antara 32 sampai 34 dolar Singapura untuk dewasa

Harga ini tergantung pelabuhan keberangkatan dan harga sudah termasuk biaya tambahan namun belum termasuk pajak pelabuhan.

Perusahaan ferry yang melayani Batam Singapura diantaranya Penguin & Batam Fast. Sedangkan Ferry Wavemaster melayani pelabuhan Harbour Bay.

Biaya yang ditempuh dengan perjalanan memakai jalur laut memang lebih murah dengan menggunakan kapal ferry daripada penerbangan langsung.

 

3.   Perjalanan Darat

Memilih jalur darat berarti kamu harus menempuh melalui jalur Johor Bahru Malaysia yang berbatasan langsung Woodlands Singapura.

Jembatan Causeway Bridge sepanjang 1,2 km menjadi penghubung untuk kedua negara Singapura-Malaysia. Melakukan perjalanan menggunakan jalur darat berarti kamu harus melewati dua imigrasi sekaligus.

Yaitu Woodlands dan Johor Bahru, dimana sering terjadi antrian cukup panjang apalagi saat weekend ataupun waktu liburan.

Namun tidak apa bila kamu ingin menjelajah terlebih dulu ke Johor Bahru sebelum menginjakkan kaki di Singapura.

 

baca juga:

Rindu Pulau Dewata! Tempat Paling Suci di Bali yang Belum Anda Ketahui

 

Nah kalau kamu sudah memutuskan melalui jalur mana untuk berkunjung ke Singapura, sekarang giliran kamu untuk mempersiapkan dokumen yang sudah ditentukan.

Meskipun Singapura begitu dekat, namun kamu tetap harus memperhatikan beberapa hal berikut ini :

 

·         Persiapkan Dokumen Perjalanan

Siapkan paspor agar mempermudah kamu untuk memasuki negara tersebut. Paspor merupakan dokumen resmi sebagai identitas seseorang dari suatu negara asal.

 

·         Cek Masa Berlaku

Paspor berlaku untuk semua warga negara segala usia yang artinya anak baru lahir bisa membuat paspor sendiri. Masa berlaku paspor ini, lima tahun dan dapat diperpanjang. Dan sekarang banyak negara yang berlakukan masa berlaku paspor seperti Singapura yang memberi masa berlaku minimal 6 bulan untuk bisa masuk ke negaranya. Jadi sebaiknya paspor diurus jauh-jauh hari sebelum keberangkatan sebab ada beberapa maskapai penerbangan selalu mencantumkan nomor paspor saat membeli tiket untuk calon penumpangnya.

 

·         Perhatikan biaya

Perhatikan biaya penerbangan dan penginapan agar dapat berhemat dan menyesuaikan budget yang sudah kamu tentukan jauh-jauh hari sehingga tidak perlu membongkar tabungan untuk biaya tambahan.

 

Nah itulah beberapa rute perjalanan yang bisa kamu pilih untuk menuju Singapura, sekali lagi perjalanan darat & laut jauh lebih murah daripada perjalanan udara.

Namun kamu juga harus mempertimbangkan kondisi fisik ketika memilih perjalanan darat & laut karena memerlukan kondisi yang fit untuk melakukan perjalanan. Selamat melancong ke Singapura.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.