Berpetualang ke Alas Purwo, Hutan Tertua di Ujung Timur Pulau Jawa

Banyuwangi memiliki empat taman nasional untuk wilayah provinsi paling timur dari Pulau Jawa ini yaitu Taman Nasional Baluran, Taman Meru Betiri, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan Taman Nasional Alas Purwo semua taman ini menawarkan pesona alam yang berbeda, mempesona dan memiliki daya tarik wisata tersendiri yang menawan.

 

Taman ini menyimpan banyak misteri dan kisah menarik dibalik rimbunnya hutan hujan dataran rendah apalagi Taman Alas Purwo ini berbeda dari taman-taman nasional yang ada di Jawa Timur. Terletak di kecamatan Tegaldlimo & kecamatan Purwoharjo yang memiliki luas 43.420 Ha. Hutan ini didominasi ekosistem hutan bambu dan hutan pantai, hutan bakau/mangrove.

 

Penasaran apa saja keindahan hutan ini dibalik misteri yang kerap disematkan pada Taman Nasional Alas Purwo. Yuk, jelajahi pesona dari Taman Nasional ini yang sering disebut sebagai hutan tertua di Pulau Jawa.

 

1.  Flora & Fauna

 

Di dominasi oleh hutan bambu maka tak heran kalau sebanyak 13 spesies bambu bisa kamu temui di kawasan Taman Nasional Alas Purwo bahkan spesies khusus yaitu bambu manggong yang hanya tumbuh di kawasan Taman Nasional Alas Purwo dan sekitarnya.

 

Bukan hanya bambu saja ada juga tanaman sawo kecik yang menjadi tanaman khas dan banyak dijumpai di taman nasional alas Purwo dan ada 700 jenis tumbuhan yang sudah teridentifikasi di kawasan Taman Alas Purwo serta sebanyak 123 famili dengan Verbenaceae dan Poaceae paling banyak tumbuh di daerah taman nasional ini.

 

Ditambah lagi terdapat 26 jenis mangrove dan dua diantara jenis tumbuhan mangrove yang masuk dalam jenis langka global yaitu Ceriops decandra dan Scyphiphora hydrophyllacea.

 

Berkat keragaman ekosistem, taman nasional alas Purwo menjadi rumah dari berbagai satwa dan menjadi rumah bagi kelompok mamalia, aves dan herpetofauna.

 

2.  Savana Sadengan

 

Objek wisata pertama di Taman Nasional Alas Purwo yang berjarak sekitar 2 km dari pos Rowobendo. Savana Sadengan ini merupakan Padang rumput seluas 84 hektar dan memiliki atmosfer yang menyegarkan. Di Padang rumput ini kamu akan melihat kawanan banteng, rusa, serta burung merak yang sedang mencari makan di Savana Sadengan. Terlebih lagi kamu juga bisa menikmati pemandangan Alas Purwo secara menyeluruh dengan menaiki menara pandang yang ada dalam kawasan ini.

 

3.  Hutan Mangrove Bedul

 

Taman Nasional Alas Purwo ini memang unik, karena terdapat banyak wisata alam di dalamnya salah satunya Hutan Mangrove Bedul yang merupakan kawasan Eco-Tourism dan kamu bisa menikmati alam liar hutan bakau dengan menyewa perahu nelayan.

baca juga:

Lembah Tercantik se-Indonesia, Keindahannya Menghipnotis

 

4.  Gua Istana

 

Di dalam Taman Nasional Alas Purwo ada beberapa wilayah karst sehingga banyak gua-gua alam dan berjumlah 44 gua di dalam kawasan Alas Purwo serta yang paling banyak dikunjungi adalah Gua Istana. Jarak tempuh satu jam dengan berjalan kaki dan menyusuri kawasan hutan bambu yang rimbun, kamu akan menemui Gua Istana. Selain gua istana, kamu juga bisa mengunjungi gua yang ada kawasan Taman Nasional Alas Purwo diantara Gua Padepokan, Gua Mayangkara, Gua Gajah, Gua Haji, Gua Lowo dan Gua Basori tempat yang sering dijadikan untuk bersemedi.

 

5.  Pantai-pantai di Taman Nasional Alas Purwo

 

Selain Gua, Taman Nasional Alas Purwo ini juga memiliki pantai-pantai yang indah. Nah untuk kamu yang hobi olahraga surfing bisa lho mencoba Pantai Plengkung yang memiliki dan sudah terkenal akan ombaknya yang menantang siapa saja untuk bermain ombak.

 

Ada juga Pantai Cungur yang memiliki ciri khas hutan dataran rendah, hutan pantai dan hutan mangrove. Di pantai ini kamu akan melihat banyaknya burung-burung migran karena pantai Cungur menjadi tempat persinggahan, dan tempat berkembang biak serta mencari makan untuk burung-burung air.

 

Kalau kamu ingin melihat tempat berkembang biak beberapa jenis penyu, berarti kamu harus ke Pantai Triangulasi. Pantai lain yang ada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

 

6.  Pura Luhur Giri Salaka

 

Di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, kamu juga bisa melakukan wisata religi. Karena terdapat Pura Luhur Giri Salaka yang menjadi tempat beribadah dan upacara adat umat Hindu. Salah satu upacara adat yang bisa kamu saksikan saat berkunjung adalah Upacara Sakral Pager Wesi. Diselenggarakan setiap 210 hari sekali dengan tujuan untuk penyelamatan & penolakan ancaman raksasa bagi umat manusia yang diturunkan oleh para dewa.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.