Bentang Alam Blora yang Menggelora, Unik dan Tiada Duanya!

Kabupaten yang ada di Jawa Tengah, terletak sekitar 127 km sebelah timur Semarang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Blora sendiri memiliki objek wisata yang menarik dan layak dikunjungi.

 

Goa Terawang

blorakab.go.id

Goa yang satu ini banyak didatangi oleh fotografer baik lokal maupun nasional karena memiliki pemandangan yang bagus dan menarik. Ketika sinar matahari memasuki goa melalui celah dinding atap di tengah kegelapan hingga muncul siluet cahaya yang indah adalah momen paling dinantikan oleh fotografer maupun wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

 

Goa Terawang berbentuk memanjang dengan lima goa yang saling bersambung. Goa paling luar atau depan adalah Terawang 1 dan seterusnya hingga pada bagian paling dalam yang disebut Terawang 5. Di beberapa gua terdapat lubang langit yang alami dan berbeda-beda setiap gua.

 

Waduk Greneng

kompasiana

Kamu akan disuguhi pemandangan alam yang indah saat berada di Waduk Greneng dan disini pula kamu bisa menghirup udara yang sangat sejuk dengan keberadaan hutan jati yang mengelilingi waduk ini.

 

Disini kamu bisa melakukan beberapa aktivitas yang menunjang liburan, salah satunya dengan memancing atau bahkan menyewa alat pancing. Nah kalau kamu tidak suka memancing, bisa juga menyewa perahu untuk berkeliling waduk. Kalau sudah lelah berkeliling, kamu bisa memesan menu khas wisata yang satu ini yaitu ikan bakar.

 

Gunung Cengklik

digitaloceanspaces

Blora banyak memiliki panorama alam terbuka hijau yang merupakan ciri khas daerah pegunungan. Bagi wisatawan yang senang dengan pemandangan alam yang bebas serta pohon-pohon hijau, kamu bisa memilih tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit.

 

Dan nama Gunung Cengklik ini sudah lama heboh di media sosial karena banyak anak muda yang memposting foto saat berkunjung ke Gunung Cengklik. Mampir lah ke gunung ini dan rasakan udara segar yang sejuk sambil menyaksikan latar belakang alam terbuka hijau.

 

Air Terjun Masohan

minews.id

Masih berada di Blora dan Air Terjun ini berlokasi cukup tersembunyi dan membutuhkan sedikit usaha keras untuk tiba ke tempat ini. Disini kamu akan mendapatkan aliran sungai yang langsung dari tebing yang tak terlalu tinggi. Kamu akan merasakan pesona alam yang sangat alami saat mengelilingi air terjun ini.

 

Pemandangan hijau yang menenangkan, menghirup udara segar dan menyaksikan tebing yang langsung mengalirkan air ke sungai yang indah bisa sedikit menghibur kamu yang sudah lelah dengan bising kota. Jadi meskipun jalur nya cukup sulit namun kamu tidak akan menyesal untuk menemukan air terjun Masohan.

 

baca juga:

Kota Tak Pernah Tidur, Yuk Menjelajah Surga Belanja di Hongkong

 

Sungai Kalinanas

okezone

Sungai ini diapit dengan dua dinding batu yang memiliki ukiran unik dan menjadi wisata yang sayang untuk dilewatkan apalagi Sungai Kalinanas memiliki dinding berbentuk rak terbuka berukuran besar. Dinding ini terjadi karena kikisan air sungai pada masa lampau sehingga terbentuklah dinding ini secara alami.

 

Penduduk sekitar sekaligus wisatawan biasanya menyebut sungai kalinanas dengan sebutan Sungai Purba Japah karena formasi dari dinding sungai melihatkan setitik jejak sungai purba. Selain itu kamu juga bisa menyaksikan keindahan jembatan peninggalan kolonial Belanda yaitu Jembatan Merah karena dulunya jembatan ini bercat warna merah.

 

Goa Sentono

ksmtour

Memiliki keunikan tersendiri dengan banyak bebatuan yang berbentuk unik dan sayang untuk dilewatkan. Karena wisatawan belum banyak berkunjung ke tempat ini. Sehingga Goa Sentono masih tidak terlalu banyak pengunjung.

Nah kalau kamu hobi berfoto, tempat ini asyik untuk dijadikan obyek foto yang unik dan menarik. Untuk akses menuju Goa Sentono ini masih belum terlalu bagus. Jadi, kamu harus berhati-hati apalagi saat musim hujan. Namun ketika kamu sudah tiba ke Goa Sentono, kamu akan puas menyaksikan keindahan dan panorama Goa Sentono.

 

Bukit Pencu

twimg

Blora memiliki banyak tempat untuk menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam dari puncak tertinggi. Salah satunya bukit pencu yang menurut penduduk sekitar bukit ini merupakan tempat orang mengasingkan diri atau bertapa.

 

Bukit Pencu memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl masih termasuk kawasan pegununga. Dengan tebing bebatuan pada bagian bawah yang mengalir sungai yang jernih dan cantik.

Di atas puncak bukit, kamu bisa menyaksikan pemandangan hutan jati yang terbentang luas sambil menghirup udara segar yang tentunya berfoto dengan latar belakang pemandangan alam.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.