Banda Neira, Surga Di Timur Indonesia yang Wajib di Jelajahi

Banda Neira memang tak seberapa populer dibandingkan destinasi wisata lainnya, namun pernahkah kamu mencoba untuk menjelajahi destinasi wisata di Banda Neira?

Memang Bali selalu istimewa, Yogyakarta juga luar biasa, Lombok yang selalu mempesona dengan semburat senjanya.

Mungkin sebagian wisatawan tidak banyak yang mengetahui salah satu pulau di Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Karena tak hanya dana namun juga perlu sedikit usaha untuk mencapai salah satu surga yang terserak di timur Indonesia ini.

Tapi ketika kamu sudah sampai ke Banda Neira seketika kamu akan di bius oleh pemandangan yang indah dan menakjubkan sehingga lupa untuk pulang bahkan ingin kembali lagi ke Banda Neira.

Nah berikut destinasi wisata di Banda Neira yang bisa kamu kunjungi.

 

Pulau Rhun yang Indah

brilio

Pernahkah kamu membayangkan kalau Indonesia memiliki secuil lahan di Amerika Serikat? Nah ketika Belanda dan Inggris masih berkuasa di Indonesia dan membuat kesepakatan untuk saling bertukar daerah jajahan.

Mereka bersepakat untuk menukar Nieuw Amsterdam di Amerika Utara (Kini menjadi Manhattan, New York) dengan Pulau Rhun sebagai perjanjian perdamaian.

Wajar saja kalau terjadi pertukaran antara Belanda dan Inggris. Karena Pulau Rhun sendiri memiliki kekayaan dan sumber daya alam yang melimpah. Dengan komoditi utama pala dan cengkeh, belum lagi keindahan alam bawah lautnya yang sangat luar biasa.

 

Pulau Nailaka, pulau tropis tanpa penghuni

pinterest

Berada di Utara Pulau Rhun yang menawarkan keindahan yang berbeda. Pulau Nailaka ini tidak berpenghuni berbeda dengan Pulau Rhun yang dihuni setidaknya 2.000 jiwa.

Keindahan pulau tropis ini menawarkan pantai dengan pasir putih yang lembut serta atmosfer yang tenang.

Ombak laut yang tenang serta pulau yang hijau dengan pesona laut yang biru menawarkan keindahan tersendiri untuk dinikmati.

 

baca juga:

Desa Wisata Okura dan Kawah Biru, Harus Kamu Lihat Saat Berlibur ke Pekanbaru

 

Island hopping di Pulau Hatta dan Pulau Syahrir

campatour

Dua nama tokoh besar Indonesia dan keduanya diabadikan sebagai destinasi wisata di Banda Neira yaitu Pulau Hatta dan Pulau Syahrir.

Untuk kamu yang suka berjelajah dan kembali belajar sejarah, berarti kamu harus ke pulau ini karena memiliki histori tinggi.

Saat Hatta dan Sutan Syahrir diasingkan di Banda setelah dikucilkan di Boven Digoel, Papua.

Dan untuk menghormati mereka maka dua nama pulau tersebut diubah memakai namanya, yang awalnya  Pulau Rozengain menjadi Pulau Hatta dan Pulau Pisang menjadi Pulau Syahrir.

 

Menikmati Gunung Api Banda dari Desa Lonthoir

kumparan

Berada di Pulau Banda Besar, tepatnya di desa Lonthoir dan sekitar 15 menit melakukan perjalanan perahu kayu dari Neira.

Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang mempesona yaitu Gunung Api Banda yang megah dan lanskap rumah penduduk di bawah bukit.

Selain itu Lonthoir juga kawasan perkebunan pala di Banda dan sampai sekarang masih menghasilkan rempah, oleh karena itu tak heran kalau pulau ini menjadi incaran Belanda dan Inggris di masa lalu.

 

Benteng Belgica, Mengagumi benteng segi lima yang mendunia

inews.co.id

Benteng ini merupakan peninggalan sejarah yang terletak di wilayah Ambon, tepatnya di Banda Neira. Nggak hanya megah, benteng dengan lokasi yang strategis ini juga memberikan suguhan nuansa alam yang indah.

Dengan pemandangan gunung dan lautnya. Menariknya lagi, benteng belgica ini berbentuk persegi lima yang unik ditambah dengan cerita sejarah yang melatarbelakanginya.

 

Menjelajahi Gunung Api Banda

tripadvisor

Gunung Api Banda menjadi landmark alami untuk Banda Neira dan sudah terkenal dan mendunia. Bahkan gunung ini menjadi ikon wisata Banda Neira yang terakhir kali meletus pada Mei 1988 ini.

Jelajahi langsung dan menyaksikan lanskap Banda Neira dari puncaknya. Kamu akan menemui pemandangan yang menakjubkan dan tidak bisa kamu dapatkan di kota besar.

Untuk sampai ke gunung ini, diperlukan waktu sepuluh menit dari Pulau Neira dan menggunakan perahu kecil untuk melakukan perjalanan laut.

 

Takjub dengan lanskap laut Banda di Lava Flow

backpackerjakarta

Kamu penggemar diving dan snorkeling, langsung aja ke Lava FLow di Banda Neira. Lokasi ini menjadi spot diving point yang tidak boleh kamu lewatkan. Spot ini merupakan spot terbaik untuk menyelam karena terumbu karang masih terjaga dan alami.

 

Menarik bukan?! Jadi tunggu apalagi pesan tiketmu sekarang juga dan jelajahi surga tersembunyi di Timur Indonesia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.