Atraksi Wisata Kamboja yang Banyak Dipuja, Favorit Pelancong!

Kamboja sempat dikuasai pemerintahan teror Khmer Merah dengan berbagai masalah. Namun, seiring waktu teror itu sudah berlalu, kini banyak pelancong yang melirik Kamboja sebagai destinasi wisata.

Kuil Angkor sudah pasti menjadi tempat favorit terkenal yang mendunia. Padahal, masih banyak atraksi-atraksi menarik lainnya yang sayang dilewatkan jika Anda berlibur ke Kamboja. Mulai dari bangunan kolonial, pemandangan alam, pantai tropis, serta masih banyak lagi. Berikut tempat-tempat wisata terbaik di Kamboja yang wajib disinggahi!

1. Preah Vihear

kompasiana

Preah Vihear adalah kuil Khmer yang terletak di atas tebing setinggi 525 meter (1.722 kaki) di Pegunungan Dângrêk. Persisnya di perbatasan antara Kamboja dan Thailand.

Kuil ini memiliki arsitektur paling spektakuler dari semua kuil Khmer. Sebagian besar arsitekturnya dibangun pada abad ke-11 dan ke-12 pada masa pemerintahan raja Khmer Suryawarman I dan Suryawarman II. Serta,  didedikasikan untuk dewa Hindu Siwa.

2. Sihanoukville

hotels.com

Sihanoukville, juga dikenal sebagai Kampong Som, adalah kota pelabuhan dan resor pantai di Teluk Thailand.

Daya tarik Sihanoukville adalah pantai pasir putih dan beberapa pulau tropis yang belum berkembang.

Sihanoukville adalah tempat yang baik untuk beristirahat dan bersantai, meskipun bersiaplah untuk melawan gagak selama musim ramai atau liburan akhir pekan.

3. Tonle Sap

tripadvisor

Tonlé Sap adalah danau air tawar terbesar di Asia Tenggara. Danau mengembang dan menyusut secara dramatis dengan musim.

Dari November hingga Mei, musim kemarau Kamboja, Tonlé Sap mengalir ke Sungai Mekong di Phnom Penh.

Namun, ketika hujan lebat tahun ini dimulai pada bulan Juni, aliran Tonlé Sap berubah arah dan membentuk danau yang sangat besar.

Tonlé Sap adalah rumah bagi banyak etnis Vietnam dan banyak komunitas Cham, yang tinggal di desa-desa terapung di sekitar danau.

4. Pagoda Perak

traveltalktours

Terletak di dalam kompleks Istana Kerajaan di Phnom Penh, Pagoda Perak menyimpan banyak harta nasional seperti patung Buddha emas dan permata.

Yang paling menonjol adalah Buddha kristal bakarat abad ke-17 kecil (Buddha Zamrud Kamboja) dan Buddha Maitreya emas seukuran yang dihiasi dengan 9584 berlian.

Dinding bagian dalam halaman Pagoda Perak didekorasi dengan mural mitos Ramayana yang kaya warna dan detail. Dibuat pada tahun 1903–04 oleh 40 seniman Khmer.

 

baca juga:

Worm Dyes, Cacing Pewarna dan Tradisi Kuno di Peru

 

5. Stasiun Bukit Bokor

tacdn

Stasiun Bukit Bokor dekat Kampot dibangun oleh Prancis pada tahun 1920-an.

Digunakan sebagai tempat peristirahatan dari panasnya Phnom Penh. Sempat terbengkalai pada 1940-an ketika Jepang menginvasi Kamboja, dan pada 1970-an, ketika Khmer Merah berkuasa.

Saat ini, Stasiun Bukit Bokor dan bangunan-bangunannya yang terbengkalai memiliki nuansa kota hantu yang menakutkan.

6. Kratie

tripadvisor

Kratie adalah kota kecil yang terletak di tepi Sungai Mekong dan didominasi oleh pasar sentral yang dikelilingi oleh bangunan tua kolonial Prancis.

Tidak ada pariwisata skala besar, tetapi banyak backpacker datang ke sini selama musim puncak.

Lokasi ini adalah tempat melihat lumba-lumba Irrawaddy yang langka. Hewan tersebut hidup di Sungai Mekong dengan populasi yang terus berkurang.

Diperkirakan ada antara 66 dan 86 lumba-lumba yang tersisa di daerah Mekong Kamboja bagian atas.

7. Koh Ker

Koh Ker adalah ibu kota kerajaan Khmer untuk periode yang sangat singkat dari tahun 928 hingga 944 M.

Dalam waktu singkat ini beberapa bangunan yang sangat spektakuler dan patung-patung besar dibangun.

Situs ini didominasi oleh Prasat Thom, sebuah piramida candi setinggi 30 meter (98 kaki) yang menjulang tinggi di atas hutan sekitarnya.

Garuda raksasa (makhluk mitos setengah manusia, setengah burung), dipahat pada balok batu, masih menjaga bagian paling atas, meskipun sebagian tertutup.

Ditinggalkan di hutan selama hampir satu milenium, Koh Ker adalah salah satu kuil paling terpencil dan tidak dapat diakses di Kamboja.

8. Angkor Wat

Angkor Wat (berarti “Kuil Kota”) adalah yang paling megah dan terbesar di Kamboja.

Dibangun sekitar abad ke-12 oleh Raja Suryawarman II. Keseimbangan, komposisi, dan keindahan candi menjadikannya salah satu monumen terbaik di dunia.

Sebuah waduk persegi panjang besar mengelilingi Angkor Wat. Waduk ini terus naik melalui serangkaian tiga teras persegi panjang ke kuil pusat dan menara pada ketinggian 213 meter.

Penataan ini mencerminkan gagasan tradisional Khmer tentang gunung candi, di mana candi tersebut mewakili Gunung Meru, rumah para dewa dalam agama Hindu.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.