Asyiknya Menjelajah Kamboja, Tur Bersepeda Mengunjungi Air Terjun Bersama Gajah

Popularitas Kamboja tidak bisa dilepaskan dari jaringan kuil Angkor abad ke-12 yang menakjubkan. Tetapi ternyata masih banyak hal lain yang lebih mengagumkan dapat dilakukan di negara yang mendapatkan julukan ‘Hell On Earth’ ini.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak wisatawan menemukan keajaiban lain di Kamboja. Mulai dari pulau-pulau indah, margasatwa yang beragam hingga hutan yang luar biasa. Juga ada banyak LSM terkemuka yang melibatkan para turis di Kamboja.

Dengan semangat yang berapi-api untuk bangkit dari keterpukan pembantaian massal rezim Khmer Merah pada akhir 1970-an, Kamboja siap menyambut kedatangan turis dengan senyum ramah ke mana pun mereka menjelajah.

Berikut 6 hal terbaik yang dapat Anda lakukan di Kamboja.

 

1. Kuil-kuil di Angkor

Hanya 15 menit dari Siem Reap, Temples of Angkor merupakan kompleks kota abad ke-12 yang pernah menjadi pusat kerajaan Khmer.

Anda dapat menjelajah kuil dan reruntuhan kerajaan di Taman Arkeologi Angkor yang diakui sebagai situs Warisan Dunia UNESCO ini baik dengan bersepeda atau naik tuk tuk. Pemandu yang berpengalaman akan membantu Anda memahami setiap detail ukiran.

Spot paling populer Angkor Wat disebut sebagai monumen keagamaan terbesar di dunia, dan dikunjungi lebih dari  dua juta wisatawan setiap tahunnya.

 

2. Phare Cambodian Circus

Berlokasi di Siem Reap, pertunjukan budaya yang menakjubkan ini diperankan oleh pemuda lulusan Phare Ponleu Selpak School.

Di mana dana yang dihasilkan dipergunakan untuk mendukung program pendidikan dan dukungan sosial untuk memberikan anak-anak dan remaja arahan dan keterampilan kerja.

Sirkus biasanya menampilkan kisah-kisah rakyat Kamboja yang diadaptasi sesuai dengan era masa kini. Pertunjukan yang ditampilkan penuh dengan semangat dan didukung oleh tarian, musik live, teater, dan akrobat.

 

3. Kuil Preah Vihear

Berlokasi dekat perbatasan Thailand, dua hingga empat jam berkendara ke utara Siem Reap, Preah Vihear adalah kuil clifftop kuno dan terpencil yang berada pada ketinggian 625 meter.

Tidak tersedia paket turis atau akses bus ke kuil ini. Wisatawan dapat memasuki area kuil melalui lima gerbang upacara dan medannya sangat sulit.

Kepemilikan kuil ini menjadi sengketa antara Kamboja dan Thailand secara berkala sejak 1907, dan yang terbaru dari 2008 hingga 2011.

baca juga:

Berwisata ke Israel, Ada 6 Fakta Mencengangkan yang Jarang Diketahui

Ajaib, Fenomena Laut Terbelah di Pantai Indonesia

Liburan Mewah ke Eropa, Ini 7 Destinasi Paling Hits Untuk Keluarga

3 Taman Bunga Tercantik di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi Saat Weekend

Sering Terbang Lintasi Zona Waktu? Yuk, Hindari Jetlag Dengan 5 Tips Ini

 

4. Mondulkiri Project

Tempat perlindungan gajah beserta hutan dan mata pencaharian penduduk asli ini dapat ditemukan di sebelah Timur laut Phnom Pehn, sekitar lima hingga enam jam perjalanan.

Proyek Mondulkiri mesti masuk dalam list teratas Anda karena hutan Kamboja sedang dalam ancaman serius dan penduduk asli Bunong yang sangat tergantung pada hutan mulai dipinggirkan.

Proyek ini bertujuan untuk mengajarkan penduduk Bunong ketrampilan konservasi dan merawat gajah yang diselamatkan.

Selama tur, Anda akan diajak menjelajah hutan bersama gajah-gajah, hiking, mengunjungi peternakan Bunong dan bermalam di pondok hutan.

 

5. Restoran Romdeng

Berlokasi di Phnom Penh, Romdeng mengajak Anda untuk menikmati makanan tradisional Khmer di taman rumah kolonial tropis yang sejuk.

Hidangan yang disajikan termasuk kari amuk ikan yang dibungkus daun pisang, serta tarantula, jangkrik goreng, katak, dan semut merah untuk penyuka makanan ekstrim.

 

6. Grasshopper Bike tour

Bosan menjelalah kuil? Maka bergabung dengan Tur Grasshopper, perjalanan bersepeda melintasi jalur tak biasa di sekitar tempat-tempat wisata unik.

Selama tur, Anda akan menjumpai perubahan sosial yang mengejutkan, seperti bertemu tikus-tikus raksasa yang terlatih untuk mengendus ranjau darat dan telah menyelamatkan banyak nyawa.

Anda juga akan mampir ke Rehash Trash, tempat para perempuan yang kurang beruntung menenun sampah menjadi tas dan peralatan rumah tangga yang berwarna-warni.

Anda juga bisa membuat souvenir Anda sendiri. Tur diakhiri dengan kunjungan ke penyulingan anggur-beras.

 

7. Koh Rong Sanloem

Pulau yang sempurna untuk bersantai di alam, Koh Rong Sanloem berada di lepas pantai selatan Kamboja.

Pantai paling popular Saracen Bay memiliki pasir berwarna putih dan airnya berwarna biru jernih. Anda bisa snorkeling, menyelam atau melakukan pendakian di ujung utara pulau.

Naik ke mercusuar untuk menikmati pemandangan yang spektakuler. Selama di pulau, Anda mungkin akan bertemu dengan elang laut, burung enggang, monyet dan satwa liar lainnya.

Anda tidak akan pernah bosan berada di Kamboja karena banyak hal menarik bisa dilakukan di sana.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.