Air Terjun Sedudo, Mitos Pertapa Duda dan Kecantikan Awet Muda

Apa kabar Nganjuk? Kali ini kita akan membahas tentang salah satu pesona alam yang letaknya ada di wilayah Nganjuk.

Salah satu wisata air terpopuler yang ada di kota ini adalah Air Terjun Sedudo. Para traveler yang sudah mengunjungi wilayah Nganjuk pasti sudah pernah merasakan keindahan Air Terjun Sedudo.

Air terjun ini memang terkenal akan pesonanya yang luar biasai. Daya tarik lainnya dari air terjun ini adalah cerita mitos dan misteri dari masyarakat setempat. Cerita ini membuat para pengunjung tertarik untuk mengetahui fakta dari mitos tersebut.

Keberadaan Air Terjun Sedudo

Lokasi wisata Air Terjun Sedudo berada di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Nganjuk. Jika Anda berada di pusat kota Nganjuk, Anda cukup menempuh perjalanan sejauh 30 km ke selatan.

Air Terjun Sedudo ini memiliki keindahan yang luar biasa karena terletak di lereng Gunung Wilis serta berada di daerah dengan ketinggian 2.438 meter dari permukaan laut.

Ketinggian dari air terjun ini sekitar 105 meter, lho! Meskipun ini adalah wisata alam, Anda jangan khawatir karena akses jalannya sudah cukup baik.

Anda akan melewati jalur yang cenderung menanjak, naik dan turun, serta berkelok karena air terjun ini berada di kawasan pegunungan.

Ada beberapa tempat penyewaan kendaraan yang dapat Anda manfaatkan bila Anda tidak membawa kendaraan pribadi.

Sebelum mencapai air terjun ini, Anda harus melewati trekking mulai dari lokasi gerbang utama tempat Anda membayar tiket masuk.

Jadi, Anda akan melewati jalur yang menanjak sekitar 2 km saja, karena jalur ini akan menuntun Anda menuju kawasan Air Terjun Sedudo.

Lalu bagaimana soal mitos yang ada pada Air Terjun Sedudo?

Menurut keterangan warga setempat, selain menjadi daerah pertapaan salah satu penyebar Islam di Nganjuk, Ki Ageng Ngaliman, mitos yang tersebar ini berkaitan dengan sejarah Kerajaan Majapahit.

Kabarnya, air terjun ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Lokasi ini bahkan dipercaya sebagai tirta (air) suci yang alirannya berasal dari kahyangan.

Dahulu, tempat ini menjadi lokasi upacara ritual membersihkan arca hingga senjata pusaka (Parna Prahista) oleh para raja, pendeta, dan bangsawan.

Ternyata, tradisi ini masih diteruskan hingga sekarang dengan nama ritual Mandi Sedudo yang biasanya dilaksanakan tanggal 1 Suro penanggalan Jawa.

Salah satu cerita lainnya yang dipercayai oleh masyarakat adalah khasiat Air Terjun Sedudo yang kabarnya bisa membuat awet muda.

Cerita ini membuat para wisatawan menjadi lebih penasaran. Dengan adanya cerita ini, wisata ini akan menjadi ramai pengunjung saat digelarnya perayaan Mandi Sedudo yang digelar oleh pemerintah.

Wisatawan yang datang akan langsung melakukan aktivitas seperti bermain air atau hanya merendam kaki di air terjun ini.

Baca juga:

3 Destinasi Wisata di Solo Untuk Menghindari Keramaian Wisatawan Saat Musim Liburan Akhir Tahun

 

Mitos – mitos yang ramai di masyarakat

Mitos lain dari Air Terjun Sedudo adalah air terjun ini menjadi lokasi pemandian para dewa yang bersemayam.

Itulah sebabnya air di air terjun ini tak pernah kering. Sama seperti wisata alam bermitos lainnya, di sini ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh pengunjung dan masyarakat.

Jika dilanggar, maka katanya akan terjadi kejadian berbahaya. Beberapa larangan yang ada di Air Terjun Sedudo adalah larangan berbuat asusila, membawa pulang benda temuan, membawa pulang sampah makanan atau sampah plastik. Serta larangan berkata dan bekomentar negative ketika merasa ada sesuatu yang ganjil.

Meskipun air terjun ini memiliki sejuta mitos, namun itu semua akan sebanding dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Tempat ini memang sangat menarik untuk dikunjungi.

Bagi Anda yang ingin menghilangkan stress dan penat akibat pekerjaan, maka coba saja untuk mengunjungi lokasi wisata ini untuk mendapatkan kesegaran alam yang luar biasa.

Pemandangan hijau yang jarak Anda dapatkan di kota juga akan Anda rasakan di sini. Pikiran dan tubuh Anda pasti akan terasa segar dan fresh kembali.

Selain itu, ada beberapa fasilitas yang dimiliki oleh kawasan wisata alam yang satu ini.

Contohnya adalah ruang ganti, kolam berendam dan berenang, toilet, bahkan ada juga toko yang menjual cinderamata. Bagaimana? Tertarik mengunjungi lokasi wisata yang satu ini?

***

Jari Adventure siap melayani kebutuhan perjalanan wisata Anda ke berbagai destinasi di Indonesia dan mancanegara.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.