8 Situs yang Menjadi Representasi Budaya di Indonesia

Negara terpadat keempat di dunia, yang mencakup lebih dari 17 ribu pulau, Indonesia adalah fenomena budaya yang tiada duanya.

Pulau-pulau dan lautan yang membentuk negara ini berisi delapan situs Warisan Dunia UNESCO serta banyak atraksi budaya lainnya, menjadikannya tujuan yang sempurna bagi para pelancong.

 

  1. Candi Borobudur

Sebagai ikon Indonesia, Borobudur adalah salah satu tujuan paling populer bagi para pelancong. Candi Budha ini terletak di Jawa Tengah dan berasal dari abad ke-8 dan ke-9, pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra.

Meliputi 2.500 meter persegi, konstruksinya begitu menakjubkan. Berdiri kukuh di atas tiga tingkat, bagian-bagiannya dibangun untuk melambangkan tiga bidang yang saling tumpang tindih dalam kosmologi Buddhis; Kamadhatu (alam keinginan), Rupadhatu (alam berbentuk) dan Arupadhatu (alam tanpa bentuk).

 

  1. Situs Manusia Purba Sangiran

Diakui sebagai salah satu situs terpenting untuk mempelajari fosil manusia, Sangiran adalah tempat di mana setengah dari fosil Hominid dunia telah ditemukan. Tak pelak, menjadikannya area penting untuk memahami evolusi manusia.

Dihuni selama lebih dari satu setengah juta tahun, Sangiran mungkin tidak semenarik Borobudur, tetapi aura yang mengelilingi tempat ini sama kuatnya.

Museum Sangiran yang baru dibuka pada tahun 2011, menampilkan fosil-fosil purbakala. Menawarkan wawasan kepada pengunjung tentang pentingnya situs tersebut.

 

  1. Candi Prambanan

Lagi-lagi terletak di Jawa Tengah, Candi Prambanan adalah salah satu candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.

Dibangun pada abad ke-9, kompleks ini memiliki beberapa struktur menjulang yang didedikasikan untuk tiga dewa besar Hindu, Siwa, Wisnu dan Brahma.

Menara menakjubkan ini dihiasi dengan ukiran batu yang menggambarkan secara epik Hindu Ramayana versi Indonesia.

 

baca juga:

Panorama Negeri di Awan, Inilah 6 Gunung yang Minimal harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

 

  1. Taman Nasional Komodo

Pemandangan unik akan Anda temukan di pulau-pulau Taman Nasional Komodo. Komodo adalah kadal terbesar di dunia dan disebut sebagai ‘naga’ karena perilaku agresif mereka.

Meskipun taman nasional itu sendiri indah, mencakup 29 pulau dan menyimpan berbagai flora dan fauna, komodo adalah daya tarik utama bagi banyak orang.

Kegiatan lain yang direkomendasikan untuk liburan di sini, yaitu menyelam scuba di perairan sekitarnya, serta menjelajahi pulau untuk melihat keajaiban evolusi ini.

 

  1. Masjid Agung Demak

Salah satu masjid tertua di Indonesia yang berlokasi di Demak, Jawa Tengah. Masjid Agung Demak mengungkapkan babak menarik lainnya dalam sejarah agama Indonesia.

Diyakini telah dibangun pada abad ke-15, estetika struktur yang luas ini menonjolkan perbedaan utama antara masjid-masjid Indonesia dan masjid-masjid yang biasa ditemukan di Timur Tengah.

Perbedaan tersebut meliputi bahan dari kayu, serta atap berjenjang yang menggantikan ikoniknya kubah masjid. Anda dapat menambah wawasan sejarah keagamaan khususnya Islam dengan berkunjung ke sini.

 

  1. Situs Arkeologi Trowulan

Terletak di Jawa Timur, Situs Arkeologi Trowulan telah ditempatkan dalam daftar sementara UNESCO sebagai ‘satu-satunya situs kota zaman klasik Hindu-Budha di Indonesia yang masih dapat ditemukan’.

Diduga sebagai pusat lama Kerajaan Majapahit, para pelancong dapat menemukan kuil, kolam, dan bangunan bersejarah di sini.

 

  1. Tana Toraja

Terletak di Sulawesi Selatan, penduduk asli Tana Toraja terkenal dengan kerumitan budaya dan ritual pemakaman mereka, yang dapat berlangsung beberapa hari.

Saat mengunjungi kawasan ini, wisatawan akan mengagumi tongkonan – rumah tradisional dengan atap berbentuk perahu.

Konstruksi ini penting bagi budaya Tana Toraja, dengan berbagai jenis yang mewakili sistem hierarki sosial mereka.

Bertandang ke sini, Anda akan belajar tentang sejarah Toraja dan bagaimana budaya mereka berubah setelah penjajahan Belanda.

 

  1. Pura Besakih

Dikenal juga sebagai Pura Induk Besakih, Pura Besakih terletak di Bali dan terdiri dari kompleks pura Hindu yang luas.

Pura-pura tersebut masih digunakan sampai sekarang. Selama festival sepanjang tahun Pura Besakih mengalami lonjakan arus penduduk lokal dan turis yang datang untuk merayakannya.

Dianggap paling suci dari semua monumen Hindu di Bali, tempat suci Pura Penataran Agung juga berada di dalam kompleks candi.

Tidak hanya mengunjungi pura, saat mampir ke wilayah ini Anda harus mengecek lokakarya ukiran kayu lokal dan arsitektur indah dari Paviliun Kertha Gosa di dekatnya.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.