8 Museum Terbaik Dunia, Jelajahi Sejarah dan Seni Antik Spektakuler

Museum bukan sekadar ruang pamer. Di dalamnya, pengunjung bisa mendapatkan berbagai wawasan dan pengetahuan baru terkait sejarah di masa lalu dan barang-barang seni antik berharga.

Di seluruh dunia, ternyata ada beberapa museum spektakuler yang paling penting di planet bumi. Apa saja museum yang dimaksud? Mari simak lebih lanjut, ya!

1. Rijksmuseum

hotspotholland

Terletak di Amsterdam, Belanda. Museum seni dan sejarah terbesar dan paling bergengsi di Belanda. Terdapat banyak koleksi lukisan dari Zaman Keemasan Belanda, termasuk karya Vermeer dan Rembrandt.

Hingga tahun 2013, museum ini direnovasi total, akan tetapi layanan dan operasional utama masih tetap dibuka bagi pengunjung.

2. Museum Prado

befreetour.com

Salah satu museum terbaik di Spanyol, Museum Prado di Madrid menampilkan beberapa koleksi seni Eropa terbaik.

Mulai dari abad ke-12 hingga awal abad ke-19. Karya paling terkenal yang dipamerkan di museum adalah Majas of Goya (La Maja Vestida dan La Maja Desnuda) dan Las Meninas oleh Velázquez.

Velázquez tidak hanya menyediakan Prado dengan karya-karyanya sendiri, melainkan juga memamerkan banyak koleksi museum master Italia ke Spanyol.

3. Museo Nacional de Antropologia

staticflickr

Museo Nacional de Antropología (atau Museum Nasional Antropologi) di Mexico City berisi artefak arkeologi dari warisan pra-Columbus Meksiko.

Dibuka pada tahun 1964 oleh, museum ini memiliki sejumlah pameran penting, seperti kepala batu raksasa dari peradaban Olmec dan Cenote Suci dari Chichen Itza.

Artefak yang paling terkenal adalah Batu Matahari yang sebenarnya bukan  digunakan sebagai penanggalan. Melainkan, berisi tanda-tanda 20 hari dan 4 era matahari yang mendahului matahari ke-5 saat ini.

4. Museum Guggenheim Bilbaolezuck

arch2o.com

Dirancang oleh Frank Gehry, Museum Guggenheim di Bilbao, Spanyol adalah museum seni modern berbalut titanium yang spektakuler.

Lekukan anggun dan sensual, menggugah kapal yang dulu ada di mana-mana di sepanjang dermaga Bilbao.

Ditutupi dengan kotak titanium, yang menyerupai sisik ikan dan berkilau di bawah sinar matahari.

Museum ini menampilkan pameran permanen dan kunjungan karya seniman Spanyol dan internasional.

 

baca juga:

9 Makanan khas Mumbai, Wajib Dicoba Sebelum Balik Liburan

 

5. Metropolitan Museum of Art

befreetour.com

Juga dikenal sebagai The Met, adalah museum seni yang terletak di tepi timur Central Park di New York City.

Bangunan bergaya gothic besar ini, awalnya dibuka pada tahun 1872 dan dengan banyak perluasan yang ditambahkan dari waktu ke waktu.

Menampung ratusan kamar di dua lantainya, berisi lebih dari dua juta karya seni dari seluruh sejarah manusia dan di seluruh dunia.

Selain pameran permanennya, Met menyelenggarakan dan menyelenggarakan pertunjukan keliling besar sepanjang tahun.

6. Museum Vatikan

kompas.com

Didirikan oleh Paus Julius II pada abad ke-6, Museum Vatikan di dalam Kota Vatikan di Roma adalah salah satu museum terbaik di dunia.

Museum paling terkenal dengan tangga spiral, Kamar Raphael, dan Kapel Sistina yang didekorasi dengan indah.

Di bawah perlindungan Paus Julius II, Michelangelo melukis langit-langit kapel antara tahun 1508 dan 1512.

Saat ini, langit-langitnya, dan terutama The Last Judgment, secara luas diyakini sebagai pencapaian tertinggi Michelangelo dalam seni lukis.

7. Museum Mesir

pontas.id

Rumah bagi setidaknya 120.000 barang antik Mesir kuno, Museum Mesir di Kairo adalah salah satu museum terbaik di dunia.

Ada dua lantai utama museum, lantai dasar dan lantai pertama. Di lantai dasar terdapat banyak koleksi papirus dan koin yang digunakan oleh orang Mesir kuno.

Di lantai pertama terdapat artefak dari dua dinasti terakhir Mesir Kuno dan juga banyak artefak yang diambil dari Lembah Para Raja.

Sorotan termasuk benda-benda dari Makam Tutankhamen dan Ruang Mumi Kerajaan yang berisi 27 mumi kerajaan dari zaman firaun.

8. Louvre

klook.com
Louvre di Paris adalah salah satu museum seni terbesar dan paling banyak dikunjungi di dunia. Museum dibuka pada tahun 1793 dan bertempat di Istana Louvre, bekas istana kerajaan.

Piramida kaca terkenal yang berada di halaman utama Istana Louvre ditambahkan pada tahun 1989 dan berfungsi sebagai pintu masuk utama ke museum.

Pamerannya berasal dari beragam asal seperti Mesir kuno, Yunani dan Roma klasik, Eropa abad pertengahan, dan Prancis Napoleon.

Pamerannya yang paling terkenal, tentu saja, adalah lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci, umumnya dapat ditemukan dikelilingi oleh gerombolan turis dengan kamera blitz.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.