8 Lokasi Terbaik Stargazing, Menatap Bintang yang Spektakuler

Bagi banyak orang kota, langit malam yang cerah layaknya sebuah mitos. Polusi udara di kawasan perkotaan telah melenyapkan kesempatan mereka untuk menikmati pemandangan malam hari di angkasa raya.

Meski demikian, bukan berarti tidak ada peluang sama sekali untuk menyaksikan bintang yang menakjubkan, berikut merupakan spot terbaiknya.

  1. Natural Bridges National Monument, Amerika Serikat

Natural Bridges terletak di bawah langit yang hampir sempurna bebas dari polusi cahaya. Memperoleh label Kelas 2 pada Skala Langit Gelap Bortle, yang berarti Bima Sakti dan benda langit tertentu lainnya dapat dilihat dengan mata telanjang.

Di Utah monument, pengunjung dapat berkendara dan mendaki melalui ngarai berukir sungai —rumah bagi coyote, singa gunung, dan flora gurun— serta menikmati pemandangan reruntuhan penduduk asli Amerika yang berusia berabad-abad sebelum berkemah semalaman.

  1. Rhon Biosphere Reserve, Jerman

natgeotraveller

Cagar biosfer yang didirikan UNESCO ini dikenal sebagai “tanah dengan cakrawala tak berujung.” Langit berbintangnya memiliki status Tingkat Perak IDA, dengan pemandangan kristal dari Bima Sakti dan galaksi Andromeda.

Untuk malam paling gelap, pergilah ke pusat cagar alam, di mana hampir 200.000 penduduk menggunakan pencahayaan outdoor yang berkelanjutan di malam hari. Sebuah organisasi nirlaba di Rhön Star Park menawarkan pengamatan bintang dengan pemandu dan jalan-jalan di kala malam.

  1. Aoraki Mackenzie International Dark Sky Reserve, Selandia Baru

mackenzienz

Cekungan Mackenzie, di Aoraki Mackenzie International Dark Sky Reserve, memiliki langit terbaik untuk melihat bintang di Selandia Baru. Rumah bagi gunung terbesar di negara itu, taman bertabur gletser sangat bagus untuk berkemah dan melakukan pendakian.

Ikuti tur mengamati bintang setiap malam di Mount John University Observatory atau di Sir Edmund Hillary Alpine Center and Planetarium untuk melihat Bima Sakti, Southern Cross, Alpha Centauri, dan Sirius.

Cagar alam ini melindungi warisan langit gelapnya sehubungan dengan penduduk asli Maori, yang berperan dalam navigasi dan cerita rakyat oleh bintang-bintang.

  1. Cherry Springs State Park, Amerika Serikat

visitpottertioga

Dinamai sesuai dengan pohon sakura hitamnya, taman Pennsylvania ini terkenal karena dua pesta bintang tahunannya, yang sukses menarik keluarga lokal dan astronom dari seluruh dunia. Rencanakan ke depan untuk hadir selama hujan meteor Perseids setiap bulan Agustus.

Cherry Springs menawarkan jaringan jalur hutan untuk hiking dan mobil salju. Tersedia fasilitas untuk berkemah, piknik, dan program pengamatan bintang reguler. Antara 60 hingga 85 malam dalam setahun dikatakan memiliki kondisi ideal untuk mengamati benda-benda langit.

baca juga:

Serasa Pulang Kampung ke Kampung Wisata Pancawati

 

  1. Pic du Midi, Prancis

Dari Pic du Midi para ilmuwan NASA mempelajari pemandangan bulan sebagai persiapan untuk pendaratan Apollo. Cagar alam pegunungan adalah rumah bagi situs Warisan Dunia UNESCO —lanskap Pyrénées-Mont Perdu — dan taman nasional.

Naik kereta gantung ke observatorium puncak gunung yang dramatis, bertengger di atas awan. Pengunjung juga dapat bermalam dalam paket yang mencakup penginapan, makan, tur teleskop dan melihat bintang dengan astronom, serta bermain ski.

  1. Sedona, Amerika Serikat

Daya tarik wisata utama dan lokasi pembuatan film Hollywood yang populer. Lanskap batu merah di kota gurun Sedona, Arizona, mendapatkan label Komunitas Langit Gelap IDA karena polusi cahayanya yang minimal.

Pemandangan malam melalui teleskop termasuk Galaksi Pusaran Air, atau Messier 51a, yang terletak sekitar 35 juta tahun cahaya jauhnya.

  1. Mont-Megantic, Kanada

Parc National du Mont Mégantic — cagar langit gelap pertama di dunia — menawarkan akses publik ke observatorium ASTROlab dan malam-malam astronomi bagi pengunjung yang bermata bintang.

Pengunjung juga dapat berkemah di taman, mendaki Mont St. Joseph dan Mont Mégantic, mengikuti jalur pendakian melalui hutan konifer dan hutan campuran, bermain ski menggunakan sepatu salju.

  1. Zselic National Landscape Protection Area, Hongaria

blackplatinumgold

Zselic Starry Sky Park memiliki langit gelap yang hampir tidak berubah. Menawarkan pemandangan Galaksi Triangulum yang sulit dipahami dengan mata telanjang pada malam bernuansa cerah.

Taman ini memiliki program astronomi untuk pengunjung yang mencakup film kubah penuh di planetarium, koleksi meteorit, pengamatan teleskopik pada siang dan malam, serta tur berpemandu saat malam tiba.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.