8 Hal Terbaik yang Dapat Dilakukan di Kota York Inggris

Pelancong yang ingin menghabiskan waktu liburan ke Inggris, perlu sesekali menyempatkan diri ke kota York. Kota bersejarah ini dibangun sejak 2.000 tahun lalu oleh bangsa Romawi.

Karena itu, ada banyak museum dan monumen yang menyoroti era Viking dan Victoria.

Beberapa sisanya berupa peninggalan historis Perang Dunia II, Perang Dingin, dan Revolusi Industri. Yuk, kita jelajahi keindahan kota York, berikut!

1. Kastil Howard

bbci

Berada di sisi timur laut York, ada kastil Howard. Lokasinya di taman indah, rumah megah, dan memiliki 145 kamar yang didekorasi mewah.

Dikelilingi kawasan pedesaan indah, bangunan kasil bergaya Barok dengan usia lebih dari 100 tahun sejak 1701.

Dulunya, menjadi kediaman keluarga Howard. Namun, sekarang pengunjung bisa tur berkeliling aula dan ballroom dengan furnitur antik dan klasik.

Selain interior yang mewah, perkebunan di sekitarnya juga layak disinggahi. Sebab, menawarkan panorama padang rumput luas, danau, dan air mancur.

2. Museum Udara Yorkshire

staticflickr

Salah satu museum terbesar di Inggris, Museum Udara Yorkshire sangat luar biasa. Bisa dicapai kendaraan hanya 20 menit ke tenggara York.

Dulunya merupakan pangkalan udara selama perang Dunia II. Hanggarnya mampu menampung 50 pesawat dan kendaraan antik, serta menjadi tempat pameran sejarah maupun evolusi penerbangan.

3. Biara St. Mary

Pernah menjadi salah satu biara terkaya di Inggris Utara. Biara St. Mary dulunya menyaingi York Minister dari segi ukuran dan kemegahannya.

Saat ini, reruntuhannya yang luas dan mengesankan, menjadi bagian York Museum Gardens yang terletak tepat di tepi pusat kota.

Didirikan pada 1088, biara ini selama berabad-abad sampai dekrit Henry VIII pada 1536, perlahan runtuh. Terlebih karena aset yang dimiliki biara diambil alih oleh kerajaan.

4. Bunker Perang Dingin York

britainexpress

Hanya berkendara singkat ke pusat kota York, Anda bisa menjumpai Bunker Perang Dingin York yang unik.

Bangunannya masih terpelihara dengan baik sejak 1961. Satu-satunya bunker anti nuklir jenis Royal Observer Corps yang masih bisa dikunjungi wisatawan.

Di balik pintu tahan ledakannya, penghuni bunker bisa bertahan selama berbulan-bulan, dan mencegah dampak radioaktif di Yorkshire. Untungnya, bunker ini belum pernah difungsikan meskipun dibangun secara lengkap.

 

baca juga:

8 Alasan Kamu Wajib Bepergian Naik Kereta Api di Eropa

 

5. Labirin York

yorkmix

Buat pengunjung yang membawa serta anak-anak bersama keluarga, York Maze bukan hanya ‘labirin jagung’ terbesar di Inggris tetapi juga seluruh Eropa.

Setiap tahun lebih dari satu juta tanaman jagung ditata dalam desain yang berbeda.

Dengan berbagai tantangan dan teka-teki untuk diselesaikan saat Anda menavigasi melalui ladang jagung yang menjulang tinggi.

Terbentang di area yang luas, labirin jagung raksasa ini mencakup lebih dari delapan lapangan sepak bola.

6. Museum Kastil York

tripadvisor

Memperlihatkan bagaimana keseharian orang-orang Inggris di masa lalu. Museum Kastil York dibangun di lokasi yang sama. Di dalamnya terdapat banyak artefak dan barang kuno yang tak terhitung jumlahnya.

Meskipun didirikan pada 1938, namun koleksi kolosalnya disimpan di berbagai bangunan yang dulu berfungsi sebagai penjara. Selain berjalan-jalan di area penjara, pengunjung bisa mengunjungi toko-toko bergaya era Victoria yang eksotis.

7. Museum Kereta Api Nasional

tripadvisor

Di dalamnya, terdapat berbagai benda-benda berkaitan dengan transportasi kereta api di Inggris. Rumah bagi sejuta artefak, serta lebih dari seratus kereta api uap, lokomotif, dan kendaraan wagon yang mengkilap. Ini adalah museum kereta api terbesar di dunia.

Berdiri sejak 1975, museum ini menempati gudang kereta api raksasa yang menjadi depot lokomotif York utara. Sementara itu, terdapat juga lokomotif lainnya dari China, Jepang, dan Amerika.

8. York Minster

Rick Steves Europe

Katedral Gotik terbesar di seluruh Eropa Utara, York Minster sangat indah dan megah. Memiliki fasad dengan ornamen artistik dan tiga menara tinggi menghadap cakrawala.

Dibangun pada 1472, bangunan indah ini menawarkan arsitektur abad pertengahan yang cantik. Dengan patung, pahatan, serta jendela kaca patri yang spektakuler.

Di dalamnya, terdapat kapel didekorasi lengkungan elegan dan karya seni menawan. Yang tidak boleh dilewatkan adalah Museum Undercroft di bawah tanah yang menampilkan pameran interaktif dan temuan arkeologi.

Cobalah naik ke puncak menara setinggi 72 meter untuk melihat panorama pedesaan Yorkshire dari ketinggian.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.