8 Fakta Alam Eropa, Menawan Sepanjang Waktu

 

Sebagai benua dengan topografi yang sangat beragam, fakta geografis tentang Eropa akan menjadi koleksi menarik bagi pengetahuan Anda.

Setiap negara dapat dengan mudah memberikan kontribusi dengan insight berguna karena lanskap berubah secara dramatis melintasi ruang-ruang kecil, tidak seperti benua lain.

Inilah beberapa fakta geografis tentang Eropa yang patut Anda ketahui.

 

  1. Gunung Tertinggi di Eropa

Ketika menelisik ke fakta geografis tentang Eropa, dan khususnya pegunungan, kebanyakan orang akan berasumsi bahwa nama-nama di daftar teratas adalah Mont Blanc atau Matterhorn yang terkenal.

Faktanya, gunung tertinggi di Eropa ada di Kazakhstan dan disebut Khan Tengri, berdiri setinggi 22.999 kaki, sekitar 4.500 kaki lebih tinggi dari yang tertinggi berikutnya, Gunung Elbrus di Rusia.

 

  1. Danau Terbesar di Eropa

Dari 10 danau terbesar di Eropa, 6 berada di Rusia, meskipun 1 sebagian berada di Estonia. Yang terbesar adalah Danau Ladoga, yang luasnya kurang dari 7.000 mil persegi dan terletak dekat dengan St. Petersburg.

Danau Ladoga adalah danau terbesar ke-14 di dunia berdasarkan wilayah, dan Rusia juga memiliki danau terdalam di dunia, yakni Danau Baikal.

 

  1. Sungai Terpanjang di Eropa

Sungai terbesar dan terpanjang di Eropa adalah Volga. Ini membentang sejauh 2.294 mil melalui Rusia tengah.

Mengejutkan untuk sungai yang begitu besar, itu memiliki awal yang sederhana, naik hanya 740 kaki di atas permukaan laut di Valday Hills yang berada di barat laut Moskow.

Dari sana mengalir ke Laut Kaspia. Ketinggian awal yang rendah membuat Volga menjadi sungai dengan aliran lambat. Tentunya situasi ini cukup menyenangkan bagi para wisatawan di mana dapat melihat-lihat pemandangan di sekitarnya.

 

  1. Air Terjun Tertinggi di Eropa

Kimmel adalah Air Terjun yang tertinggi di Eropa dan juga ke-5 dalam daftar air terjun tertinggi di dunia. Lokasi Air Terjun Kimmel berada di Taman Nasional Hohe Tauen dan merupakan salah satu tempat wisata paling banyak dikunjungi di Austria.

Anda sebenarnya bisa sangat dekat dengan air terjun dan dengan aman, berkat jalur pendakian yang terawat baik. Jadi, jagan ragu melakukan penjelajahan melintasi kawasan ini bila suatu hari nanti memiliki kesempatan mampir ke Austria.

 

baca juga:

Dilempari Kayu Manis! Tradisi Unik Denmark Bagi Bujangan

 

  1. Pantai Terpanjang di Eropa

Benua ini dipenuhi dengan pantai-pantai yang menakjubkan sehingga sangat tepat jika fakta geografi Eropa termasuk pantai terpanjangnya. Ini dapat ditemukan di Le Baule-Escoublac, di pantai selatan Brittany.

La Boule berukuran 7,5 mil dan dilayani oleh kota tepi laut yang indah dan kuno di mana banyak elit Prancis memiliki rumah untuk berlibur di sana.

 

  1. Gua Terdalam di Eropa

Kehormatan ini diberikan kepada Gouffre Mirolda di Prancis. Ini adalah gua dengan kedalaman 5.686 kaki. Eksistensinya bisa ditemukan di dekat perbatasan Swiss dan Italia, di daerah Alpen Savoy dekat Desa Samoens.

Gouffre Mirolda adalah gua terdalam ke-3 di dunia setelah Gua Krubera dan Gua Illyuzia-Mezhonnogo-Snezhnaya, keduanya di Georgia, negara bekas Republik Soviet.

 

  1. Gunung Vulkanik Tertinggi di Eropa

Gunung Etna merupakan puncak gunung berapi tertinggi di Eropa sekaligus juga masih aktif. Tingginya 10.922 kaki di pantai pulau Mediterania Sisilia.

Tidak hanya cukup besar di mana diperkirakan 2,5 kali ukuran Gunung Vesuvius, yang begitu terkenal mengubur Pompeii, tetapi juga salah satu gunung berapi paling aktif di dunia.

 

  1. Gletser Terbesar di Eropa

Seperti yang telah disinggung tentang gunung berapi, tidak tepat untuk meninggalkan es dari fakta geografi Eropa. Gletser ditemukan di sejumlah besar negara Eropa, termasuk Islandia, Norwegia, Spanyol, Prancis, Swiss, Austria, dan Jerman.

Agak bermasalah untuk menentukan gletser terbesar di Eropa karena ‘terbesar’ terbuka untuk interpretasi panjang, kedalaman dan lebar, ditambah lagi itu dapat berubah cukup dramatis dalam waktu singkat.

Konsensusnya adalah, bagaimanapun, bahwa gletser terbesar di Eropa adalah gletser Vatnajokull di Islandia. Ini adalah salah satu gletser terbesar di dunia, meliputi hampir 9.000 km persegi atau setara 3.500 mil persegi.

Cukup menarik bukan untuk mengetahui bagaimana lanskap alam Eropa? Barangkali suatu hari nanti Anda berkesempatan mengunjungi lokasi-lokasi memukau tersebut!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.