8 Destinasi Menakjubkan di Australia Selatan

Dari kebun anggur Barossa hingga gua Coober Pedy, ketinggian Wilpena Pound hingga kedalaman Danau Eyre, Australia Selatan penuh dengan destinasi indah untuk dikunjungi.

Berikut ini adalah tempat-tempat yang perlu Anda tambahkan ke dalam daftar referensi liburan.

 

  1. Adelaide

Tak heran, tujuan terbaik Australia Selatan adalah ibu kotanya. Dulunya dianggap sebagai kota semi pedesaan yang tenang, besar, dan tidak dapat bersaing dengan kota terkemuka lainnya seperti Sydney dan Melbourne.

 

Namun, Adelaide sekarang telah menjadi salah satu kota paling dinamis di Australia. Anda akan menemukan kafe menarik di sepanjang jalan, restoran ternama, bar koktail paling trendi, serta destinasi besar termasuk Adelaide Oval dan Adelaide Zoo.

 

  1. Glenelg

Salah satu daya tarik Adelaide lainnya adalah pantai kota yang luas, hanya setengah jam naik trem dari tengah kota. Glenelg penuh dengan kafe trendi, bar tepi pantai, dan jalur pejalan kaki panjang yang selalu dihuni oleh turis dan penduduk setempat.

 

Terutama saat matahari terbenam, bias-bias jingganya seolah menyusup ke balik dermaga dan menyebar di atas air. Sungguh pemandangan yang ikonik. Selain itu, Anda juga bisa berenang bersama lumba-lumba dalam tur terpandu yang berangkat dari Glenelg.

 

  1. Port Lincoln

Ingin merasakan petualangan bawah air setelah berenang dengan lumba-lumba di Glenelg? Pergilah ke Eyre Peninsula untuk mendapatkan pengalaman yang lebih menggila. Beberapa perusahaan di Port Lincoln mengoperasikan tur penyelaman dalam sangkar hiu.

 

Jika Anda termasuk pemberani, memandangi seekor hiu putih besar dari balik jeruji pembatas patut untuk dicoba. Namun, jika menurut Anda pengalaman seperti ini terlalu ekstrem, berkencan dengan singa laut Australia sudah cukup menyenangkan. Alternatif lain, tetaplah di daratan demi menikmati aneka sajian seafood penggugah selera.

 

  1. Coober Pedy

Dari bawah air hingga bawah tanah, selamat datang di kota pertambangan opal yang begitu panas sehingga penduduk setempat mencari perlindungan di bawah permukaan bumi. Para pemilik selera humor kasar akan mendapatkan tendangan dari sarang Crocodile Harry, sebuah museum bagi prajurit kelahiran Latvia yang terkenal karena berburu buaya, opal, dan celana dalam di pedalaman Australia.

 

baca juga:

6 Peristirahatan Terbaik di Peak District Inggris

 

  1. Barossa Valley

Anda akan menikmati cita rasa Australia Selatan yang lebih berkelas di Barossa Valley, salah satu kawasan penghasil anggur paling bersejarah dan produktif di Australia. Pertama kali dihuni oleh imigran Jerman pada tahun 1840-an.

 

Sampai sekarang, kebun anggur di Barossa masih menghasilkan beberapa botol Shiraz, Riesling, Semillon, Grenache, dan Cabernet Sauvignon terbaik di dunia. Makan dan minum sesuka Anda melalui ratusan ruang cicip anggur dan dapatkan pengalaman kuliner mengesankan di sini.

 

  1. Kangaroo Island

Ada puluhan alasan untuk mengunjungi destinasi Australia Selatan satu ini, mulai dari kondisi lingkungan yang terjaga kealamiannya hingga panorama pantai menawan. Dalam jangkauan perjalanan sehari dari Adelaide, Kangaroo Island dipenuhi dengan satwa liar, termasuk kanguru, ekidna, singa laut, posum, bandicoot, dan aneka ragam burung. Jangan lewatkan Remarkable Rocks dan singa laut yang berjemur di Seal Bay.

 

  1. Lake Eyre-Kati Thanda

Titik terendah Australia harus menjadi yang teratas dalam daftar kunjungan Anda. Lake Eyre, atau Kati Thanda dalam bahasa penduduk setempat, hampir selalu benar-benar kering. Pada hari yang cerah, cakrawala seolah menghilang dan langit menyatu dengan danau garam sehingga tampak berkilauan.

 

Membentang luas sejauh mata memandang. Terkadang danau itu terisi penuh, oasis burung dan bunga liar pasti sebanding dengan perjalanan darat selama tujuh jam ke utara Adelaide. Anda tidak akan menyesal walau perjalanannya akan sedikit melelahkan.

 

  1. Fleurieu Peninsula

Arahkan kemudi Anda untuk melakukan perjalanan menjelajahi salah satu tempat paling indah di Australia Selatan, Fleurieu Peninsula, yang meliputi pantai di selatan Adelaide.

 

Nikmati minuman di kawasan anggur McLaren Vale, kunjungi muara Sungai Murray di Goolwa, ikuti tur air dari Pelabuhan Victor. Ikuti Fleurieu Art Trail, lihat ikan paus di Port Elliot, dan jelajahi Taman Nasional Coorong.

 

Itulah destinasi wisata yang patut disambangi ketika sedang berada di Australia Selatan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.