7 Tips Mengatasi Rasa Malu agar Tak Menghambat Progres Diri

 

Anda tentu sudah tahu bahwa kecemasan memiliki dampak besar pada perasaan malu. Dengan mempelajari berbagai metode dan teknik untuk mengurangi tingkat kecemasan, maka akan berhasil mengatasi rasa malu lebih cepat lagi.

Anda selalu bisa mendapatkan bantuan dari terapis atau konselor, itu termasuk pilihan. Lakukan saja sesuatu karena sebenarnya tidak sulit untuk belajar bagaimana mengendalikan kecemasan. Anda hanya perlu memberikan sedikit usaha dan motivasi. Kemudian, beberapa tips di bawah ini juga bisa dipakai untuk meminimalkan rasa malu.

  1. Temukan Apa yang Menyebabkan Anda Malu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mempelajari cara mengatasi rasa malu adalah mencari tahu penyebabnya. Lebih tepatnya, apa yang membuat Anda merasa malu?

Terlepas dari apa yang dipikirkan tentang diri sendiri, Anda seharunya tidak malu sepanjang waktu, bukan? Pasti ada situasi tertentu yang dapat memicu rasa malu tersebut. Apakah merasa malu saat harus berbicara di depan audiens baru, saat bertemu orang baru, atau saat berada dalam situasi baru?

Ajukan lebih banyak pertanyaan kepada diri sendiri tentang bagaimana perasaan Anda pada saat-saat tertentu! Penting untuk memiliki kepekaaan hati setelah menyadari bahwa diri Anda sebagai merupakan orang yang pemalu.

  1. Tersenyum Lebih Sering

Jika Anda ingin mengatasi rasa malu atau setidaknya memperbaiki perasaan, belajarlah untuk lebih sering tersenyum, bahkan kepada orang asing. Ini adalah cara terbaik untuk keluar dengan kepala tegak dari situasi yang tidak nyaman.

Selama tersenyum, tidak ada yang akan fokus pada kesalahan Anda, karena mereka akan terpesona oleh senyum indah tersebut. Jadi, jangan ragu untuk menebar senyuman kepada banyak orang, atau kepada siapa pun yang Anda temui di jalan! Tentunya perlu diperhatikan pula agar senyuman itu tidak tampak sebagai upaya menggoda.

  1. Temukan Hobi Baru

Dengan menemukan hobi baru, yang lebih sosial, Anda akan bertemu lebih banyak orang dengan minat dan hasrat serupa. Di lain pihak, Anda juga dapat melakukan sesuatu yang memang disukai.

Ini bisa memberi kesempatan sempurna untuk bertemu orang yang Anda hargai sebab memilih hobi yang sama. Pastikan Anda memilih aktivitas sosial yang lebih mendorong kontak dengan orang lain, seperti olahraga tim misalnya.

  1. Jangan Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Agar merasa baik tentang diri sendiri, maka penting belajar untuk menghindari membandingkan diri Anda dengan orang lain. Itu hanya bisa berakhir merugikan!

Jadi, mulailah merasa nyaman dengan keadaan Anda dan hargai eksistensi diri sebagai orang yang spesial! Semakin sering membandingkan diri dengan orang lain, semakin besar kemungkinan berpikir bahwa Anda tidak akan pernah bisa mencapainya, dan imbasnya akan semakin merasa malu. Lebih baik fokuslah pada aspek internal yang luar biasa!

 

baca juga:

Mengenal Aturan Kencan dalam Budaya Skandinavia

 

  1. Tingkatkan Area Ketidakamanan Anda

Setelah mengetahui apa yang menyebabkan Anda malu dalam situasi tertentu, ambil tindakan dan mulailah bekerja untuk memperbaiki area ketidakamanan tersebut.

Misalnya, jika merasa takut berbicara di depan umum, cobalah menempatkan diri dalam lebih banyak situasi yang mengharuskan Anda berbicara di depan audiens. Dengan cara ini, Anda akan bekerja pada area yang menyebabkan rasa tidak aman. Perlahan, itu akan membuat Anda menguasainya dan lantas tidak merasa malu lagi dalam kondisi yang sama.

  1. Temukan Kelebihan

Setelah menemukan kelemahan, berusahalah untuk menemukan kualitas dan kekuatan Anda! Setiap orang pada dasarnya memiliki beberapa kualitas yang cukup unik di mana itu berpotensi memukau pihak lain.

Sangat penting untuk mengetahui hal-hal apa yang Anda lakukan dengan baik, hal-hal yang dikuasai, bahkan jika itu mungkin berbeda dari biasanya. Inilah yang membuat seseorang begitu cantik dan istimewa. Jangan fokus pada apa yang menurut Anda salah! Berkonsentrasi pada apa yang menakjubkan tentang diri.

  1. Lebih ramah

Cobalah membiasakan diri berpenampilan dan bersikap mudah didekati serta menggunakan bahasa tubuh untuk menyampaikan sikap ramah. Belajar menyukai dan berhenti melabeli diri sendiri sebagai orang yang pemalu.

Tersenyumlah dan selalu jaga kontak mata! Memiliki postur tubuh yang baik juga sangat penting ketika Anda ingin mengatasi rasa malu. Dengan duduk tegak, itu bisa memberi kesan bahwa Anda adalah orang yang percaya diri dan terbuka.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.