7 Rute Pendakian Terbaik di Penang, Malaysia

 

Meskipun mungkin paling terkenal dengan pusat kota bohemiannya, George Town, Penang sebenarnya adalah wilayah Malaysia yang luas dengan banyak hal untuk dijelajahi. Seperti halnya daerah lain di negara ini, Anda akan jarang berada jauh dari bentangan hutan atau garis pantai.

Apa cara yang lebih baik untuk menjelajahi pemandangan alam yang begitu indah selain dengan mendaki? Tujuh rute di bawah ini akan membawa Anda ke seluruh Penang dan menghasilkan pengalaman tak terlupakan di setiap mil yang ditempuh.

  1. Penang National Park.

wellingsco

Penang National Park sebenarnya merupakan rute pendakian terkecil di negara ini, hanya di bawah 26 kilometer persegi. Namun demikian, ada banyak ruang untuk dijelajahi.

Ini memiliki dua jalur hiking utama, yang pertama mengarah di sepanjang pantai, berakhir di Monkey Beach. Yang kedua adalah pendakian hutan yang curam ke Pantai Penyu, di mana hadiah Anda adalah kunjungan ke penangkaran penyu sesuai namanya.

  1. Teluk Bahang Forest Eco Park.

tripadvisor

Teluk Bahang adalah salah satu taman yang terpelihara dengan baik di Penang. Itu menawarkan puluhan jalur pendakian yang berbeda dan ada banyak jalan setapak.

Itu juga mencakup wilayah seluas 32 hektare, dengan area piknik, tempat perkemahan, fitur air dan jalur puncak pohon. Anda dapat menjelajahi beberapa mil hutan atau hanya menemukan tempat yang bagus untuk duduk sambil menunggu hari berlalu. Semuanya bebas dilakukan sesuai keinginan para pelancong.

  1. Penang Hill (Bukit Bendera).

update

Mulailah jalur pendakian Anda dari Gerbang Bulan di Kebun Raya. Seluruh pengalaman mendaki akan memakan waktu tiga jam, dan sebagian perjalanan dilengkapi dengan alat bantu pendakian (tangga dan pegangan) untuk memfasilitasi rute curam sehingga Anda akan memperoleh pengalaman lebih baik.

Bawalah air, semprotan serangga, dan makanan ringan. Jika Anda berencana untuk mendaki kembali, disarankan untuk memulai pendakian di pagi hari, sehingga tidak perlu khawatir tersesat di hutan karena gelap.

Ada berbagai cara berbeda untuk menaklukkan Penang Hill, duduk dengan bangga di titik 9 km dari pusat George Town. Pemerintah Melayu memiliki daftar rute dengan berbagai titik awal dan kesulitan yang berbeda.

Jejak Gerbang Bulan akan memakan waktu sekitar tiga jam, dan memotong hutan lebat, jadi sebaiknya mulai lebih awal. Namun, jika ketika mencapai puncak, Anda tidak ingin turun dengan berjalan kaki lagi, bukit ini menawarkan jalur kereta kabel paling curam di dunia!

  1. Bukit Jambul.

TripTrus

Bukit Jambul adalah distrik perumahan yang terletak di titik 10 km barat laut dari George Town. Kelihatannya cukup sederhana pada awalnya, tetapi menyembunyikan rute hiking yang diaspal dengan batu-batu besar, dan mencakup sekitar 1,3 km tanjakan.

Itu menjadikannya pendakian yang singkat dan mudah dengan pemandangan indah saat Anda berhasil mencapai puncak.

baca juga:

Liburan Tahun Baru 2020 ke Talaud! Ini Tipsnya

  1. Youth Park.

penangproperty360

Seperti namanya, Youth Park adalah ruang ramah anak dengan air mancur, taman skate, dan jalur refleksiologi. Ini dikenal sebagai tempat yang baik untuk memulai jika Anda ingin mencapai puncak Penang Hill.

Di sisi lain, Anda juga dapat mengambil rute loop yang mengarah dari sana ke Botanic Gardens dan kembali lagi, atau mencampurnya sesuka hati. Ini adalah titik yang ideal untuk memulai atau menyelesaikan perjalanan panjang.

  1. Penang Botanic Gardens.

outdoortemple

Botanic Gardens di Penang adalah tempat yang bagus untuk bersantai, tetapi rute hiking melingkar adalah cara yang menarik untuk mendapatkan pengalaman seru.

Tempat ini cukup populer, yang artinya Anda akan bertemu banyak penduduk lokal dan turis. Dapatkan kesempatan memahami semua bagian taman, termasuk bebatuan pakis serta berbagai tempat di mana burung berwarna-warni suka berkumpul.

  1. Air Itam Dam.

justrunlah

Bendungan Air Itam pertama kali dibuka pada tahun 1962 untuk membuat waduk, dan berada sekitar 210 meter di atas permukaan laut. Artinya, udaranya bersih dan segar.

Apalagi, tempat ini cenderung tidak padat pejalan kaki seperti beberapa rute lain di sekitar Penang. Tersedia rute melingkar sepanjang 2,7 km, jadi tidak ada yang ekstrem, tetapi indahnya pemandangan dan suasana tenang benar-benar menjadi pembeda jalur pendakian satu ini.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.