7 Kota Megah Sempat Terlupakan Akhirnya Ditemukan Lagi

 

Kadang-kadang bahkan kota besar dan makmur bisa menjadi sebuah misteri legendaris yang terlupakan. Hadirnya ada untuk dikenang, tetapi tidak lagi dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Namun demikian, bagi para pecinta petualangan kota yang terlupakan merupakan permata tersembunyi sehingga harus dijelajahi.

Pasalnya, ada begitu banyak hal yang dapat memukau hati ketika mengunjungi suatu kota bernuansa tempo dulu. Paling utama, tentu tidak terlepas dari kesempatan melihat reruntuhan megahnya.

Siapkah Anda menelusuri kembali jejak-jejak kejayaan di dunia pada masa lampau? Inilah daftar kota-kota yang terlupakan selama ratusan tahun dengan berbagai alasan.

 

Leavenworth

wikimedia

Sebuah set kecil misterius berbentuk etalase yang ditinggalkan baru-baru ini ditemukan di bawah kota kecil Kansas Leavenworth.

Tidak ada yang benar-benar tahu apa tujuan sebenarnya dari pendirian ruangan bawah tanah ini. Apakah itu digunakan oleh budak untuk melarikan diri atau bagian dari kota bawah tanah yang terlupakan.

 

Petra

grid

Petra masih menyimpan beberapa reruntuhan terindah di dunia. Dibawa ke pemerintahan Romawi sekitar 103 M, sistem air utama kota itu rusak, dan akhirnya ditinggalkan oleh penduduknya.

Semua pengetahuan tentang Petra hilang ke dunia Barat selama lebih dari 1000 tahun. Meskipun reruntuhannya yang menakjubkan, antara perpaduan arsitektur Yunani, Romawi, dan Nabataean, masih dapat dikunjungi oleh wisatawan hingga saat ini.

 

Thonis-Heracleion

travel-more

Terlupakan dan tersembunyi di bawah air selama lebih dari 1200 tahun, Thonis atau biasanya disebut Heracleion oleh orang Yunani Kuno, pernah menjadi kota yang dinamis dan salah satu tujuan terpenting di Mediterania.

Artefak seperti tablet Yunani kuno, kuil, dan patung yang anehnya tetap utuh serta lebih dari 60 bangkai kapal di sekitar kota perlahan-lahan mengungkap kisah kota pelabuhan sibuk Thonis-Heracleion. Para ahli terkemuka percaya bahwa kota itu tenggelam setelah diterpa gempa bumi.

Mohenjo- Daro di Pakistan

sworld

Peradaban Lembah Indus dianggap sebagai salah satu daftar area tertua yang pernah ada di muka bumi, puncaknya telah dicapai sekitar tahun 2000 SM.

Peradaban itu juga merupakan rumah dari kota misterius yang terlupakan atau dikenal sebagai Mohenjo-Daro di Pakistan modern.

Hal yang aneh tentang kota ini adalah tidak adanya istana yang megah, sehingga membuat beberapa orang percaya bahwa penduduknya adalah egaliter.

Tidak diketahui mengapa kota ini ditinggalkan sekitar 1800 SM, tetapi baru ditemukan kembali ribuan tahun kemudian, persisnya pada tahun 1922.

 

baca juga:

7 Negara Punya Tradisi Unik Ketika Tahun Kabisat

 

Phanagoria

expedia

Phanagoria adalah kota Yunani Kuno yang hilang karena sebagian terkubur di bawah pasir dan air di sisi Laut Hitam Rusia. Sampai ditemukan kembali pada abad ke-18, kota ini sebagian besar hanyalah mitos.

Bahkan hari ini, tidak jelas mengapa itu ditinggalkan pada abad ke-10, setelah aktif selama lebih dari 1500 tahun.

Banyak dugaan terkait sejarah di baliknya, tetapi belum ada satu pun literatur yang mampu mengkonfirmasi kevalidannya secara mutlak.

 

Timgad di Algeria

wikimedia

Tahukah Anda bahwa Timgad didirikan oleh kaisar Trajan di tempat yang sekarang dikenal sebagai Gurun Sahara?

Bertahan dari pergolakan Kekaisaran Romawi, kota ini berkembang selama berabad-abad sebagai pusat perdagangan yang memiliki peranan penting menunjang kehidupan masa itu.

Namun, pada abad ke-7 M, Timgad mengalami pemecatan kedua oleh para pengacau, dan segera ditinggalkan, tetap terkubur dan diawetkan oleh gurun selama lebih dari 1000 tahun.

Akhirnya ditemukan kembali pada tahun 1881. Sekarang, tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang diincar oleh para pecinta petualangan.

 

Tikal

grid

Tikal dulunya adalah ibu kota kerajaan Maya dan termasuk salah satu kota terbesar di Dunia Baru. Itu dianggap ditinggalkan secara misterius dan kemudian dilupakan oleh penduduk setempat.

Saat hutan tumbuh di sekelilingnya, menyembunyikannya dari pandangan, berabad-abad berlalu sampai sebuah ekspedisi berhasil menemukan kembali istana kerajaan yang mengesankan dan piramida setinggi 70 meter pada tahun 1848. Saat Anda berkunjung ke kawasan ini, sudah pasti akan dibuat terkagum oleh kemegahannya.

Tidak diragukan lagi, melihat reruntuhan kota kuno yang luar biasa ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Apakah Anda tahu tentang kota-kota lain yang terlupakan yang mungkin terlewatkan dari daftar di atas?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.