6 Kota Hilang yang Mampu Membuat Anda Merasa Terbang ke Masa Lalu

 

Kota-kota yang hilang di dunia adalah kumpulan realitas serta mitos dengan balutan teka-teki. Sebagian orang mengaku telah menemukan bukti asli dan sangat nyata bahwa tempat-tempat ini pernah ada, sementara bagi yang lain, kisah tersebut selamanya diselimuti mitos, sehingga masih menunggu untuk ditemukan.

Beberapa kota yang hilang ditinggalkan serta dibiarkan hancur membusuk, sementara sisanya mungkin mengalami kerusakan akibat bencana.

Apakah masih tetap menjadi misteri atau ditemukan kembali, kota-kota yang hilang di dunia telah lama menerima sorotan dari para sejarawan, arkeolog, juga pelancong.

 

Troy

Bagi pecinta mitologi kuno, Troy akan selalu berada di puncak daftar kota hilang di dunia. Mungkin tidak ada kota hilang yang lebih menarik daripada Troy, bersama hubungannya dengan Perang Troya dan penggunaan kuda Troya legendaris oleh Odysseus.

Apa yang mungkin tidak Anda sadari adalah bahwa Troy sebenarnya termasuk pemukiman faktual, ini terletak di tempat yang kini disebut sebagai Turki. Ditemukan oleh para arkeolog pada pertengahan abad ke-19, reruntuhan Troy sekarang menjadi objek wisata dan terdaftar sebagai warisan dunia. Jadi, jangan lewatkan untuk melihatnya jika Anda berencana berkunjung ke daerah tersebut.

 

Angkor

Salah satu kota hilang paling terkenal di dunia karena reruntuhan megah yang masih ada hingga hari ini, Angkor, di Kamboja dengan mudah menarik lebih dari satu juta pengunjung setiap tahunnya.

Permata mahkota dari apa yang dikatakan sebagai kota kuno terbesar di dunia, bagaimanapun, adalah kuil Angkor Wat abad ke-12. Ini sungguh menakjubkan dan perlahan-lahan dipulihkan dari hutan setelah ditemukan kembali pada akhir abad ke-16.

Namun, ukuran dan kemegahan peradaban yang sebelumnya hilang ini, sudah cukup untuk menempatkannya di bagian paling atas dari daftar rencana liburan Anda.

 

Petra

Tidak diragukan lagi salah satu kota hilang yang paling mengesankan di dunia, Petra, di mana diperkirakan berasal dari abad ke-6 SM. Terdiri dari serangkaian bangunan menakjubkan yang diukir langsung di permukaan tebing setinggi 80 meter di dekat Wadi Musa di Yordania.

Bagian paling populer dari struktur ini adalah “Treasury” dan “Amphitheatre”, di samping sejumlah makam yang tak kalah menakjubkan. Meskipun demikian, sesungguhnya Anda dapat menemukan bahwa setiap struktur di lembah tersebut patut diapresiasi kemegahannya.

 

baca juga:

Ingin Mencari Penampakan Alien? Kunjungi 6 Tempat Ini

 

Pompeii

Salah satu kota yang paling baru hilang di planet ini, pemukiman Romawi Pompeii, di mana letaknya berdekatan dengan Napoli modern. Kota tersebut diperkirakan musnah pada tahun 79 M, setelah letusan gunung berapi besar-besaran menutupi komunitas lokal kala itu dengan abu.

Kota ini ditemukan kembali pada akhir abad ke-16, dan kemudian menjadi objek wisata populer, karena fakta bahwa puing-puing vulkanik meninggalkan bangunan dan penghuninya yang tidak beruntung terpelihara dengan sangat baik. Jika Anda tertarik untuk melihat langsung kehidupan Romawi kuno, maka Pompeii harus masuk dalam daftar kunjungan.

 

Machu Picchu

Jika tengah mencari kota yang hilang dengan pancaran petualangan dan keindahan, maka Anda benar-benar tidak perlu mencari alternatif lain kecuali reruntuhan Machu Picchu. Ini terletak di dataran tinggi di Andes, Peru Tengah.

Dibangun pada abad ke-15, Machu Picchu adalah pemukiman Inca yang berkembang selama kira-kira 100 tahun sebelum tiba-tiba ditinggalkan dan kemudian tergeletak tak ditemukan hingga awal abad ke-20.

Hari-hari ini, situs tersebut menjadi tujuan wisatawan dari seluruh dunia, meskipun pemerintah setempat sekarang sedang berjuang untuk membendung arus wisatawan, karena banyaknya pengunjung perlahan-lahan merusak reruntuhan.

 

Memphis

Reruntuhan kota Mesir kuno Memphis terletak tepat di luar Kairo modern. Meskipun struktur yang saat ini berada di situs tersebut tidak memberikan gambaran akurat tentang seperti apa pemukiman itu sebenarnya.

Hal ini karena fakta bahwa setelah ditinggalkan selama abad ke-7 kota itu digali. Digunakan sebagai bahan konstruksi untuk membangun komunitas baru.

Namun, jika Anda tertarik dengan sejarah Mesir kuno. Situs ini masih menjadi tuan rumah bagi sejumlah reruntuhan kuil, patung, dan pahatan yang fantastis.

Sejatinya ada banyak keindahan dan kemegahan yang tersembunyi di muka bumi. Sebagian hanya sebatas mitos lokal, sisanya barangkali memang menanti untuk segera ditemukan.

Lebih dari itu semua, daftar kota yang hilang di atas merupakan bukti bahwa peradaban manusia sejak dahulu telah begitu memukau.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.