6 Gunung Berapi Tercantik di Indonesia

 

Gunung berapi di Indonesia lebih dari sekedar indah, hadirnya menyimpan seluruh peradaban, mewakili nilai-nilai budaya dan agama, serta merupakan rumah bagi fenomena alam yang langka.

Indonesia terletak di Cincin Api Pasifik, atau dikenal sebagai wilayah seismik paling aktif di planet ini. Dengan lebih dari seratus gunung berapi aktif, pegunungan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat, dan objek daya tarik mitologi.

Banyak peradaban membangun keberadaan mereka di sekitar fitur alam yang luar biasa ini, sementara para pelancong mendaki puncak yang menjulang tinggi untuk menemukan panorama luar biasa. Dari danau puncak gunung yang agung hingga situs suci, berikut gunung berapi tercantik di Indonesia.

 

  1. Gunung Kelimutu.

Gunung Kelimutu terkenal dengan danau tiga warna di bagian puncaknya. Terletak di ketinggian 1.639 mdpl, danau mistis yang berubah warna ini menawarkan pemandangan puncak gunung dengan tampilan luas.

Lanskapnya terlihat sangat halus ketika dipasangkan dengan matahari terbit yang berkilauan. Masing-masing danau itu memiliki warnanya sendiri, berubah dari pirus yang menenangkan menjadi gelap gulita selama bertahun-tahun.

Jalur pendakian ke puncak Gunung Kelimutu adalah tangga yang cukup nyaman, mulailah lebih awal dan bawa sarung tenun Ende Anda untuk melawan hawa dingin.

 

  1. Gunung Rinjani.

Menara gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia berdiri gagah di atas pemandangan indah Pulau Lombok. Ketinggiannya menuntut perjalanan tiga hingga empat hari di jalur yang agak menantang, tetapi kenaikan itu bukan tanpa imbalan.

Puncak gunung akan memberi Anda danau kawah Segara Anak paling indah dan pemandangan pulau yang luas. Jika itu tampaknya terlalu berlebihan, pendakian singkat di sekitar kaki gunung akan membawa Anda ke perbukitan dan air terjun yang tak kalah cantik.

 

  1. Gunung Bromo.

Perjalanan ke Bromo biasanya melibatkan setidaknya dua kegiatan, yaitu matahari terbit di Gunung Pananjakan ditemani pemandangan Gunung Bromo, diikuti dengan mendaki ke puncak Bromo untuk melihat kawah epiknya.

Nikmati matahari terbit yang indah, dengan latar belakang puncak Bromo dan puncak-puncak di sekitarnya. Gunung ini memiliki banyak hal keren lain di sekitarnya.

Rencana perjalanan dapat dilanjutkan dengan berjalan-jalan di sekitar ‘Lautan Pasir’ menggunakan jip, mampir ke Bukit Savannah yang luas dan indah, atau menemukan air terjun besar di sekitar kaki gunung.

 

baca juga:

6 Camilan Lezat di Aceh yang Harus Kamu Coba

 

  1. Gunung Batur.

Matahari terbit Batur adalah salah satu pengalaman paling dicari di Bali, dengan jalur pendakian yang sering dipadati wisatawan. Gunung ini menyajikan matahari terbit yang menakjubkan ke puncak kembarannya di sekitarnya, sekaligus membuat fajar menyingsing sempurna untuk disaksikan begitu Anda berada di puncak.

Gunung Batur juga memiliki ‘kaldera ganda’ menakjubkan dan hutan rimbun, ditemani udara pegunungan yang sejuk untuk dinikmati sambil mendaki sepanjang jalan.

Meskipun tingginya 1.717 mdpl, pendakian ke puncak dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari tiga jam, sehingga membuat pengalaman ini dapat diakses oleh hampir semua orang.

 

  1. Gunung Semeru.

Selain sebagai puncak tertinggi di Jawa dan tertinggi ketiga di Indonesia, pesona Gunung Semeru yang memikat mencakup berbagai fitur alam.

Ranu Kumbolo adalah danau pegunungan yang indah hanya empat hingga lima jam dari dasar, permukaan berair seluas 15 hektare dengan dikelilingi oleh perbukitan dan vegetasi.

Lebih jauh ke atas, sabana yang menakjubkan, lereng yang subur, dan ladang bunga telah menunggu Anda. Puncak berbatu sudah menjadi layaknya cawan suci bagi banyak petualang selama bertahun-tahun.

 

  1. Gunung Ijen.

Pesona Gunung Ijen yang tak tertahankan terletak pada nyala api biru. Di mana Anda akan merasa seperti berada di dunia lain tatkala melihatnya.

Fenomena alam langka ini telah mengundang para petualang dan ilmuwan. Mereka menyaksikan kobaran api biru, yang disebabkan oleh konsentrasi belerang super tinggi.

Kejadian aneh ini biasanya terjadi sekitar pukul 2 pagi dan berlangsung hingga jauh sebelum matahari terbit. Hal ini akan mengakhiri pendakian Anda dengan catatan manis diikuti cahaya oranye saat matahari muncul dari kegelapan.

Kekayaan alam Indonesia memang tak perlu diragukan lagi, dan gunung berapi, hanyalah sebagiannya. Mengunjungi negara ini seolah seperti melihat representasi surga di muka bumi.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.