6 Buku Terbaik untuk Belajar tentang Sejarah Kelam Asia Tenggara

 

Asia Tenggara meliputi Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, Brunei, Malaysia, Indonesia, Filipina, Singapura, dan beberapa pulau kecil. Penduduk di wilayah ini memiliki budaya yang menarik.

Selama Zaman Imperialisme sebagian besar wilayah dijajah, yang telah sangat mempengaruhi sejarah modern Asia Tenggara.

Jika Anda tertarik dengan budaya dan sejarah kawasan ini, membaca buku-buku tentang Asia Tenggara adalah cara yang bagus untuk memperluas pengetahuan.

 

Buku Southeast Asian History: Essential Readings

Buku D. R. Sardesai tentang Asia Tenggara adalah cara yang bagus untuk belajar tentang budaya. Buku ini dibagi menjadi 4 bagian antara lain: warisan budaya, selingan kolonial, tanggapan nasionalis, dan buah kebebasan.

Setiap bagian memiliki esai dan cerita yang ditulis oleh orang-orang Asia Tenggara. Ini benar-benar cara yang mantap untuk mendapatkan wawasan tentang budaya melalui mata orang-orang lokal.

Salah satu esai favorit ditulis oleh seorang raja Jawa pada masa Dutch East India Company memegang kendali.

Pendapatnya tentang Belanda memberikan wawasan besar tentang betapa bodohnya penjajah terhadap budaya yang mereka jajah. Ini adalah salah satu buku terbaik mengenai Asia Tenggara untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif terhadap seluruh wilayah.

 

Buku The English Governess At The Siamese Court by Leonowens

Jika menyukai film The King and I atau Anna and the King, Anda harus membaca buku ini. Ini adalah buku Anna Leonowens yang menjadi dasar film; intinya, itu adalah The King dan I yang sebenarnya.

Leonowens menulis buku ini pada tahun 1870 untuk menggambarkan pengalamannya sebagai pengasuh bagi istri dan anak-anak Raja Mongkut dari Siam. Raja Mongkut ingin istri dan anak-anaknya menerima pendidikan Barat modern, dan Leonowens menurutinya.

Dia berada di sana selama hampir enam tahun, dan ceritanya memberikan wawasan yang luar biasa tentang istana Siam. Sebelum berekspektasi lebih jauh, sekadar informasi bahwa tidak ada kisah cinta di dalamnya. Sebaliknya, Anna dan raja memiliki hubungan profesional.

 

Buku Perfume Dreams: Reflections On The Vietnamese Diaspora

Ditulis oleh Andrew Lam, Perfume Dreams memberikan wawasan tentang dampak Perang Vietnam terhadap Vietnam. Lam adalah komentator dan jurnalis NPR yang terkenal, dan dalam buku ini dia menceritakan kisah hidupnya sebagai warga negara Vietnam di California setelah jatuhnya Saigon.

Lam dan keluarganya mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan budaya Amerika pada awalnya, dan kesulitan yang mereka hadapi menyoroti perjuangan Vietnam setelah perang.

Namun, keluarga itu akhirnya mengadopsi budaya Amerika. Meskipun tidak secara eksklusif tentang Vietnam, Perfume Dreams memberikan wawasan yang luar biasa mengenai budaya Vietnam saat menceritakan penyesuaian keluarga.

 

baca juga:

Mengenal Vietnam Lebih Dekat dengan 6 Buku Ini

 

The Girl In The Picture: The Story Of Kim Phuc, The Photograph, And The Vietnam War by Denise Chong

Buku Denise Chong memberikan cerita di balik foto terkenal Kim Phuc kecil yang berlari dari desanya yang terbakar. Selama Perang Vietnam, desa Phuc dibakar oleh pasukan Amerika, dan dia dibakar oleh napalm.

Seorang fotografer menangkap pelariannya dari api, dan dia menjadi terkenal. Buku ini memberikan catatan Phuc tentang kehidupan sehari-hari selama Perang Vietnam dan bagaimana perang memiliki efek yang bertahan lama.

 

Buku On The Wings Of A White Horse

On the Wings of a White Horse adalah kisah nyata Oni Vitandham yang menyentuh tentang melarikan diri dari genosida di Kamboja yang terjadi di bawah Khmer Rouge.

Vitandham berasal dari keluarga kerajaan, tetapi lahir di gua hutan karena ibunya bersembunyi dari Khmer Rouge. Pada usia muda dia menyaksikan kedua orang tua baptisnya dibunuh, dan dirinya ditempatkan di kamp kerja paksa, dan sempat mencoba melarikan diri beberapa kali.

Akhirnya, Vitandham yatim piatu melarikan diri ke Amerika. Ketika membaca buku ini, Anda mungkin akan mendapati diri sendiri telah menangis berkali-kali. Tetapi, sangat sarankan untuk membacanya karena ketabahan Vitandham sangat menginspirasi.

 

Buku Jose Maria Sison: At Home In The World – Portrait Of A Revolutionary

Jose Maria Sison mendirikan Partai Komunis Filipina dan berperan penting dalam gerakan revolusioner Filipina.

Buku yang ditulis oleh Sison dengan Ninotchka Rosca ini memberikan pendapat Sison tentang hubungan politik antara AS dan Filipina serra hasil dari hubungan tersebut, yang menurutnya negatif.

Selain memberikan pendapatnya tentang politik, Sison juga menceritakan kehidupannya dan 8 tahun ia disiksa di penjara. Jika Anda ingin belajar lebih banyak tentang politik Filipina, ini adalah buku yang bagus untuk dibaca.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.