5 Kota Eropa yang Harus Ada dalam Bucket List Wisatawan Muslim

Anda sedang duduk di sofa rumah, menggulir feed media sosial, lalu tiba-tiba melihat foto perjalanan keliling Eropa.

Semua tentu tahu rasa frustrasi karena sangat ingin bepergian ke Eropa, tetapi khawatir budget tidak mencukupi.

Untungnya, ternyata ada beberapa kota di Eropa yang bisa dikunjungi tanpa takut membuat dompet terkuras.

Baik itu permata tersembunyi Eropa Timur yang belum ditemukan oleh gerombolan turis biasa. Atau bahkan kota-kota Eropa Barat yang tak lekang oleh waktu dan selalu populer.

Benua ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada para pelancong beranggaran rendah. Namun, jika Anda merasa kebingungan mencarinya, berikut daftar kota yang patut dipertimbangkan.

 

  1. Sarajevo, Bosnia, dan Herzegovina

Disebut sebagai “Yerusalem Eropa”, Sarajevo benar-benar unik dalam pesona pedesaannya, harmonisasi budaya Timur dan Barat, serta pengaruh Islam.

Telusuri jalan-jalan sempit berbatu yang menawan sehingga akan mengingatkan Anda pada kota-kota Eropa kuno.

Anda juga akan menemukan masjid-masjid yang dipengaruhi Turki di sebelah balai kota. Dibangun dengan gaya muslim Spanyol, gereja, sinagoga, dan masih banyak lagi.

Karena relatif belum sepopuler tujuan wisata Eropa lainnya, Sarajevo juga merupakan salah satu kota yang paling ramah dompet, serta tentunya ramah muslim.

Makanan tradisional Bosnia yang sederhana, misalnya, dapat dicicipi hanya dengan €5 per orang. Jika Anda seorang pecinta alam, pasti akan menyukai danau, air terjun, dan ladang hijau yang menghiasi negara indah ini. Sarajevo juga merupakan tempat sempurna untuk menjelajahi seluruh Bosnia.

Anda dapat dengan mudah melakukan perjalanan sehari ke kota kuno Mostar, rumah bagi jembatan Stari Most yang menakjubkan dan pemandangan tanaman hijau subur memesona.

 

  1. Istanbul, Turki

Kaya akan sejarah Islam, berseri-seri dengan kehangatan keramahan Turki, dan ramai oleh kepadatan kosmopolitan, Kota Istanbul siap membuat Anda jatuh cinta di setiap kesempatan.

Jelajahi Sultanahmet Square bersejarah, lengkapi doa Anda dalam suasana tenang Masjid Biru, dan pergi berburu barang murah di Grand Bazaar yang sudah tua.

Ketika Anda mengunjungi Grand Bazaar, pastikan untuk menawar. Cara tersebut lumrah dan diterima di pasar tertutup kuno yang berusia berabad-abad ini.

Sebagian besar pesona Istanbul terletak pada semua pemandangan dan suara yang dapat Anda nikmati secara gratis.

 

baca juga:

Street Food ala Turki Terbaik yang Belum Kamu Ketahui

 

  1. Sofia, Bulgaria

Sejauh tujuan perjalanan Eropa Timur, Sofia adalah salah satu kota yang paling diremehkan, sekaligus paling terjangkau yang bisa Anda temukan. Salah satu tempat dengan biaya hidup terendah di seluruh Eropa.

Sofia juga mencerminkan sejarah Islam berabad-abad di setiap ruas jalannya. Pastikan berkunjung ke sini jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Islam Eropa.

Jangan lupa kunjungi Square of Religious Tolerance, di mana Anda akan menyaksikan sebuah masjid, gereja Ortodoks, gereja Katolik, dan sinagoga berbagi ruang yang sama.

 

  1. Amsterdam, Belanda

Terkenal akan kanal-kanal indah, rumah kanal tradisional yang berantakan, dan kincir angin klasik dengan kesan seperti baru saja keluar dari kartu pos. Amsterdam memiliki suasana santai dan ramah sehingga menarik untuk dijelajahi.

Manjakan diri Anda dengan warna-warna paling harum dari setiap warna yang bisa dibayangkan di Pasar Bunga. Kunjungi pula beberapa museum terbaik di Eropa.

Saat ingin beristirahat sejenak demi mengisi ulang energi, bantu diri Anda dengan beberapa ayam bersertifikat halal terbaik di Benny’s Chicken.

Dengan populasi muslim lokal cukup besar dan budaya Belanda yang terbuka serta hangat, Amsterdam pasti akan membuat Anda langsung merasa seperti di rumah sendiri.

 

  1. Malta

Relatif terpencil dibandingkan dengan atraksi wisata utama di Eropa, Malta berdiri tenang di Laut Mediterania selatan Eropa.

Dengan perairannya yang biru tua dan pemandangan menawan mata, tidak heran jika sering disebut sebagai Permata Mediterania.

Anda bisa berjalan-jalan santai melewati teluk yang cerah, mengagumi perahu nelayan tradisional Malta di dermaga, atau bermain di perairan.

Meski muslim bukan komunitas mayoritas di Eropa, tetapi ternyata Anda tetap bisa menikmati momen liburan dengan suasana menenangkan dan harga relatif terjangkau.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.