5 Fakta Menakjubkan Matahari, Bintang Kehidupan di Bumi

 

Kebanyakan orang begitu menyukai tata surya, terutama jika membahas fakta tentang matahari!

Ukuran dan suhunya yang tipis mungkin cukup membuat Anda kagum. Tetapi ada banyak alasan lain untuk menyukai bintang yang memanaskan bumi, menarik, menakutkan, dan indah pada saat bersamaan ini.

 

  1. Berukuran super besar.

Salah satu dari banyak fakta menarik tentang matahari adalah ukurannya yang besar. Jika Anda berpikir bahwa bumi besar, relatif terhadap matahari, itu hanya setitik, sekitar 1,3 juta bumi dapat masuk ke dalam matahari.

Matahari terdiri dari 98 persen dari total massa tata surya dengan Jupiter mengisi sebagian besar sisanya. Itu menyisakan kurang dari 1 persen massa untuk semua planet lain!

Tata Surya mengumpulkan lebih dari 100 miliar bintang dan matahari kita berada di 10 persen teratas berdasarkan massa. Namun dalam kaitannya dengan alam semesta, matahari dianggap sebagai bintang berukuran sedang.

Diameternya adalah 1.390.000 km dan massanya adalah 1.98892 X 10^30 kg. Untuk menempatkannya ke dalam perspektif, matahari adalah 333.000 kali massa bumi.

 

  1. Sangat Panas.

Suhu Matahari sangat bervariasi, namun pada intinya, di mana tekanan ekstrim, suhu dan fusi nuklir terjadi, suhu bisa mencapai hingga 27 juta derajat F atau setara 15 juta derajat C!

Saat energi bergerak keluar menuju permukaan matahari, suhu mulai turun. Lapisan atas interior matahari turun di bawah 3,5 juta derajat F atau setara 2 juta derajat C dan begitu energi mencapai lapisan luar, fotosfer, suhunya kira-kira 10.000 derajat F atau setara 5.500 derajat C.

Pada titik ini, radiasi matahari terdeteksi sebagai sinar matahari. Lapisan atmosfer matahari berikutnya disebut kromosfer yang masih lebih dingin pada sekitar 7.800 derajat F (4.000 derajat C).

Lebih aneh lagi, wilayah plasma di sekitar Matahari, yang disebut korona yang membentang lebih dari 1 juta km dari permukaannya, mencapai hingga 3,5 juta derajat F (2 juta derajat C). Sungguh gila memikirkan semua zona suhu berbeda yang dimiliki matahari!

 

  1. Menciptakan Cahaya Utara.

Angin matahari, yang berasal dari korona, menyebabkan semburan dari partikel yang sangat bermuatan bertiup melalui ionosfer bumi, berinteraksi dengan medan magnet kita sendiri.

Interaksi ini menyebabkan Cahaya Utara atau Aurora Borealis yang indah, di mana menampilkan semburan cahaya berwarna secara menakjubkan.

Itu juga terjadi di belahan bumi selatan yang dikenal sebagai Aurora Australis. Anda pasti ingin menyaksikan situs spektakuler ini setidaknya sekali seumur hidup saya!

 

  1. Kita Tidak Akan Ada Di Sini Tanpanya.

Energi dan kekuatan matahari adalah peleburan atom hidrogen menjadi helium. Kehangatan dan luminositas matahari yang sempurna sangat memungkinkan kehidupan berkelanjutan di bumi.

Energi matahari sangat penting untuk kehidupan tanaman (fotosintesis) yang berfungsi menghasilkan oksigen yang Anda dan kita semua hirup.

Tidak hanya itu, tarikan gravitasi matahari yang menahan tata surya tetap berada di orbitnya, jelas termasuk bumi. Tanpa Matahari, kita tidak akan berada di sini!

 

  1. Hanya Perlu Menit untuk Cahaya Matahari Mencapai Kita.

Matahari berjarak sekitar 150 juta km dari bumi dan cahayanya dari permukaan bergerak dengan kecepatan 300.000 kilometer per detik. Dengan informasi itu, hanya membutuhkan waktu sekitar 8 menit bagi energi cahaya matahari untuk mencapai bumi!

Lebih menarik lagi, energi fusi di inti matahari telah memakan waktu jutaan tahun untuk mencapai permukaannya. Ini merupakan proses yang sangat panjang dan sangat menarik dari matahari kita yang mengagumkan!

Ketika benar-benar berpikir tentang kondisi tata surya dan bagaimana matahari secara harfiah menyatukan semua kehidupan, itu cukup untuk membuat Anda tercengang.

Matahari besar tapi tidak terlalu besar; panas tapi tidak terlalu panas; itu pasti tidak kusam tapi cukup terang.

Sungguh menakjubkan memikirkan semua kondisi yang memungkinkan matahari kita mendukung kehidupan di bumi. Apakah ada fakta lain tentang matahari yang dapat Anda bagikan kepada orang lain?

Sudahkah Anda terinspirasi untuk mempelajari lebih lanjut tentang alam semesta tempat kita tinggal ini? Barangkali ada hal baru lagi yang dapat ditelusuri!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.