3 Alasan Mengapa Anda Ingin Bersantai dan Mengisi Ulang Energi di Swedia

 

Secara konsisten menempati peringkat di antara 10 negara paling berkelanjutan di dunia, Swedia adalah tempat di mana gaya hidup, budaya, dan tradisi makanan semuanya terkait dengan alam.

Orang Swedia sangat melindungi lingkungan alam mereka, sekaligus menggunakannya sebagai sumber makanan.

Jadi, jika Anda mencari tempat yang indah untuk bersantai, inilah mengapa Anda harus menjadikan Swedia sebagai tujuan liburan berikutnya.

 

  1. Allemansratten.

Bagi orang Swedia rata-rata, menghabiskan waktu mendaki hutan rimbun dan menjelajahi taman sama pentingnya dengan mengambil beberapa rehat kopi sehari dalam ritual yang disebut fika.

Kecintaan pada alam terbuka ini dipupuk oleh inisiatif pemerintah yang disebut Allemansratten (hak setiap orang), yang memberikan penduduk lokal dan pengunjung Hak Akses Publik – hak istimewa yang unik untuk terhubung dengan alam.

Jadi, apakah Anda ingin pergi glamping di padang rumput, berkeliaran di pedesaan, dan berlayar dengan perahu.

Atau, bahkan trekking melintasi tanah pribadi, kecuali bila ada rambu yang melarang, Anda memiliki kebebasan untuk menikmati alam bebas.

Tetapi dengan hak ini datang tanggung jawab, di mana Anda harus menjaga alam, satwa liar, serta menunjukkan pertimbangan untuk pemilik tanah dan orang lain yang menghargai pedesaan.

Swedish Environmental Protection Agency meringkasnya dengan kalimat, “Jangan ganggu, jangan hancurkan.”

Bagi pecinta kuliner, tradisi Swedia didasarkan pada makan sedekat mungkin dengan alam. Cobalah pikirkan salmon liar, sayuran akar, beri arktik, dan jamur liar, dan kabar baiknya, Allemansratten mendorong budaya mencari makan.

Itu berarti Anda dapat memancing di danau dan mencari makan di hutan, asalkan tidak ditetapkan sebagai taman nasional atau cagar alam yang dilindungi.

 

  1. Dekat dengan taman dan cagar alam.

Lebih dari 80 persen populasi Swedia tinggal dalam jarak tiga mil dari taman nasional atau cagar alam, dan 30 taman nasionalnya membentuk hampir 2 persen dari total luas permukaan seluruh negara.

Mengingat 97 persen tanah Swedia tidak berpenghuni dengan perkiraan sekitar 20 orang per km persegi, maka ada banyak tempat untuk sarana detoksifikasi dan pemutusan hubungan.

Hal ini termasuk pegunungan di utara, hutan lebat dan sungai di tengah negara, dataran dan padang rumput yang bergulir di selatan, dan bermil-mil pantai yang masih asli di sepanjang perairannya.

Itu juga berarti akses utama ke aktivitas seperti hiking, bersepeda, kano, dan aktivitas pedalaman lainnya seperti ski lintas alam.

Ditambah lagi, jika berkunjung selama bulan-bulan yang lebih dingin, dari September hingga Maret, Anda mungkin melihat Northern Lights yang sulit dipahami di Swedia utara.

 

baca juga:

8 Lokasi Terbaik Stargazing, Menatap Bintang yang Spektakuler

 

  1. Pengalaman budaya yang membawa Anda lebih dalam mengenal pribumi.

Tahukah Anda bahwa ada sekitar 20.000 penduduk asli Sami yang tinggal di Swedia? Anda dapat belajar tentang salah satu budaya tertua di dunia. Di mana usianya setidaknya mencapai 10.000 tahun, lewat pengalaman budaya dari individu ke individu.

Setiap Februari, kota kecil Jokkmokk menjadi tuan rumah pasar Jokkmokk, yang telah berlangsung selama lebih dari 400 tahun. Ini termasuk balapan rusa, peragaan busana pribumi, dan penjual yang menawarkjan rusa asap (souva) dan dendeng rusa.

Di museum Ajtte Sami, Anda dapat belajar tentang sejarah Sami. Selain itu, melihat seni serta kerajinan dari Sami Duodji, jaringan pengrajin lokal.

Dengan 15 Unesco World Heritage Sites yang tersebar di seluruh negeri. Anda dapat menjelajahi warisan Swedia dan belajar tentang evolusi adat serta tradisinya melalui situs arkeologi, kota, istana, juga museum bergaya unik.

Di pulau Gotland, tempat peristirahatan musim panas terpencil dan populer bagi orang Swedia.

Anda akan menemukan kota Visby Hanseatic abad ke-12 yang terdaftar sebagai Unesco World Heritage.

Tempat ini layak dikunjungi untuk mengagumi benteng abad pertengahan. Menara dan pemandangannya begitu  spektakuler dengan tampilan Baltic Sea.

Sebenarnya ada lebih banyak lagi alasan mengapa Anda harus mengunjungi Swedia selain dari apa yang sudah disebutkan di atas.

Namun, tiga hal itu sudah cukup representatif dan rasanya sulituntuk ditolak. Jika Anda termasuk pecinta budaya, sejarah, alam, dan tradisi, maka Swedia ada negara yang patut dipertimbangkan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.