Pelajari Panduan Backpacking Terbaik ke Kalimantan

Jumlah ekowisatawan muda yang backpacking di Kalimantan tumbuh setiap tahun, lalu sebagian besar menuju Sabah atau Sarawak di bagian Malaysia. Di sisi lain, sedikit yang mengunjungi Brunei atau Kalimantan Indonesia.

Apakah Anda ingin bergabung dengan mereka? Berikut tips penting menjadi backpacker di Kalimantan, termasuk pengalaman yang harus dimiliki, rekomendasi tempat kunjungan, dan cara agar tetap aman.

Seperti apa suasana backpacker di Kalimantan?

Backpacking di Kalimantan memiliki skala berbeda dengan di Kuala Lumpur, Penang dan Langkawi di Malaysia Barat. Relatif sedikit yang mengambil penerbangan dua jam ke Sabah atau Sarawak, dan bahkan, lebih sedikit lagi yang mengunjungi Brunei atau Indonesia.

Namun, mereka yang melakukan perjalanan sering terpikat oleh ekowisata dan kesempatan untuk melihat satwa liar asli yang mengagumkan di Kalimantan. Sebagian besar kota berada di dekat hutan, taman nasional, dan situs warisan budaya.

Meski begitu, jangan berharap dapat menikmati suasana pesta larut malam di luar Kota Kinabalu di Sabah atau Kuching di Sarawak. Itu terutama berlaku untuk Brunei, yang menganut hukum Syariah. Namun, Anda harus merasakan pengalaman berbasis alam yang tidak ada di tempat lain di Asia Tenggara.

Cara memaksimalkan backpacking di Kalimantan.

  1. Jelajahi hutan hujan.

Dari Lembah Danum dan Cekungan Maliau di Sabah hingga hutan yang meliputi 80 persen Sarawak, Borneo paling baik ditemukan melalui alam. Jika hutan hujan dapat diakses, manfaatkan dengan mendaki di dekat Kota Kinabalu, ibu kota negara bagian Sabah, atau mengunjungi cagar alam seperti Taman Nasional Bako di Kuching.

  1. Gunakan waktu Anda.

Mengalami aktivitas ekowisata dan satwa liar terbaik di Kalimantan membutuhkan waktu serta kesabaran. Mungkin diperlukan beberapa jam untuk mencapai rumah terpencil bekantan liar, atau mengunjungi pusat rehabilitasi orangutan dan tempat menyelam kelas dunia.

  1. Merangkul keragaman etnis dan budaya.

Borneo adalah salah satu wilayah paling beragam untuk satwa liar, lanskap, dan budaya di planet ini. Orang Dayak, atau masyarakat adat Kalimantan, termasuk Iban dan Murut, Bajau Laut ‘Sea Nomads’ dan sebelumnya Kadazan-Dusun pagan/animis. Desa Budaya di Kuching dan Desa Budaya Monsopiad di dekat Kota Kinabalu menampilkan adat serta tradisi mereka.

baca juga:

7 Pantai Eksotis untuk Dikunjungi di Pulau Kalimantan

 

Bagaimana agar tetap aman saat bepergian melalui Kalimantan

  1. Menghindari pencurian.

Kebanyakan orang yang melakukan backpacking di Kalimantan memang menghadapi risiko yang lebih sedikit dibandingkan dengan Malaysia Barat, tetapi Anda tidak boleh lengah. Kota-kota berubah setelah gelap.

Orang asing mungkin mendapatkan perhatian yang tidak diinginkan dan pencurian kecil-kecilan menjadi perhatian. Waspada dengan harta benda setiap saat. Penjambretan tas berkendara dengan sepeda motor juga biasa terjadi, terutama setelah hari gelap.

Pelancong wanita solo juga cenderung mengalami catcall dan perhatian pria yang tidak diinginkan di seluruh Borneo Malaysia, terutama di beberapa bagian Kota Kinabalu.

  1. Masalah keamanan di Sabah Timur.

Bagian timur Sabah dari Kudat, ujung paling utara Kalimantan, hingga Lahad Datu ke arah tenggara ditetapkan sebagai Zona Keamanan Sabah Timur. Sengketa wilayah yang sedang berlangsung antara Sabah dan Sulu memuncak ketika sekitar 100 pemberontak bersenjata berusaha menyerang pada Februari 2013.

Keamanan regional tinggi serta pembatasan perjalanan darat dan laut berlaku mulai 2018. Wisatawan asing juga menjadi sasaran sandera untuk tebusan di Sabah Timur. Pembajakan menjadi perhatian di perairan lepas pantai Sabah dan melalui Selat Melaka.

Meskipun hal ini tidak akan mempengaruhi siapa pun yang melakukan backpacking di Kalimantan, sebaiknya konsultasikan dengan kantor luar negeri Anda untuk peringatan perjalanan sebelum membuat rencana apa pun.

  1. Tukarkan uang Anda.

Semua turis perlu mengonversi uang menjadi ringgit, dan lebih baik melakukan ini di Malaysia langsung. Tarif pertukaran di Borneo Malaysia, Kalimantan Indonesia dan Brunei pasalnya cenderung cukup baik. Ubah beberapa di bandara, lalu tukar sisanya setelah tiba di wilayah kota.

Kalimantan termasuk salah satu pulau terbesar di dunia, tidak heran jika wilayah ini menarik perhatian wisatawan. Terutama karena habitat hutannya yang mengagumkan, serta keragaman budaya tidak kalah memukau.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.