10 Tempat Paling Suci dalam Cerita Rakyat Australia

Bahkan ketika dijajah oleh orang Barat di akhir tahun 1700-an, Australia sudah memiliki sejarah budaya yang panjang, milik penduduk setempat seperti Aborigin dan Torres Strait Islanders.

Orang-orang yang sangat religius meninggalkan banyak jejak lokal dengan signifikansi metafisik.

Kekaguman itu berlanjut hingga hari ini. Dari bebatuan yang bersinar hingga bukit pasir, di bawah ini adalah tempat yang paling memberi pengaruh spiritual secara signifikan.

 

  1. Uluru

Kadang-kadang dikenal sebagai Ayers Rock, Uluru tidak diragukan lagi adalah situs paling suci dalam cerita rakyat Aborigin. Saking sakralnya, sampai-sampai pemerintah melarang pengunjung mendakinya.

Monolit batu pasir raksasa telah menjadi tuan rumah upacara adat selama lebih dari 10.000 tahun, dan komunitas lokal Anangu percaya bahwa makhluk leluhur terus hidup di situs tersebut.

 

  1. Kata Tjuta

tripadvisor

Formasi batuan lain di dalam Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta, Kata Tjuta terdiri dari 36 bongkahan batu besar yang tersebar di lanskap Australia Tengah berwarna merah oker, dan juga membawa makna spiritual bagi masyarakat lokal.

Kubahnya diselimuti mitos Aborigin bernuansa misterius, termasuk salah satu legenda Mimpi tentang raja ular bernama Wanambi yang tinggal di puncak Gunung Olga.

 

  1. Birrarung Marr

Tidak semua tempat suci dalam cerita rakyat local terletak jauh di pedalaman Australia, sebagaimana dibuktikan oleh situs upacara penting di jantung kota Melbourne ini.

Itu digunakan untuk Tanderrum, sebuah perayaan besar yang menghadirkan lima suku berbeda berkumpul di satu lokasi. Gambar pada batu di sana mewakili potret persatuan mereka.

 

  1. Wilpena Pound

tripadvisor

Cerita rakyat Yura Muda mengatakan bahwa Wilpena Pound diciptakan oleh dua ular yang memakan begitu banyak orang selama perayaan sehingga mereka tidak bisa bergerak.

Tubuh mereka kemudian membentuk pegunungan yang luas ini. Amfiteater alami berusia 800 juta tahun ini adalah puncak dari Flinders Ranges, sekitar lima jam berkendara ke utara Adelaide.

 

  1. Lake Mungo

campermate

50 tahun yang lalu, para arkeolog menemukan sisa-sisa dua orang di sini: Wanita Mungo dan Pria Mungo.

Penemuan penting ini membuktikan bahwa penduduk asli telah mendiami benua Australia selama lebih dari 40.000 tahun.

Dengan demikian, Situs Warisan Unesco ini adalah tempat pemakaman ritual tertua di muka bumi.

 

baca juga:

Menelusuri 3 Kota Menakjubkan Bernuansa Fantasi di Inggris

 

  1. Devil’s Pool

roamingaroundtheworld

Aliran sungai di dekat hutan Cairns ini dinamai berdasarkan legenda Aborigin. Cerita berlanjut bahwa seorang pengantin muda bernama Oolana menjemput kematiannya di situs suci ini ketika dia dihentikan dari menikahi satu cinta sejatinya.

Rupanya, dia merayu pria ke dalam kuburan berair sejak saat itu. Kolam ini telah merenggut 17 nyawa sejak 1959; sebuah plakat di dekatnya berbunyi, “Dia datang berkunjung dan tinggal selamanya.”

 

  1. Arnhem Land

Orang-orang Yolngu telah menyebut sudut timur laut Northern Territory sebagai rumah selama lebih dari 60.000 tahun, jadi ada sejarah lokal yang kaya di seluruh medan liar ini.

Paling penting, Arnhem Land adalah tempat kelahiran didgeridoo. Itu juga penuh dengan cerita tahayul, termasuk tentang perseteruan keluarga yang berakhir dengan penciptaan jabiru (bangau) dan emu.

 

  1. Grampians National Park

90% dari semua seni cadas Aborigin di seluruh negara bagian Victoria terletak di Grampians, sebuah taman nasional yang rindang, tiga jam ke arah barat Melbourne.

Pelajari tentang cerita rakyat lokal di Pusat Kebudayaan Brambuk di Halls Gap sebelum menjelajahi hutan semak di sekitar situs seni cadas yang penuh warna.

 

  1. South Australian Museum

Sementara banyak artefak lokal ditemukan di semak-semak Australia, South Australia Museum menyimpan aneka artefak di dalam empat dinding di tengah Adelaide.

Museum ini mengumpulkan koleksi benda budaya Aborigin terbesar, mulai dari lukisan, bumerang, perisai, senjata, dan bahkan satu-satunya kano kulit kayu utuh yang masih ada tersebar di lima lantai.

 

  1. Worimi Conservation Lands

worimiconservationlands

Stockton Beach berada di seberang pelabuhan Newcastle dan menawarkan bukit pasir terbesar di Belahan Bumi Selatan, menjulang setinggi 40 meter.

Namun, arti penting cerita rakyat Aborigin terletak pada endapan kerang atau tumpukan sampah berusia 12.000 tahun, yang kaya akan artefak budaya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.