10 Tembok Terkenal Mendunia, Benteng yang Bernilai Seni

 

Sejak zaman kuno, tembok telah dibangun untuk membentengi istana atau perbatasan wilayah kekuasaan pemerintah di masanya. Tembok juga dijadikan penjara atau mencegah musuh menyerang pusat kota.

Namun, belakang ini tembok di berbagai negara juga dibangun sebagai tugu peringatan sekaligus bangunan berseni tinggi. Terlepas dari apapun tujuannya, tembok-tembok tersebut tak lekang oleh waktu dan mendominasi lanskap di manapun berada.

1. The Walls of Ston

historyhit

The Walls of Ston adalah serangkaian tembok batu pertahanan yang terletak di semenanjung Peljesac di Kroasia selatan.

Di titik tersempit semenanjung, tepat sebelum bergabung dengan daratan, tembok dibangun dari kota Ston ke Mali Ston.

Tembok sepanjang 5,5 kilometer yang menghubungkan dua komunitas kecil ini selesai dibangun pada abad ke-15. Dilengkapi 40 menara dan 5 bentengnya.

Tujuan utama pembangunan tembok adalah garis pertahanan kedua untuk kota Dubrovnik. Serta, melindungi komoditas garam berharga yang berkontribusi pada kekayaan Dubrovnik.

2. Tembok Vietnam Veterans Memorial

manhattan-institute

Vietnam Veterans Memorial adalah peringatan perang nasional di Washington, D.C. Sering digambarkan sebagai peringatan paling mengharukan di kota tersebut.

Vietnam Memorial berdiri sebagai penghormatan kepada mereka yang meninggal atau hilan. Dimaksudkan untuk mengatasi kontroversi politik untuk mengenang para prajurit yang memberikan pengorbanan tertinggi.

Bagian tengahnya, Tembok Peringatan yang dirancang oleh Maya Lin, terdiri dari dua dinding granit hitam yang diukir dengan 58.256 nama setiap prajurit.

3. Dinding Troy

tmgrup

Dinding Troy adalah kota legendaris di tempat yang sekarang disebut barat laut Turki. Dibuat terkenal dalam puisi epik Homer, Iliad. Menurut Iliad, di sinilah Perang Troya terjadi.

Situs arkeologi Troy berisi beberapa lapisan reruntuhan. Lapisan Troy VIIa mungkin adalah Troy of Homer dan diperkirakan berasal dari pertengahan hingga akhir abad ke-13 SM.

Bagian dari tembok Troy yang terkenal masih terlihat. Saat ini, sejumlah besar turis mengunjungi Troy setiap tahun.

Pengunjung melihat situs yang sangat komersial, dengan kuda kayu besar yang dibangun sebagai taman bermain untuk anak-anak, kemudian toko, dan museum.

4. Tembok Hadrian

english-heritage

Tembok Hadrian dibangun oleh bangsa Romawi untuk melindungi koloni mereka Britannia dari suku-suku di Skotlandia.

Membentang sejauh 117 kilometer (73 mil) di utara Inggris dari Laut Irlandia ke Laut Utara.

Konstruksi dimulai pada 122 M setelah kunjungan Kaisar Romawi Hadrian, dan sebagian besar selesai dalam waktu enam tahun.

Tembok itu dijaga oleh sekitar 9.000 tentara, termasuk infanteri dan kavaleri.

Meskipun hanya bentangan tembok terkenal ini yang masih terlihat sampai sekarang. Tembok ini merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Inggris.

Ada jalur nasional yang mengikuti seluruh panjang tembok dari Wallsend ke Bowness-on-Solway.

5. Tembok Berlin

Pembangunan Tembok Berlin dimulai pada tahun 1961. Pembangunan tembok didasari Jerman Timur yang ingin menghentikan warga agar tidak melarikan diri dari kekuasaan Soviet.

Selama keberadaan Tembok, sekitar 5.000 orang berusaha melarikan diri menghindari tembok. Dengan perkiraan jumlah korban tewas yang bervariasi antara 98 dan 200.

Ketika Tirai Besi retak pada tahun 1989, ratusan warga mulai secara fisik meruntuhkan tembok beton tersebut.

Saat ini sisa-sisa tembok terkenal di Berlin dapat ditemukan di Bernauer Strasse dan di depan Neiderkirchnerstrasse, bekas Parlemen Prusia dan Parlemen Berlin saat ini.

6. Tembok Besar Zimbabwe

pinimg

The Great Zimbabwe, adalah kompleks reruntuhan batu yang tersebar di area yang luas di Zimbabwe modern.

Dinamai menurut nama reruntuhan tersebut. Kata “The Great” membedakan situs itu dari ratusan reruntuhan kecil yang tersebar di seluruh negeri.

Dibangun oleh penduduk asli Bantu, konstruksi dimulai pada abad ke-11 dan berlanjut selama lebih dari 300 tahun.

Pada puncaknya, perkiraan bahwa Great Zimbabwe memiliki sebanyak 18.000 penduduk.

Bangunannya yang paling tangguh, biasa disebut sebagai Great Enclosure, memiliki dinding setinggi 11 meter yang memanjang sekitar 250 meter. Menjadikannya struktur kuno terbesar di selatan Gurun Sahara.

7. Sacsayhuaman

Sacsayhuamán adalah kompleks berdinding Inca yang tinggi di atas kota Cusco di Peru.

Kota kekaisaran Cusco, ditata dalam bentuk puma, hewan yang melambangkan dinasti Inca.

Ada tiga dinding paralel yang dibangun di tingkat yang berbeda dengan batu kapur ukuran besar. Batu-batu besar yang digunakan untuk tingkat pertama atau lebih rendah adalah yang terbesar.

Yang terbesar tingginya 8,5 meter dan beratnya sekitar 140 metrik ton. Dinding dibangun sedemikian rupa sehingga selembar kertas tidak akan muat di antaranya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.