10 Hal Tentang Selandia Baru yang Belum Kamu Tahu

Mendengar nama Selandia Baru, penggemar film pasti akan langsung melayang ke Negeri Ajaib Hobbiton. Tak cuma itu, Selandia Baru juga dikenal sebagai surga bungee jumper dan buah Kiwi.

Padahal, masih banyak lho, hal-hal spektakuler dari Selandia baru yang belum kita ketahui. Maka itu, yuk simak beberapa hal menarik tentang Selandia yang bikin Anda segera pesan tiket penerbangan menuju ke sini:

 

1. Berarti adalah “Negeri awan putih panjang”

New Zealand

Istilah Maori untuk Selandia Baru, Aoetaroa yang berarti “tanah awan putih dan panjang”. Ada berbagai penjelasan untuk nama ini. Sebagian berakar dari cerita legenda Maori tradisional.

Selandia Baru sering terlihat ditutupi awan putih panjang di sepanjang cakrawala. Negara ini juga berbentuk awan panjang jika dilihat dari luar angkasa.

 

2. Ada lebih banyak domba daripada manusia

pinterest

Uniknya lagi, populasi domba di Selandia Baru jauh lebih banyak ketimbang manusia. Selandia Baru adalah negara dengan penduduk yang jarang. Secara geografis ukurannya hampir sama dengan Inggris, tetapi populasinya hanya 4,47 juta (dibandingkan dengan 64 juta di Inggris).

Dan terlebih lagi – domba jauh melebihi jumlah orang: Ada sekitar enam domba untuk setiap manusia di Selandia Baru; itu salah satu rasio tertinggi di dunia.

 

3. Dekat pesisir pantai

beachtomato

Kemana-mana kaki melangkah, akan selalu dekat dengan lokasi pantai. Faktanya, hanya berjarak kurang dari 128 km, Anda sudah bisa menjumpai pantai.

Jadi, itu sebabnya, Anda perlu mempersiapkan diri untuk bermain ski atau berselancar jika berkunjung ke Selandia Baru.

4. Perbatasan terakhir manusia

fodors.com

Manusia – tepatnya Homo sapiens – bermula di Afrika, pindah ke Eropa dan Asia, Amerika Utara, Australia, dan akhirnya Selandia Baru. Diperkirakan manusia mendarat di sana sekitar 800 tahun yang lalu.

 

baca juga:

Oh Ternyata Ini Pasar Tertua dan Termegah di Dunia, Koleksinya Lengkap!

 

5. Habitat Asli Burung Moa Raksasa

World Around Me – blogger

Jika Anda suka burung Anda besar, Selandia Baru adalah tempat Anda. Meskipun punah, burung Moa raksasa adalah hewan asli Selandia Baru – tingginya 3,6 meter dan berat 230 kg.

 

6. Pelopor hak-hak wanita

blogspot

Sudut terjauh dunia juga yang paling progresif: Selandia Baru memelopori hak-hak perempuan jauh sebelum negara-negara seperti AS dan Inggris Raya.

Bahkan, Selandia Baru menjadi negara pertama di dunia yang memberikan semua perempuan hak untuk memilih pada tahun 1893.

 

7. Surga bagi pecinta alam

exploringkiwis

Ingat wisata alam? Sudah pasti ingat pula dengan Selandia Baru. Negara ini dihiasi pegunungan indah dan garis pantai yang panjang.

Selain itu, hampir sepertiga dari negara ini sebenarnya dilindungi oleh cagar alam. Memastikan bahwa negara tersebut akan tetap murni selama beberapa dekade mendatang.

 

8. Tanah kiwi (manusia, burung, dan buah)

republika

Mengapa orang-orang menggunakan kata “kiwi” ketika berbicara tentang Selandia Baru? Nah, kebetulan itulah nama buah berbulu yang Anda beli di supermarket lokal Anda (kemungkinan besar juga ditanam di Selandia Baru!).

Akan tetapi, burung asli negara itu DAN nama panggilan yang penuh kasih sayang untuk orang-orang negara ini, juga KIWI.

Kiwi pertama kali hanya menjadi nama burung yang tidak bisa terbang yang berasal dari negara tersebut dan menjadi nama untuk buah tersebut ketika beberapa orang pemasaran menyadari bahwa nama aslinya – gooseberry Cina.

 

9. Di sinilah dunia mengucapkan “selamat pagi”

stuff

Sebuah kota kecil bernama Gisborne adalah yang pertama di dunia yang melihat matahari terbit di atas cakrawala di awal tahun (setelah itu kemiringan planet bergerak ke titik ini lebih jauh ke Utara) – jaraknya hanya 496,3 km dari Tanggal Internasional Garis pada garis lintang 178 °.

 

10. Lokasi favorit shooting film

Beberapa blockbuster terbesar dalam beberapa tahun terakhir telah difilmkan di Selandia Baru. Mulai dari trilogi The Lord of the Rings hingga The Hobbit, King Kong, The Piano, The Last Samurai, dan Whale Rider.

Alam yang menakjubkan dan penduduk setempat yang kreatif dan santai menjadikannya tempat yang ideal untuk para sutradara handal membuat film-film mencengangkan mata.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.