Ritual Berciuman ala Masyarakat Sesetan di Denpasar

Juga dikenal sebagai Tanah Para Dewa, Bali memiliki daya tarik melalui keindahan alam gunung berapi yang menjulang dan sawah terasering subur yang memancarkan kedamaian sekaligus ketenangan.

Ini juga terkenal dengan surga peselancar! Bali mempesona dengan tariannya yang dramatis serta upacara penuh warna, seni, dan kerajinannya.

Hingga resor pantainya yang mewah, di samping kehidupan malamnya tak kalah mengasyikkan. Kemudian, di mana-mana, Anda akan menemukan kuil yang diukir dengan rumit.

 

Potret Bali Secara Umum.

Bali Indonesia Holiday Travels

Ada ribuan toko oleh-oleh di Bali. Dari Denpasar ke Ubud, Anda akan menemukan banyak hal yang ingin dibawa pulang. Souvenir khas Bali mulai dari makanan ringan dan minuman lezat, hingga barang kerajinan tangan dengan tampilan  indah seperti Tenun Bali.

Jika Anda berpikir untuk membawa pulang oleh-oleh, pilihan terbaik adalah mengunjungi pasar souvenir di Sukowati, di mana Anda mungkin kewalahan karena banyaknya opsi tersedia.

Sebagian besar hotel berbintang terletak di dekat pantai. Beberapa bahkan memiliki tempat pribadi mereka sendiri di pantai-pantai tertentu. Di mana Anda dapat berbelanja secara royal dengan hak istimewa eksklusif. Anda dapat menemukannya secara mudah di tempat-tempat populer seperti Kuta, Sanur, dan Seminyak.

Kuta memiliki berbagai macam butik dan toko, menjual segala sesuatu mulai dari T-shirt cerah, pakaian selancar, sandal jepit hingga pernak-pernik kreatif.

Jika ingin memiliki bahan makanan bertekstur kering, kopi Bali merupakan opsi paling aromatik. Barangkali, dapat pula ditambah minyak esensial aromaterapi sebagai pengharum bak mandi.

Lebih dari itu semua, tahukah bahwa ada tradisi Omed-omedan yang unik di Bali?

 

Apa Itu Omed-omedan?

scooper

Bali dikenal dengan sejarah dan tradisi budaya paling kaya di Indonesia yang telah dilestarikan dengan baik oleh masyarakatnya. Salah satu dari sekian banyak tradisi yang patut disoroti adalah Omed-omedan, di mana ini juga dikenal sebagai upacara berciuman.

Dikenal sebagai Ritual Ciuman, Omed-omedan adalah ritual yang telah diadakan setidaknya selama satu abad oleh masyarakat Bali Banjar Kaja, di Sesetan Denpasar.

Awalnya memang hanya masyarakat Desa Banjar Kaja Sesetan yang bisa berpartisipasi. Tidak jelas kapan ciuman massal dimasukkan ke dalam tradisi, tetapi telah menjadi upacara bagi para pemuda desa untuk mengekspresikan kegembiraan mereka di hari pertama tahun baru.

Sejalan dengan hal itu, disebut Ritual Berciuman karena peserta laki-laki dan perempuan terlibat dalam prosesi ciuman, ditemani oleh penduduk desa lain yang menuangkan seember air ke atasnya.

Ritual itu sendiri dibatasi untuk pemuda yang belum menikah dari Banjar Kaja, mulai dari 17 hingga 30 tahun. Omed-omedan diadakan di Bali pada hari setelah Nyepi (atau Hari Hening), di mana seluruh pulau ditutup untuk mendedikasikan sepanjang hari sebagai sarana refleksi dan meditasi.

Omed-omedan diadopsi dari istilah Bali yang maknanya adalah tarikan. Dalam konteks ini, tarikan digunakan untuk melambangkan gaya dorong-tarik antara elemen positif dan negatif.

Seperti banyak tradisi Bali, ritual ciuman diawali dengan berdoa bersama sebagai persiapan keselamatan awal. Setelah itu, laki-laki dan perempuan dipisahkan menjadi dua kelompok yang saling berhadapan di jalan utama.

Ritual ciuman dimulai dengan isyarat dari pemimpin Hindu, dan pejantan menarik betina, melanjutkan untuk mencium mereka sementara air dituangkan di atas kepala setiap orang yang terlibat.

 

baca juga:

Tempat Mengagumkan di Thailand yang Patut Dipertimbangkan

 

Tempat Berlangsung Omed-omedan.

tempatwisatadibali

Ritual tersebut digelar di Sesetan, Denpasar, khusus oleh Banjar Kaja dan masyarakatnya. Upacara diadakan pada sore hari antara jam dua hingga tiga sore, tetapi penduduk desa dan penduduk setempat di sekitarnya akan berkumpul jauh sebelum waktu penyelenggaraan tersebut.

Pengunjung harus datang lebih awal untuk mengamankan lokasi yang bagus agar dapat berfoto ria. Dalam momen ini, adalah bijaksana jika memiliki semacam penutup bagi kamera Anda. Karena ritual Omed-omedan melibatkan banyak air yang terciprat saat para peserta melanjutkan ciuman.

Upacara berciuman hanyalah salah satu dari banyak tradisi budaya yang masih sangat baik dipraktekkan di Bali hingga saat ini.

Lokasinya bisa dengan nyaman dikunjungi saat Anda menginap di salah satu homestay terdekat. Ada berbagai jenis kamar guna mengakomodasi kelompok kecil atau keluarga besar sewaktu liburan agar memperoleh momen yang sempurna di Bali.

Jadi, apakah Anda tertarik melihatnya langsung?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.