Ragam Pakaian Tradisional di Lakshadweep

 

Lakshwadeep adalah salah satu dari dua kepulauan di Wilayah India dan terletak di Laut Arab di pantai barat India. Kostum yang dikenakan di Lakshwadeep memiliki kemiripan gaya dengan yang terlihat di negara bagian selatan India.

Kain-kainnya juga merupakan kain khas yang diharapkan di daratan. Hiasan pada pakaian itu unik untuk wilayah ini dan tidak tampak pengaruh dari negara bagian selatan. Ada persamaan dan perbedaan tertentu dalam pakaian tradisional yang dikenakan oleh pria dan wanita.

 

Sejarah dan Latar Belakang

Diyakini bahwa populasi Lakshadweep saat ini adalah keturunan dari mereka yang bermigrasi ke sini dari kerajaan paling awal di wilayah Gondwana, dan memiliki sangat sedikit suku asli. Ada bukti arkeologis yang mendukung fakta bahwa orang-orang dari kerajaan Chera dan Chola bermigrasi ke pulau-pulau ini dan menetap dalam waktu lama.

Kepulauan itu juga telah menjadi tempat tinggal orang Portugis dan juga Muslim dalam sejarahnya yang kaya. Oleh karenanya, adat, tradisi, dan kostum yang dikenakan oleh masyarakat Lakshadweep merupakan campuran dari banyak budaya berbeda, tetapi telah bersatu untuk membentuk perpaduan unik mereka sendiri.

Di zaman modern seperti sekarang, terdapat banyak pusat-pusat penting di kepulauan ini. Namun, ada dua yang menonjol dalam hal kostum dan gaya pakaian, yakni Minicoy serta gugusan pulau Amini. Masing-masing memiliki gaya berpakaian paling khas.

Sumber Inspirasi

Kostum tradisional Lakshadweep untuk pria sangat dipengaruhi oleh tidak hanya tetangga Wilayah Persatuan di India Selatan tetapi juga cuaca dan kondisi iklim di daerah tersebut. Kain yang digunakan serta pakaian sehari-hari telah disesuaikan dengan cuaca lembap sepanjang tahun.

Karena sebagian besar komunitas terlibat dalam profesi yang berat secara fisik, pakaian mereka dibuat sedemikian rupa untuk membantu mereka tetap nyaman. Para wanita di sisi lain tidak memiliki pengaruh yang dapat dilacak pada pakaian tradisional mereka. Meski demikian, sedikit pengaruh budaya Islam terlihat pada hiasan kepala yang dikenakan.

Penduduk pulau Minicoy dikenal sebagai anak-anak laut dan oleh karena itu, pakaian mereka banyak menampilkan warna-warna sejuk seperti biru serta hijau.

Gaya dan Variasi

Gaya pakaian dan kostum Lakshadweep dapat dikategorikan berdasarkan jenis kelamin dan lokasi geografis. Kecuali Pulau Minicoy, semua penduduk pulau lainnya berpakaian sederhana.

  • Pria

Para pria biasanya memakai lungi yang bisa berwarna putih atau berwarna cerah. Sebuah lungi pada dasarnya adalah sepotong kain persegi panjang yang dijahit bersama di ujungnya. Mereka juga memakai benang perak atau emas pada pinggang yang mana sering diselipkan di tepi bawah lungi.

Namun, itu biasanya terlihat pada pria lanjut usia. Karena cuaca buruk dan panas, para pria tidak mengenakan kemeja atau pakaian atas lainnya untuk menutupi tubuh mereka. Lungi juga terbuat dari katun ringan yang akan membuat pemakainya tetap dingin.

Di pusat kota dan di antara generasi muda, mengenakan kemeja di atas lungi lebih disukai. Daerah perkotaan mengambil langkah lebih jauh dan memakai pakaian barat sehari-hari seperti kemeja dan celana panjang, sebagai padanan dari lungi.

Acara-acara khusus juga menjamin bahwa pria paling tradisional pun mengenakan pakaian sutra atau katun terbaik yang mereka miliki. Pakaian ini tidak hanya terbuat dari tenun halus tetapi juga disulam dengan nuansa cerah.

  • Wanita

Kachi adalah pakaian tradisional yang dikenakan oleh para wanita di Lakshadweep. Hal ini mirip dengan lungi yang menampilkan sepotong kain persegi panjang. Namun, itu tidak dijahit di sepanjang tepinya.

Para wanita juga mengenakan benang di pinggang yang bisa berwarna perak atau emas, di mana tepi atas kachi dimasukkan dan diamankan. Skema warna umum kachi untuk pakaian sehari-hari adalah hitam atau putih dengan batas hitam.

Kachi sutra dikenakan oleh para wanita pada acara-acara khusus seperti pernikahan dan kebanyakan dari mereka berwarna merah dengan batas hitam, seperti kebiasaan. Pakaian atas wanita terdiri dari jaket lengan panjang yang pas. Bagian depan jaket terlihat cerah dan dibordir menggunakan tali bertatahkan cermin atau kaca dan emas.

Ansambel tradisional ini juga mencakup hiasan kepala yang dikenal sebagai thattam yang pada dasarnya adalah syal panjang guna menutupi kepala dan bahu.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.