Potret Perayaan 17 Agustus, Hari Kemerdekaan Indonesia

 

Liburan merayakan kemerdekaan Indonesia berasal dari peninggalan pemerintahan kolonial Belanda. Oleh penduduk setempat kerap disebut sebagai perayaan Tujuhbelas Agustus (17 Agustus) atau Hari Merdeka. Siapa mengira, perayaan meriah setiap tahun ini ternyata tradisi yang telah dimulai sejak berabad-abad silam dan terus dijaga sampai sekarang.

Persiapan Menuju Acara Besar

https://propertiterkini.com

Persiapan perayaan patriotic biasanya dimulai 2 sampai 3 minggu sebelum 17 Agustus. Gedung-gedung perkantoran bertingkat tinggi di sekitar kota memasang spanduk besar atau desain yang eksentrik.

Pagar di sekitar istana presiden dan banyak kantor pemerintah terbungkus pernak-pernik merah putih, pun demikian jajaran pusat perbelanjaan, bahkan kerap diadakan promosi penjualan Hari Kemerdekaan.

Pemerintah kota menghabiskan banyak uang untuk menciptakan rangkaian unik dekorasi lampu merah dan putih di jalan raya utama, kompleks perumahan mengecat ulang gerbang utama mereka yang didekorasi dengan tema kemerdekaan. Seluruh kota mengambil rona merah putih dan kalimat penyemangat seperti Dirgahayu RI dapat dilihat di mana-mana.

Biasanya, para pengamat politik, ilmuwan sosial, dan mereka yang memiliki wawasan akan menulis di surat kabar dan majalah tentang kemajuan negara sejak kemerdekaan, sekaligus tantangan untuk masa depan. Selain itu, berdiskusi mengenai apa yang akan dipikirkan para founding fathers tentang berbagai kondisi masyarakat saat ini.

Kemeriahan Agustus di masyarakat

shopee.co.id

Di sisi lain, asosiasi lingkungan sering mengoordinasikan kegiatan khusus untuk anak-anak tetangga dan dapat meminta sumbangan dari pemilik rumah guna mensponsori balapan, permainan, serta hadiah untuk anak-anak.

Salah satu yang paling populer adalah memanjat tiang berminyak yang sangat tinggi untuk mencapai hadiah di puncak teratas. Sekolah mengadakan kontes untuk melihat kelas mana yang dapat mendekorasi ruangan mereka dengan cara paling patriotik serta mengadakan permainan dan balapan di antara kelas.

Acara TV memperingati perjuangan kemerdekaan ditayangkan sebelum dan sesudah Hari Kemerdekaan. Extravaganza musik all-star diadakan di berbagai tempat dan disiarkan ke seluruh Nusantara.

Asosiasi lingkungan, atau RT setempat, dapat mengatur pembersihan area atau kerja bakti. Saluran air disapu, gulma ditebang, puing-puing dibakar dan area umum dicat ulang. Wanita diminta untuk memberikan makanan ringan kepada pria yang sedang bekerja.

Pemilik rumah diharapkan mengibarkan bendera Indonesia untuk jangka waktu tertentu sebelum dan sesudah perayaan. Bisnis mungkin diminta untuk memberikan kontribusi guna mendanai ekstravaganza kembang api dan hiburan di Lapangan Monas serta untuk perayaan lokal lainnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, kepala lingkungan akan meminta pemilik rumah untuk mengecat rumah mereka, setidaknya bagian depan, sebagai persiapan menyambut hari besar.

Tidak hanya itu, presiden menyampaikan Pidato Kenegaraan kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat, korps diplomatik, dan tamu kehormatan sehari sebelum Hari Kemerdekaan.

 

baca juga:

17 Agustus

reqnews

Upacara yang paling khusyuk adalah pengibaran bendera di Istana Negara, di mana disiarkan langsung di televisi. Penuh kemegahan meski pada dasarnya dilakukan dengan cara yang sama setiap tahun, itu adalah tontonan penghormatan dan kehormatan terbesar untuk bendera dan negara ini.

Upacara dipimpin oleh presiden dan wakil presiden, serta dihadiri oleh kabinet, petinggi militer, anggota keluarga presiden saat ini dan sebelumnya, korps diplomatik dan tamu kehormatan. Siswa SMA dari seluruh Nusantara dipilih karena keterampilan berbaris mereka demi mempertunjukkan langkah dan putaran yang rumit untuk mengibarkan bendera.

Tidak lupa, anggota militer memakai seragam terbaik mereka berdiri di lapangan Istana Negara mengiring pengibaran bendera.

Sementara upacara khidmat sedang berlangsung di Istana Negara, lingkungan masyarakat umum bersiap untuk bersenang-senang dan mengadakan permainan bagi anak-anak. Lomba makan krupuk, menghias sepeda, permainan, balapan, dan banyak kesenangan lain guna mengisi hari.

Para wanita sibuk berlomba-lomba memasak untuk melihat siapa yang bisa membuat krupuk terbesar atau nasi tumpeng paling enak.

Salah satu permainan yang paling populer adalah panjat pinang. Batang pohon pinang didirikan di tempat umum dan dilumasi menggunakan campuran tanah liat dan minyak. Di bagian atas digantung berbagai hadiah seperti sepeda dan TV.

Siapa pun yang berhasil mencapai puncak memenangkan hadiah tersebut. Tak perlu dianya, banyak warga sama-sama berlomba memanjat satu sama lain serta berjuang untuk mencapai tujuan. Inilah waktu-waktu menyenangkan yang harusnya dimiliki oleh semua orang. Sayangnya, tidak terlaksana secara optimal karena pandemi.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.