Perkembangan Hasta Karya Perhiasan Kayu di India

 

Mulai dari membuat kertas hingga perhiasan terindah, kayu benar-benar merupakan produk alam yang serbaguna. Orang dapat melihat banyak desain ukiran indah yang dibuat dari kayu.

Perhiasan kayu elegan dan tidak konvensional telah menjadi aksesori yang sedang tren sejak lama.

Ringan, mudah digunakan, berlimpah sebagai bahan alami yang menjadikannya salah satu perhiasan paling dicari. Perhiasan kayu bernilai ekonomis dan dengan desain menarik, juga kini telah menjadi tren global.

 

Asal & Sejarah.

esamskriti

Warisan perhiasan kerja kayu di India cukup kaya. Di seluruh negeri, berbagai daerah dan suku tetap mempertahankan gaya perhiasan unik mereka hingga sekarang.

Suku Bastar dari Madhya Pradesh dikenal dengan ornamen tradisional mereka pada kayu dan logam lokal lainnya. Berbagai suku di Timur Laut juga memiliki versi khusus perhiasan kayu mereka sendiri.

Di Jammu dan Kashmir di sepanjang kerajinan paling populer kedua yang dilakukan di negara bagian ini setelah tenun karpet adalah pekerjaan kayu yang terbuat dari kayu Walnut.

Kotak, koper, dan furnitur dengan ukiran indah adalah kesenangan pecinta seni.

Para wanita Jalandhar, Kartarpur dan Hoshiarpur di India Utara, membuat pidhi atau kursi kayu atau bingkai yang diukir dari kayu.

Setelah itu, ditutupi dengan pernis dan desain yang indah, lalu ditenun menggunakan benang, baik tenunan benang goni atau benang kapas, dipelintir atau tidak. Desainnya geometris dan motifnya digabungkan dengan teknik tenun.

Di Hoshiarpur, pekerjaan tatahan kayu kerap dilakukan dengan memanfaatkan kayu shisham atau kayu hitam, baik sebagai kayu giling maupun dengan tatahan. Barang-barang yang dibuat adalah teko, kotak, nampan, kaki meja, kasa, mangkuk, dan papan catur.

Teknik perhiasan kayu melibatkan pengerjaan searah serat atau melintasinya, tetapi tidak pernah melawan serat karena akan menyebabkan retakan pada kayu.

Dengan menggunakan gouge (bilah melengkung yang memotong kayu), itu dapat dipotong lebih dekat ke ukuran yang diinginkan.

 

Perkembangan Masa Kini.

Kayu adalah bahan yang ideal untuk meningkatkan keindahan batu permata semi mulia seperti amber, coral, turquoise, citrine, quartz, green Kyanite, dan sebagainya.

Ada rangkaian perhiasan kayu yang elegan untuk memenuhi berbagai selera. Misalnya, manik-manik kayu dalam berbagai warna dengan liontin berukir rumit yang cocok dipakai bersama pakaian santai maupun semi-formal.

Perhiasan ukiran tangan yang disintesis dengan bahan organik seperti tulang, gading dan bambu benar-benar unik, juga menarik perhatian. Seperti semua fashion terbesar, perhiasan kayu melambangkan bentrokan desain yang kreatif.

Setiap perhiasan digergaji untuk dibentuk dan kemudian diukir satu per satu secara manual. Perhiasan kayu ternyata sangat ringan, sehingga beberapa desain yang lebih besar cocok untuk orang yang biasanya tidak menyukai perhiasan berat.

Seniman kayu secara harmonis menggabungkan berbagai jenis kayu eksotis untuk menciptakan anting-anting fashion asli dan yang merupakan perpaduan antara keanggunan serta desain modern.

Pengerjaan modern, elegan dan kontemporer membuat anting-anting buatan tangan benar-benar karya seni. Desain yang unik tentu memunculkan keindahan.

Berbagai potongan perhiasan imitasi diproduksi dan dirancang menggunakan kayu berkualitas tinggi. Perhiasan imitasi dari kayu tersedia dalam berbagai finishing.

Termasuk antik dan dihiasi dengan manik-manik, kaca potong, permata, serta batu semi mulia untuk tampilan yang khas.

 

baca juga:

6 Buku Fiksi Terbaik Berlatar Tokyo

 

Inovasi.

jagranjosh

Kayu ternyata memang telah digunakan sejak lama dalam berbagai keperluan. Awalnya hanya digunakan untuk membuat kertas. Secara bertahap mulai digunakan dalam perhiasan sekaligus pembuatan kotak perhiasan.

Inovasi dalam kotak itu berupa bentuk dan ukuran. Inovasi ini beralih ke jenis dekorasi yang dibuat pada kotak seperti lukisan, ukiran, warna, dan lain sebagainya.

Saat ini, kotak-kotak ini tersedia dalam berbagai warna sekaligus bentuk yang menampung berbagai perhiasan. Bahkan, ukuran kotak juga berbeda seiring waktu sehingga berguna untuk berbagai keperluan.

 

Personalisasi.

thehindu

Aksesori kayu dapat dipasangkan dengan pakaian tradisional seperti saree serta penampilan Indowestern. Dari anting-anting dan potongan leher hingga gelang serta cincin. Ada banyak aksesori kayu kitsch yang dapat Anda pilih untuk dipadukan dengan penampilan Anda.

Jadi, maukah Anda mempercantik penampilan dengan perhiasan kayu? Jika punya kesempatan berkunjung ke India, tidak ada salahnya berburu benda cantik ini!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.