Pagdi, Serban Pelengkap Pengantin Pria India

 

Sama seperti pengantin India tidak lengkap tanpa pakaian dan perhiasan tradisional, ansambel pengantin pria India tidak lengkap tanpa serban tradisional, juga dikenal sebagai pagdi atau safa.

Serban adalah tutup kepala menonjol yang memberi pengantin pria tampilan klasik dan telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya dan tradisi selama berabad-abad. Berbagai negara bagian India memiliki jenis pagdi bervariasi, mulai dari Topor di Benggala Barat hingga Pheta di Maharashtra.

Terlepas dari apa pun warna atau bentuknya, pagdi adalah fitur paling menonjol dari pakaian pengantin pria di India yang menambahkan unsur royalti ke dalam ansambel.

Ukuran Pagdi.

IndiaMART

Pagdi asli memanjang hingga 82 inci dan lebarnya sekitar 8 inci. Safa di sisi lain jauh lebih pendek tetapi lebih luas. Kain khas yang membentuk pagdi berkisar dari zari, chuneri, kain sutra atau ghar chola.

Gaya pagdi yang paling khas di Punjab adalah ‘gaya Bandhani’ di mana pagdi dihiasi dengan karya dubka dan manik-manik bersama dengan ‘Kalgi’ hias yang merupakan bros bertabur yang ditempelkan di sisi depan pagdi.

Ada berbagai pagdi lain yang dibuat dengan ekor panjang dan bentuk kecil seperti tanduk di bagian depan yang akan mengingatkan Anda pada ansambel kerajaan. Itu ditemukan di Rajasthan dan merupakan warisan kerajaan ibu kota, Jaipur.

Pagdi semacam itu terbuat dari cetakan Jaipur lokal atau kain Bandhani dan selanjutnya dihiasi dengan karya zari, permata, dan manik-manik. Ini adalah pagdi yang kemungkinan besar akan Anda temukan dalam pernikahan Rajasthani, menyerupai apa yang dipakai para Maharaja di masa lalu. Safa biasanya dipakai dalam pernikahan Rajasthani.

Asal.

ShaadiWish

Ini adalah bagian yang kaya dari warisan India dan telah dipakai sejak berabad-abad. Ini awalnya diikat secara manual, meskipun yang sudah jadi juga tersedia sekarang.

Setiap daerah memiliki pagdi tersendiri yang khas dengan budaya negaranya dan memiliki tampilan berbeda-beda. Pagdi dikaitkan dengan bangsawan, rasa hormat dan kehormatan.

Gaya & Pakaian.

anuradhaartjewellery

Pagdi diikat secara berbeda dan memiliki kombinasi warna yang berbeda pula di berbagai negara bagian. Misalnya, di Jodhpur, Rajput mengenakan pagdis yang lima warna berbeda disebut serban Panchrangi.

Di Benggala Barat, mempelai pria memakai atasan yang merupakan penutup kepala berbentuk kerucut. Itu terbuat dari sholapit dan berwarna putih gading. Topor biasanya diberikan oleh keluarga mempelai wanita dan konon membawa keberuntungan bagi mempelai pria.

Gaya lainnya termasuk yang ditemukan di Maharashtra, seperti pagdi Kolhapuri, Puneri Pheta dan Mawali Magadi. Gaya pagdi populer lainnya adalah pagdi Mahatma Phule yang mendapatkan namanya dari pembaharu Maharastrian. Namun, pagdi di Maharashtra umumnya dikenal sebagai Pheta. Gaya lain yang sangat berbeda adalah Mysore Peta yang dipakai di Kodagu dan Mysore.

Sang Pencipta Tren.

ytimg

Sebuah serban atau pagdi pada dasarnya adalah kebanggaan pengantin pria India dan ada banyak kepentingan yang melekat padanya karena pengantin pria seharusnya berdandan secara agung di hari pernikahannya.

Beberapa tahun lalu, elemen serban yang kaya dalam pernikahan perlahan memudar. Namun, berkat sinema Bollywood dan pernikahan dari orang-orang dengan profil tinggi, tren ini perlahan-lahan masuk kembali ke pernikahan India umum secara besar-besaran.

Pagdi paling populer yang pernah dikenakan oleh aktor Bollywood adalah pagdi penuh bunga yang dikenakan Abhishek Bachchan pada hari pernikahannya. Itu adalah pagdi tradisional bernuansa sempurna yang terbuat dari brokat putih dan emas berkilauan, dihiasi pula dengan sehara tebal seperti kanopi.

Sejak itu, tren tersebut secara cepat menjadi populer dan membuat comeback mereka dengan cara yang flamboyan.

baca juga:

8 Puisi Ikonik Tentang Selandia Baru

 

Aksesori.

weddingwire

Pagdi modern dibuat menggunakan cara yang telah disesuaikan, cocok dengan pakaian pengantin pria. Itu juga dihiasi oleh batu, karya zari, dan perhiasan lainnya untuk membuatnya menjadi karya yang menarik.

Aksesori paling menonjol guna meningkatkan tampilan pagdi adalah ‘sarpench’ yang merupakan bros hiasan, ini ditempelkan ke pagdi di dekat bagian tengah bersama dengan ‘morpankh’, bulu merak. Kedua elemen ini melengkapi tampilan pagdi pengantin pria.

Bagi masyarakat India khususnya laki-laki, pagdi tidak hanya sekadar hiasan kepala, tetapi memiliki filosofis mendalam tentang pernikahan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.