Misteri Pesona Lukisan Mona Lisa yang Legendaris

Lukisan Mona Lisa menjadi salah satu potret paling simbolis sepanjang sejarah seni rupa. Berada di Louvre, lukisan legendaris ini adalah karya Leonardo da Vinci pada abad ke-16.

Sebelum dipamerkan di Museum Louvre, Prancis, seperti saat ini, lukisan Mona Lisa masih berada di bawah kepemilikan istana Prancis.

Siapa sebenarnya Mona Lisa?

Banyak kalangan yang mengatakan bahwa lukisan Mona Lisa adalah karya yang dibawa oleh Leonardo da Vinci, atas undangan Raja Francois I, dari Prancis.

Namun, buku dan literatur sejarah menyebutkan bahwa wanita yang dilukis dalam karya tersebut adalah seorang kenalan Leonardo da Vinci yang tinggal di kastil Clos Lucé atau Manoir du Cloux, tidak jauh dari Loire Château of Amboise.

Selanjutnya, lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci tersebut disimpan sebagai koleksi kerajaan Prancis dan dipamerkan di Istana Versaillers ketika masa pemerintahan Raja Louis XIV.

Sejarawan hanya dapat memprediksi mungkin lukisan Mona Lisa berada di Museum Louvre sejak 1797.

 

Lukisan Mona Lisa menjadi daya tarik abadi.

dreamstime

Tidak hanya menampilkan senyuman wanita cantik yang penuh misteri. Lukisan Mona Lisa juga menyimpan rahasia teknik seni komposisi lukisan luar biasa. Mona Lisa menjadi salah satu karya yang paling banyak dipelajari dalam sejarah seni rupa dan mahasiswa seni.

Karya seni Mona Lisa seolah-olah menggambarkan efek 3 dimensi pada masa lalu, di mana masih belum ada komputer seperti saat ini. Lukisan Mona Lisa dibingkai dengan apik sebagai lukisan yang menciptakan efek optik dari arah mata seorang wanita muda yang tersenyum misterius.

Beberapa orang mengatakan kalau, seakan-akan kemanapun pemirsa bergerak, mata Mona Lisa akan selalu mengikuti dan mengawasinya.

Anekdot ini menunjukkan pengetahuan ilmiah dan teknik anatomi seorang Leonardo da Vinci yang sangat jenius dengan IQ 170. Mengenai senyum Mona Lisa yang terkenal, ketika Mona Lisa dilukis, Leonardo da Vinci sengaja meminta sekelompok musisi bermain musik agar menjaga suasan hati tetap gembira.

Selain itu, jika dilihat lebih detail, latar belakang Mona Lisa berdiri juga sangat menakjubkan. Dengan teknik sfumato yang dipakai agar menciptakan perspektif menyatu dengan lembut.

 

Dibalik legenda lukisan Mona Lisa.

law-justice

Tak diragukan lagi, siapa dan sejarah dibalik lukisan Mona Lisa begitu terkenal. Akan tetapi, banyak kalangan sejarawan yang menyatakan bahwa Mona Lisa adalah seorang wanita bangsawan dari Florence, Italia.

Mona Lisa adalah seorang janda yang sudah dua kali menikah. Pada sekitar 1495, wanita muda bernama Lisa menikah dengan pria bangsawan, Francesco del Giocondo.

Kisah inilah yang kemudian menginspirasi lukisan berukuran 30 inci x 21 inci itu. Teori lain yang berkembang di masyarakat, Mona Lisa adalah selir dari Giuliano de’ Medici. Yaitu, penguasa Republik Florence. Namun, yang pasti misteri itu tidak pernah terpecahkan sampai saat ini.

 

baca juga:

Sempit dan Licin, Ini Jalur Pendakian Paling Maut di Bumi

 

Potret Mona Lisa sempat dicuri.

jakpost

Mona Lisa sangat populer sebagai lukisan mengagumkan. Namun, siapa sangka, ternyata Mona Lisa pernah dicuri pada tahun 1911. Orang-orang ingin tahu, kenapa ada orang yang mau mencuri lukisan Mona Lisa? Siapakah pelakunya? Bagaimana caranya?

Ternyata, dari penyelidikan yang dilakukan polisi. Pelakunya adalah seorang berkebangsaan dari Negeri Pizza. Nasionalis dari Italia itu bernama Vincenzo Peruggia. Alasan ia melakukan pencurian itu adalah karena ia berniat mengembalikan karya lukisan Mona Lisa ke negara asalnya.

Mona Lisa dalam budaya populer.

tstatic.net

Pada tahun 1919, Marcel Duchamp menggunakan potret Mona Lisa sebagai karya seni versinya sendiri. Dia menulis huruf “LHOOQ” di bagian bawah, seperti “look” dalam bahasa Inggris. Tetapi ketika setiap huruf dibacakan dalam bahasa Prancis, kata itu akan membuat lelucon mesum.

Pada tahun 2003, novel Dan Brown terjual lebih dari 80 juta eksemplar dan memberikan dimensi baru pada Mona Lisa.

Lukisan Mona Lisa  dalam karya tulis tersebut menjadi fokus dari salah satu pemecahan misteri. Novel terkenal itu berjudul Da Vinci Code, sebuah buku novel terlaris bertema kejahatan internasional.

 

Di manakah lokasi Mona Lisa saat ini?

Seolah, Mona Lisa tak akan pernah dilupakan wisatawan yang berkunjung ke Paris. Hampir setiap tahun, ada jutaan pasang mata melihat lukisan fenomenal wanita tersenyum ini.

Tak heran bila, Mona Lisa menjadi ikon Museum Louvre dan wajib dilihat. Anda ingin tahu di mana Mona Lisa berada? Untuk melihatnya, pergilah ke Departemen Lukisan, sayap Denon, kamar nomor 6.

 

Bagaimana, tertarik mengunjungi Museum Louvre, Paris, untuk melihat secara langsung lukisan Mona Lisa?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.