Mengenal Ritual Pernikahan di Punjab dan Tripura

 

Budaya Punjab yang berakar secara etnis memukau bangsa melalui esensi tradisionalnya. Budaya ini menggemakan semangat Punjab dengan penuh warna serta mendefinisikan tanah budaya yang telah membaptis Punjab dengan jiwa etnisitas.

Adat dan tradisi yang diikuti di Punjab direndam dalam ramuan Budaya Punjabi yang kuat. Baik itu upacara keagamaan, acara ritual, perayaan tradisional dan, masih banyak lagi yang menambah daftar, negara bagian bernuansa semarak ini membuat seluruh bangsa berada di atas kekayaan akar Punjab.

Latar belakang.

Brian MacStay Photography

Punjab didefinisikan pada budaya terbaiknya, ketika datang ke perayaan dan upacara pernikahan. Negara ini selalu populer dengan tradisi juga budayanya yang hidup di mana berhasil mengikat orang dalam persaudaraan dan persatuan.

Makanan, ritual, pakaian, tarian, dan banyak aspek hiburan seperti itu diikuti dengan saksama di negara bagian ini, yang meningkatkan kehidupan bermasyarakat. Ritual pernikahan adat Punjab terbagi menjadi 3 kategori, yaitu pra pernikahan yang meliputi Takha, Rokha, Mangni, Sagai, Sangeet, dan Mehendi, yang merupakan pernikahan utama.

Beberapa aspek lain dari pernikahan Punjabi termasuk pheres dan kanyadaan. Tapi kesenangan tidak berhenti di situ, dan pernikahan khas Punjabi berakhir dengan resepsi besar serta vidaai yang penuh air mata, di mana pengantin wanita dikirim ke rumah barunya.

Gaya dan Pakaian.

thehindu

Pakaian hari pernikahan dimulai dengan mengenakan 21 gelang berwarna gading dan merah, yang dianggap sebagai nomor simbolis serta ritual di setiap bagian lengan.

Ditenun secara tradisional, disulam secara etnik dan dibrokat dengan benang satin emas, perak, payet, batu, juga karya Zari yang berat.

Berbagai lehenga cholis dan setelan salwar terlihat dalam warna hijau atau merah yang cerah, dikenakan oleh pengantin wanita pada hari pernikahan.

Selain busana, maang tika, churas, gelang berat, gelang kaki, dan odhna’ berwarna merah emas menjadi pelengkap yang digunakan untuk mengagungkan penampilan secara keseluruhan. Pengantin pria berpakaian Sherwanis dan setelan sutra formal, yang dibrokat dengan karya zari halus dengan motif tradisional.

Selain pakaian, pengantin pria juga mengenakan serban yang dirancang dengan indah, di mana bagian tengahnya bertatahkan batu mulia. Perhiasan emas tebal serta riasan menonjol adalah sorotan utama dari pernikahan Punjabi yang megah.

Kondisi Hari Ini.

thebetterindia

Zaman yang terus maju saat ini telah memperkenalkan transformasi dan kreativitas inovatif di bidang gaya, mode, juga budaya secara keseluruhan.

Meskipun cara-cara tradisional di mana pernikahan dirayakan sebagian besar masih sama. Tetapi banyak fleksibilitas telah masuk ke dalam dunia tradisi, yang telah memotong tradisi dan kebiasaan sebelumnya.

Misalnya, saat ini pengantin memutuskan jumlah gelang tradisional yang akan dikenakan pada hari pernikahan, jadi itu sepenuhnya kebijaksanaannya.

Cholis yang dikenakan oleh pengantin wanita datang dalam gaya dan desain berbeda dan itu juga memanfaatkan kain berbeda.

Untuk riasan, pengantin wanita sudah mulai mengikuti tata rias minimalis, mereka tidak berlebihan pada mata atau bibir.

Sejumlah kehalusan tertentu telah muncul dalam pernikahan Punjabi. Tetapi inti dasar dari ritual dan gaya keseluruhan tetap mewah, yang artinya tidak kurang dari luar biasa.

baca juga:

6 Hotel Top di Ukraina yang Sulit untuk Anda Tinggalkan

 

Spesifikasi Ritual Pernikahan Punjabi.

shadikiwebsite

Dimulai dari, Roka berasal dari kata Rokna. Secara tidak langsung menyiratkan bahwa sekarang kedua mempelai dapat berhenti mencari calon mempelai lain dan mereka tetap dalam aliansi.

Keluarga kedua mempelai saling berkunjung ke rumah masing-masing untuk kemudian bertukar manisan, buah-buahan kering, makanan gurih dan lain-lain.

Dilanjutkan dengan Thaka, ini adalah upacara di mana pasangan dibuat untuk duduk bersama dan dihujani hadiah atau shagun, juga dianggap sebagai pertunangan resmi.

Setelah itu, anggota keluarga pengantin pria mengunjungi rumah pengantin wanita sambil membawa seserahan.

Seperti perhiasan, hadiah, permen dan pakaian berwarna merah seperti saree atau lehenga-choli. bersama dengan chunni atau chunri merah. Chunni lalu ditempatkan di atas kepala pengantin wanita, upacara ini disebut chunni chadana.

Ada pula, sagai, di mana pada sebagian besar keluarga Punjabi, upacara ini berlangsung di hari yang sama dengan chunni chadana.

Beberapa keluarga menyukainya menjadi urusan pribadi dan intim, sementara yang lain mengundang banyak tamu, lalu merayakannya dengan rumit. Pasangan bertukar cincin sebagai bagian dari upacara dan hadiah diberikan kepada pengantin.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.