Mengenal Budaya Meksiko Lewat Film

 

Meksiko adalah rumah bagi industri film yang dinamis dan juga telah mengilhami beberapa produksi Hollywood terkenal.

Tentu saja, ini tidak mengherankan mengingat warisan budaya dan sejarah negara ini sungguh menakjubkan.

Dari animasi Disney-Pixar hingga film thriller Mexico City, berikut adalah delapan film terbaik untuk membuat Anda benar-benar merasakan suasana Meksiko.

 

  1. Coco.

tirto.id

 

Tim di balik animasi Disney-Pixar Coco berusaha keras untuk memastikan film tersebut memiliki nuansa autentik.

Menghabiskan waktu berbulan-bulan guna meneliti berbagai lokasi di sekitar Meksiko.

Produk jadinya adalah semacam surat cinta untuk Meksiko yang merayakan musik, budaya, dan banyak tradisi uniknya.

Bertempat di kota kecil Meksiko, film ini menceritakan kisah Miguel, seorang anak lelaki yang bertekad untuk mengikuti jejak pahlawan musiknya Ernesto De La Cruz.

Ketika dia melakukan perjalanan ke Negeri Orang Mati, Miguel menemukan kegembiraan musik dan kegembiraan yang lebih besar dari cinta serta dukungan keluarga.

 

  1. The Book of Life.

Animasi lain yang mengeksplorasi perayaan tahunan Meksiko untuk Hari Orang Mati.

The Book of Life diproduksi oleh sutradara legendaris Meksiko Guillermo del Toro. Animasi ini berpusat pada seorang matador muda bernama Manolo yang memulai petualangan ke alam baka untuk mencari María yang dicintainya.

Film inovatif ini dinominasikan untuk Best Animated Feature di Golden Globe Awards 2014.

 

  1. Frida.

twimg

 

Film Hollywood lain yang berhubungan dengan subjek Meksiko, Frida menceritakan kisah hidup seniman flamboyan Meksiko Frida Kahlo.

Terkenal karena potretnya yang intim dan kuat, film ini menelusuri banyak rintangan besar yang dihadapi artis dalam hidupnya.

Itu termasuk kecelakaan bus yang mengancam jiwanya pada usia 18 tahun, dan hubungannya yang menggelora dengan muralis terkenal Diego Rivera.

Bintang Meksiko Salma Hayek menawarkan penampilan luar biasa dalam peran utama dan menerima nominasi Academy Award atas kesuksesannya.

 

Baca juga:

Pilihan Akomodasi Terbaik Liburan di Magnetic Island, Australia

 

  1. The Night of the Iguana.

puertovallarta

Berceerita tentang perkembangan Puerto Vallarta, di mana dulunya merupakan desa nelayan yang sepi. The Night of the Iguana menempatkan kota ini di peta dan sejak saat itu telah menarik banyak wisatawan.

Disutradarai oleh John Huston, film ini dibintangi oleh Richard Burton, yang menyebabkan drama di belakang layar ketika dia membawa kekasihnya Elizabeth Taylor ke lokasi syuting.

 

  1. Eisenstein in Guanajuato.

puertovallarta

Film 2016 ini menceritakan kisah Sergei Eisenstein, pembuat film legendaris Rusia yang mencoba, dan gagal, membuat film tentang Meksiko. Aktor Finlandia Elmer Bäck berperan sebagai sutradara eksentrik yang jatuh cinta dengan Meksiko.

Film penuh warna dan flamboyan ini adalah pengantar paling sempurna untuk Guanajuato, kota Meksiko bernuansa elegan di mana terkenal akan museumnya yang memamerkan tubuh mumi secara tidak sengaja.

 

  1. Amores Perros.

streamondemandathome

Klasik modern ini secara luas dianggap telah memulai “Golden Age” baru di bioskop Meksiko. Dibintangi oleh Gael García Bernal, film ini berpusat pada kecelakaan mobil di Mexico City yang menyatukan tiga orang yang sangat berbeda sekaligus menceritakan kisah mereka masing-masing.

Penggambaran Mexico City modern adalah berpasir tapi realistis dan pertempuran udara mengerikan yang menekankan narasi utama adalah metafora paling kuat untuk sifat ‘dog-eat-dog’ dari kehidupan perkotaan modern.

 

  1. Y Tu Mamá También (And Your Mother Too).

denofgeek

Gael García Bernal menindaklanjuti kesuksesan Amores Perros dengan membintangi bersama Y Tu Mamá También (And Your Mother Too), bersama sahabatnya Diego Luna.

Karakter utama memulai perjalanan ke pantai terpencil dengan Luisa, seorang wanita Spanyol yang lebih tua.

Bahasa, seks, dan humor eksplisit seharusnya tidak mengaburkan latar belakang film yang lebih serius, di mana berpusat pada ketidaksetaraan yang tajam dan korupsi politik di Meksiko.

 

  1. Gimme the Power.

uniondocs

Rockumentary 2012 ini menceritakan kisah grup musik Mexico City Molotov, dan formasi mereka dengan latar belakang banyak mengangkat gerakan protes sosial Meksiko.

Faktanya, Gimme the Power menceritakan tentang sejarah Meksiko baru-baru ini seperti halnya tentang band, yang bahkan tidak disebutkan sampai menit ke-34. Pengantar yang bagus untuk masalah sosial dan politik utama di negara ini.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.