Semarak Kembang Api, 6 Perayaan Malam Tahun Baru di Indonesia

Sekalipun sebagian besar hotel, resort dan club menyelenggarakan acara akhir tahun, namun tidak ada salahnya berbaur dengan penduduk setempat.

Kebanyakan dari warga Indonesia merayakan Malam Tahun Baru bersama keluarga di rumah atau bergabung dengan perayaan lokal yang diadakan di masing-masing kota asal.

Setiap kota memiliki keunikan tersendiri dalam merayakan Tahun Baru, dan Anda tak perlu ragu untuk bergabung. Semakin rame, semakin meriah, benar kan?

 

1. Jakarta – Pesta Kembang Api Besar di Ancol

tempo

Perayaan pesta kembang api biasanya dilaksanakan di sekitar kawasan Pantai Marina, Ancol. Pemprov juga menyelenggarakan di sepanjang Jalan Sudirman – Thamrin.

Banyak acara yang dilaksanakan. Seperti pernikahan massal, bazar UKM dan live music. Selanjutnya, perayaan Tahun Baru dimeriahkan dengan pertunjukan musik dari musisi papan atas Indonesia di Ancol. Ada 3 lokasi yang bisa dipilih, yaotu Mermaid Resort, Carnival Beach, dan Beach Pool. Pesta kembang api ini akan berlangsung sekitar 15 menit dengan pemandangan menakjubkan.

 

2. Dieng – Festival Lampion di Bukit Sikunir

googleapis

Festival lampion sudah sangat populer untuk memeriahkan pergantian tahun. Lokasinya ada di Bukit Sikunir, Dieng, Jawa Tengah. Bahkan ada tur 2D1N untuk para wisatawan.

Pertama, pengunjung akan diajak mendaki ke puncak bukit Sikunir untuk memandangi panorama kota yang indah dengan lampu-lampu berpendar di malam Tahun Baru.

Puncaknya, sekitar 1000 lampion akan dilepas ke angkasa. Pemandangan lampion yang menyala keemasan membuat langit yang gelap menjadi penuh cahaya.

 

3. Surakarta – Car Free Night

indonesiaexpat

Bukan hal yang aneh jika malam tahun baru, lalu lintas akan macet. Pemerintah Solo atau Surakarta, mengadakan Car Free Night. Perayaan Tahun Baru juga disebut Car Free Night sebagai permulaan malam tahun baru yang bagus. Ruas Jalan Slamet Riyadi dari Purwosari ke Gladag akan ditutup total. Sehingga, seluruh warga bisa menikmati pergantian malam tahun baru dengan lebih leluasa tanpa terganggu kemacetan lalu lintas.

Pertunjukan dimulai dengan berbagai acara seni tradisional. Tidak hanya itu, rangkaian acara musik seperti jazz, keroncong, perkusi, wayang, hingga musik religi turut digelar.

 

baca juga:

Festival Bunga Tomohon, Indahnya Parade Bunga Internasional

 

4. Yogyakarta dan Magelang – Perayaan NYE di Malioboro dan Borobudur

yogya-backpacker.com

Malam tahun baru di Yogyakarta, biasanya warga akan tumpah ruah di Alun-aun Utara Keraton Yogyakarta untuk menghitung mundur pergantian tahun baru.

Setelah itu, pemandangan spektakuler pertunjukan kembang api akan menerangi langit Yogya. Sepanjang perjalanan menuju Alun-alun Utara, Anda akan tiba di Jalan Malioboro yang legendaris. Di mana, banyak seniman jalanan yang menyuguhkan pertunjukan tradisional, seperti wayang kulit.

 

5. Bali – Festival Denpasar

InfoPublik

Festival Denpasar dirayakan sejak 2008 untuk menyambut Tahun Baru. Meski, kebanyakan orang merayakan pada 31 Desember, di Bali, justru diadakan lebih awal pada 28 Desember.

Perayaan biasanya diadakan di area Patung Catur Jalan Gajah Mada di Denpasar. Festival ini terdiri dari berbagai pameran, seminar, talk show, hiburan seni dan budaya, yang bertujuan untuk memungkinkan wisatawan di seluruh dunia merasakan keragaman dan kekayaan budaya kota pantai Denpasar.

Untuk pecinta kuliner, jangan lewatkan Festival Kuliner di mana Anda dapat menemukan banyak koleksi makanan laut segar dan makanan lokal seperti Lak-Lak Bali, Lawar, Nasi Campur Bali, dan bahkan makanan kontemporer seperti gelatos dan kue kering.

 

6. Toraja – Lovely Desember Toraja

production

Lovely Toraja atau Lovely Desember, adalah acara yang harus dilihat yang dimulai pada tanggal 1 Desember dan berlangsung sepanjang bulan Desember hingga Hari Tahun Baru.

Banyak sekali kegiatan dan festival yang dikemas dalam acara akbar ini, seperti Getaran Sukma Suci, Festival Kopi, Festival Kuliner dan berbagai acara Natal.

Pada Malam Tahun Baru, Lovely Toraja akan menggelar Pertunjukan Seni Rakyat, Ma Barattung, dan Pesta Kembang Api. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan Toraja sebagai Bali Baru kepada wisatawan dengan memperkenalkan mereka pada budaya, seni, dan masakan Toraja yang kaya.

Acara yang masuk dalam daftar ‘100 acara terbaik versi Kementerian Pariwisata ini wajib Anda kunjungi, ya.

 

Yuk, kemasi ransel atau koper Anda sekarang untuk merasakan pengalaman kemeriahan malam tahun baru dan budaya Indonesia otentik yang tiada duanya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.