Loy Krathong, Festival khas Thailand Bulan November

Jika Anda menyambangi Thailand di momen November, maka akan mendapati sebuah festival fantastis yang tidak boleh dilewatkan, itulah Loy Krathong.

Disebut pula dengan istilah Festival Cahaya Thailand, Loy Krathong termasuk salah satu perayaan paling memesona dan paling terkenal kedua setelah acara Tahun Baru Songkran.

Festival ini diselenggarakan setiap tahun di seluruh negeri, bahkan meliputi bagian dari Laos dan Myanmar persisnya di Negara Bagian Shan, di mana itu dikenal sebagai Tazaungdaing.

 

Filosofi Pelaksanaan Loy Krathong.

traveltoogle

Krathong diadopsi dari istilah Thailand, ini merujuk pada sepotong batang pisang yang berharga disertai bunga, daun pisang, dupa, juga lilin. Sementara itu, kata Loy maknanya penting dalam bahasa yang sama.

Kemudian jika disatukan, kedua istilah itu dapat dimaknai sebagai festival batang pisang yang terapung. Hanya saja, krathong modern mayoritas terbuat dari roti atau styrofoam.

Namun demikian, krathong styrofoam barangkali tidak diperbolehkan lagi karena sulit terurai. Dengan kata lain, roti krathong lebih ramah lingkungan karena dapat terurai secara hayati dan, dalam banyak kasus, itu bisa dikonsumsi oleh ikan.

Lebih jauh, ada banyak versi cerita tentang bagaimana festival ini bermula. Salah satu versi populer yaitu bahwa orang Thailand telah lama terlibat erat dengan sungai selama berabad-abad mengingat termasuk wilayah agraris. Ini menunjukkan betapa kedudukan sungai seperti pembuluh darah pada tubuh manusia.

Dalam rangka menghormati Pra Mae Khongkha selaku dewi penjaga sungai, orang Thailand lalu memutuskan membuat Krathong untuk disembah sekaligus meminta pengampunan.

Seiring berjalannya waktu, itu kini dilihat sebagai momentum pengucapan selamat tinggal pada kemalangan, menghapus dosa tahun lalu, juga membuat harapan demi kebaikan di tahun-tahun mendatang.

 

Kapan Festival Dilaksanakan.

bangkokpost

Festival Loy Krathong biasanya diagendakan di malam bulan purnama ke-12 berdasarkan kalender lunar milik Thailand.

Sering kali itu jatuh pada bulan November jika dikonversi ke dalam kalender Masehi. Atas dasar ini, tanggal Loy Krathong tidak memiliki ketentuan pasti. Bisa saja berubah setiap tahunnya mengikuti munculnya bulan purnama.

 

baca juga:

Tuban, Kota Tua dengan Lanskap yang Indah

 

Lokasi Perayaan Loy Krathong.

fodors

Loy Krathong sesungguhnya dilaksanakan di seluruh penjuru negeri, tetapi berikut ini termasuk tempat-tempat paling populer:

  • Chiang Mai.

Chiang Mai adalah lokasi Loy Krathong bertemu Yi Peng, festival lentera yang dirayakan secara bersamaan. Menempati posisi sebagai kota paling besar di Thailand utara, Chai Mai lebih dikenal karena keberadaan lampion terbangnya daripada persembahan terapungnya.

Orang-orang yang datang ke Chiang Mai selama masa perayaan festival juga dapat menikmati sejumlah parade kota yang paling luar biasa. Itu mencakup pertunjukan kembang api serta penyelenggaraan seni tradisional di pusat keramaian.

  • Sukhothai.

Sukhothai merupakan titik mula kemunculan Loy Krathong, jadi tidak heran jika dikatakan bahwa inilah tempat terbaik untuk menikmati festivalnya, bukan?

Festival di Sukhothai diselenggarakan selama lima hari, di mana Sukhothai Historical Park merupakan pusatnya. Bukan hanya acara lampion apung, di sini, Anda bisa mengikuti  parade, kontes kecantikan, menonton penampilan musik rakyat, serta pertunjukan cahaya dan paduan suara yang menawan.

  • Bangkok.

Tidak hanya Sukhothai dan Chiang Mai, sejauh ini Bangkok juga merupakan tujuan wisata Loy Krathong yang sempurna. Kota itu mempunyai banyak kolam dan saluran air di area taman umum tempat teman, keluarga, dan pasangan kekasih bertemu.

Para pasangan sering kali memilih menyaksikan rute yang dilalui Loy Krathong sebagai manifestasi cara untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa mendatang. Wat Arun dan Wat Yannawa termasuk pilihan baik jika Anda tertarik meluncurkan krathong di antara aliran Sungai Chao Phraya.

  • Phuket.

Phuket merupakan lokasi yang tepat kerap dikunjungi para pelancong saat hendak merasakan keindahan Festival Loy Krathong di bulan November. Di sini, perayaan Loy Krathong relatif jauh lebih santai bila dibandingkan dengan wilayah lainnya.

Festival itu dirayakan di seluruh saluran air dan pantai termasuk di antaranya Pantai Patong dan Pantai Nai Harn. Jika Anda mencari pengalaman dengan nuansa cenderung lebih lokal, coba ambil perjalanan menuju ke Pantai Karon, Pantai Kata, Taman Saphan Hin, atau Taman Suan Luang.

 

Di sanalah sebagian besar warga lokal Thailand berkumpul dalam rangka melepaskan krathong mereka serta merayakannya secara hikmat.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.