Euforia Hari Kemerdekaan di Pulau Dewata

 

Bali adalah salah satu pulau paling populer di Indonesia. Pulau ini adalah rumah bagi budaya kuno yang dikenal dengan keramahan serta kehangatannya.

Selama bertahun-tahun, keanggunan serta pesona Bali dan masyarakatnya telah membuat pulau kecil Indonesia ini mendapat banyak pujian sekaligus julukan penghormatan seperti Pulau Dewata, Surga Terakhir, Negeri Seribu Pura, dan Pagi Dunia.

Pemandangan perbukitan, pegunungan yang bervariasi, garis pantai terjal, pantai berpasir, sawah subur, serta lereng bukit vulkanik tandus, di mana semuanya memberikan latar belakang indah untuk mendukung budayanya yang penuh warna. Kesan pulau ini sangat spiritual dan unik, mempertaruhkan klaim serius sebagai surga di bumi.

Atraksi utama rayakan agustusan di Bali.

Hari Kemerdekaan Indonesia dirayakan pada tingkat yang lebih rendah di Bali daripada di seluruh Indonesia, tetapi terutama di kota-kota besar Anda memiliki kesempatan yang baik untuk mengalami perayaan.

Berselancar dan menyelam kelas dunia, sejumlah besar budaya, sejarah, serta istana dengan latar belakang alam yang menakjubkan adalah beberapa atraksi utama di mana berhasil menempatkan Bali sebagai tujuan wisata internasional.

Bali memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada pasar pengunjung yang sangat luas, mulai dari back-packer muda hingga wisatawan super kaya.

Resor pantai yang menakjubkan dan resor mewah di salah satu daerah terkenal di Bali. Ini termasuk Kuta, Jimbaran, Seminyak, Tanjung Benoa, Candidasa, Lovina, Sanur dan Nusa Dua di mana sebagian besar hotel dan vila besar berada tepat di dekat pantai.

Bali juga menawarkan banyak hal untuk para pencari petualangan. Dari arung jeram, menyelam, mendaki gunung berapi, trekking di hutan, olahraga air, bersepeda, dan masih banyak lagi.

Sejalan dengan keindahannya tersebut Bali pun ternyata punya cara sendiri saat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia. Meski tidak semeriah provinsi lain di negara ini, tetapi cukup menjadi perhatian.

 

Mengingat patriot bangsa.

Pada dasarnya, Hari Kemerdekaan Indonesia dirayakan pada tanggal 17 Agustus. Hari ketika Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dari penguasa Belanda dan Jepang. Momen ini bisa dibilang sebagai ajang mengingat perjuangan para patriot memerdekakan bangsa yang kala itu terjajah.

Biasanya, masyarakat akan menghiasi rumah dan jalan-jalan protokol dengan ornamen merah putih yang mewakili warna bendera Indonesia. Orang Indonesia memang memiliki berbagai cara untuk merayakannya, baik secara formal maupun informal.

Secara formal, masyarakat biasanya merayakan Hari Kemerdekaan dengan melakukan upacara bendera di sekolah dan kantor. Siswa berkumpul di lapangan dengan mengenakan seragam, menyanyikan lagu kebangsaan, mendoakan para pahlawan nasional yang telah meninggal serta membaca kembali teks proklamasi.

Kegiatan tersebut di atas dilakukan pula di kantor-kantor, baik milik pemerintah maupun swasta di mana para pekerja berkumpul untuk upacara bendera di depan instansi mereka. Kegiatan ini merupakan bentuk penghargaan para pahlawan yang telah bersusah payah meraih kemerdekaan.

Setelah upacara bendera, perayaan yang lebih informal dimulai dengan berbagai macam perlombaan. Lomba-lombanya antara lain makan kerupuk, memanjat pohon pinang yang diolesi minyak, balap karung, dan masih banyak lagi permainan bernuansa euforia lainnya.

Tidak hanya menghibur, semua permainan sesungguhnya memiliki nilai simbolis dan berfungsi sebagai pengingat masa sebelum Indonesia merdeka. Misalnya, makan kerupuk adalah pengingat bagaimana orang hidup dalam kemiskinan selama penjajahan.

Memanjat pohon pinang melambangkan upaya yang diperlukan untuk mendapatkan kemerdekaan. Kompetisi diikuti oleh orang-orang dari segala usia, jenis kelamin, dan profesi. Tua dan muda, pria dan wanita, mahasiswa dan pekerja, orang kaya dan rakyat jelata semuanya bergabung.

 

baca juga:

Menakjubkan, 4 Wisata Alami Banyuwangi yang Mendunia

 

Dekorasi merah putih di perumahan warga.

Di Bali, perayaan Hari Kemerdekaan tidak seheboh di provinsi-provinsi lain di Indonesia. Orang Bali biasanya menghiasi rumah mereka dengan dekorasi merah putih dan memasang bendera di depan rumah.

Di samping itu, anak-anak sekolah dan pekerja menghadiri upacara bendera. Namun, tidak seperti kebanyakan kompetisi di Indonesia yang hanya ada di beberapa daerah, terutama di kota-kota besar.

Beberapa anak muda Bali merayakan Hari Kemerdekaan dengan konser atau tindakan filantropi seperti mengunjungi panti asuhan, rumah lansia atau dengan mendonorkan darah. Sungguh tindakan yang tidak kalah bermanfaat, bukan?

Bali memang memesona, termasuk dalam hal perayaan kemerdekaan. Hanya saja, pulau ini mengalami penurunan pengunjung selama dua tahun terakhir akibat pandemi.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.