Diksi dalam Bahasa Arab yang Bisa Membuat Anda Jatuh Cinta

 

Bahasa Alquran kuno yang berasal dari Jazirah Arab telah membentuk peradaban tak terhapuskan di Timur Tengah dan Afrika.

Sekarang ini bahasa Arab adalah bahasa kelima yang paling banyak digunakan di dunia hingga mencapai lebih dari 400 juta orang.

Mulai dari sastra, puisi,  seni, musik, film, dan kehidupan sehari-hari. Berikut sederet kosa kata yang bisa membuat Anda jatuh cinta.

 

  1. Nur (Light)

Nur berarti cahaya, merupakan nama uniseks yang umum. Ini dapat diturunkan dalam beberapa cara untuk memuji seseorang atau membuat nama majemuk yang terkait dengan agama. Sebagai contoh, Nur Allah (cahaya Allah) atau Nur al-Din (cahaya agama).

 

  1. Ishq (Passion)

Istilah ‘ishq’ mengacu pada tingkat cinta yang penuh gairah dan tak tertahankan. Ini berasal dari akar kata kerja ‘asaq’, yang berarti melekat atau mendalam. Kata tersebut juga terhubung dengan istilah ‘asaqah’, yang berarti ivy.

 

  1. Oum (Mother)

Ibu adalah tokoh kunci dalam budaya Arab, jadi kata ini memiliki konotasi penghormatan dan kekaguman yang tinggi. Istilah itu juga bisa ditambahkan di akhir kata lain yang berarti ibu dari seseorang atau fondasi untuk sesuatu.

 

  1. Habibi/ti (My Love)

Cara pengucapannya yaitu ‘ha-beeb-i/ti’. ‘Habibi’ (‘habibti’ untuk anak perempuan) berasal dari kata ‘hubb’, yang berarti cinta. Secara harfiah diterjemahkan menjadi ‘cintaku’, dan dapat digunakan dalam konteks formal dan informal. Sering kali disertakan dalam lagu atau saat mengacu pada pasangan.

 

  1. Quwa (Power)

Cara pengucapannya yaitu ‘qu-wa’. ‘Quwa’ adalah kata Arab umum yang digunakan untuk mengekspresikan kekuatan atau kekuasaan. Anda dapat menggunakannya untuk menggambarkan kekuatan seseorang secara fisik atau mental. Dalam Islam, dipahami bahwa tidak ada yang lebih kuat dari Tuhan.

 

baca juga:

Lezat dan Banyak Dihidangkan Restoran, 7 Menu Vegetarian khas Indonesia

 

  1. Qamar (Moon)

‘Qamar’, yang berarti bulan, sangat penting bagi Islam. Kata Qamar mengacu pada salah satu surah Alquran tentang Hari Penghakiman dan juga berkaitan dengan kalender Islam, yang berbasis bulan. Anda juga bisa mengatakan ‘ya qamar’ untuk menyebut seseorang sebagai bulan Anda. Cara pengucapannya persis seperti ‘qa-mar’.

 

  1. Qalb (Heart)

Saat menyebut seseorang sebagai ‘qalb’, yang berarti hati, Anda sedang meningkatkan arti pentingnya bagi hidup Anda. Istilah ini menekankan suara ‘q’ yang keras dan jangan disamakan dengan istilah ‘kalb’, yang berarti anjing. Jadi, Anda harus berhati-hati saat mengucapkan kata ‘qalb’ dan ‘kalb’. Jangan sampai salah pelafalan ‘q’ dan ‘k’.

 

  1. Shams (Sun)

‘Shams’, yang berarti matahari, telah digunakan pada berbagai konteks dalam bahasa Arab. Ini adalah nama umum untuk tempat-tempat karena keterkaitannya dengan kecerahan dan pancaran matahari. Ini juga telah digunakan untuk menggambarkan musisi, tempat, dan konsep agama atau dewa.

 

  1. Salam (Peace)

Cara pelafalannya yaitu ‘sa-laam’. ‘Salam’ adalah salah satu istilah paling sederhana namun paling kuat dalam bahasa Arab. Artinya ‘damai’, dan dapat digunakan untuk menyapa orang asing di jalan guna menyampaikan rasa hormat dan niat baik. Ini juga dapat digunakan di akhir percakapan untuk mendoakan seseorang agar senantiasa sehat dan sejahtera.

 

  1. Saha (Health)

Cara pelafalannya yaitu ‘sa-ha’. Kata ‘saha’ diucapkan saat ingin mendoakan kesehatan atau berkah yang baik. Turunan umum dari kata ‘sahtayn’ selalu dilafalkan sebelum memulai makan. Responnya, ‘ala qalbak’ berarti ‘ke hatimu’.

 

  1. Helm (Dream)

Cara pelafalannya yaitu ‘he-lm’. ‘Helm’ adalah kata tunggal untuk mimpi. istilah jamaknya adalah ‘ahlam’. Anda bisa mengucapkan selamat malam kepada seseorang dengan mengucapkan ‘ahlam saeeda’, yang artinya Anda berharap orang tersebut memiliki mimpi indah.

Demikianlah bahasa Arab ternyata menyimpan diksi-diksi indah penuh makna. Bagi seorang muslim, mempelajari bahasa Arab sama artinya dengan berusaha memahami Alquran. Dimana dalam banyak ayat, Allah menyiratkan keunggulannya dibandingkan bahasa yang lain. Diantaranya menjadi bahasa generasi terbaik setelah para sahabat.

Di era modern seperti sekarang, sudah tersedia berbagai media untuk belajar secara gratis. Baik kursus lewat lembaga kredibel ditemani guru, membaca literatur yang tersebar di internet, maupun autodidak menonton video streaming. Bagaimanapun juga, bahasa Arab termasuk syarat mendasar mendalami Islam.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.