Selain Wisata, 7 Hal Unik Bali yang Bisa Dilakukan

 

Dijuluki Pulau Dewata, Bali adalah salah satu tujuan wisata top dunia. Namun, ternyata pulau memesona di Indonesia ini masih menawarkan banyak kegiatan yang tidak biasa.

Dari pasar yang ramai dan festival layang-layang hingga pendakian jarak jauh dan proyek komunitas, berikut adalah beberapa kegiatan di luar wisata di Bali.

 

  1. Kunjungi pasar lokal di pagi hari.

idntimes

Pasar di Bali biasanya merupakan tempat yang bagus untuk membeli suvenir murah seperti syal, gaun, dan aksesori. Namun, sebagian besar penduduk setempat menghadiri pasar ini di pagi hari.

Petani membawa produk segar mereka ke kota dan mendirikan kios sekitar pukul 3 sampai 4 pagi. Untuk mendapatkan barang terbaik, pengunjung harus pergi ke pasar sekitar jam 5 pagi. Anda akan terpesona oleh aroma, suara, warna, dan ritme kehidupan lokal.

 

  1. Bergabunglah dengan agenda pembersihan pantai.

shopify

Segera setelah tiba di pulau itu, Anda mungkin memperhatikan bahwa meskipun infrastruktur Bali berkembang dengan baik, pulau ini memiliki masalah pengelolaan sampah yang parah.

Ingatlah untuk membatasi penggunaan barang-barang plastik dan membawa botol air sendiri yang dapat diisi ulang di berbagai stasiun.

Jangan meminta kantong plastik di supermarket dan perhatikan apa yang Anda konsumsi.

Beberapa organisasi di pulau itu mencoba untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah ini dan mengambil tindakan. Mereka mengatur pembersihan mingguan, bulanan dan tahunan. Anda bisa bergabung di dalamnya.

 

  1. Pergi ke festival layang-layang.

balilostadventure

 

Dari Mei hingga Agustus, angin di Bali sangat ideal untuk menerbangkan layang-layang. Penduduk setempat melukis langit Bali dengan layangan yang berwarna-warni ini.

Festival Layang-Layang Bali diadakan pada bulan Juli, perayaan tahunan layang-layang tradisional Bali.

Pastikan Anda merencanakan perjalanan ke Pulau Dewata pada tanggal tersebut. Acara ini mengundang klub layang-layang dari desa-desa setempat demi menampilkan kreasi unik mereka, memadukan desain tradisional serta kontemporer.

 

  1. Duduk di warung lokal dan makan dengan tangan Anda.

ABC

 

Ubud menawarkan berbagai pilihan makanan, dengan restoran dan kafe yang menyajikan masakan dari seluruh dunia.

Namun, untuk merasakan cita rasa makanan lokal yang sesungguhnya, turunlah dari jalan utama, carilah gang-gang kecil dan mampirlah ke warung lokal, atau restoran kecil yang dikelola keluarga.

Mereka biasanya mengkhususkan diri hanya pada beberapa hidangan seperti bakso, mie, serta nasi lawar. Nasi lawar yaitu nasi dengan nangka cincang, kelapa, rempah-rempah lokal, serta darah babi.

Ada juga nasi campur, yaitu hidangan nasi campur dengan ayam, sayuran, telur dan tempe. Selera Anda akan sangat terpuaskan selama di sini.

 

baca juga:

3 Hutan Pinus Terindah di Indonesia, Layak Pamer ke Feed Instagram

 

  1. Mendaki Gunung Catur.

coconuts

 

Menjulang di atas Danau Beratan, danau terbesar kedua di Bali, Gunung Catur adalah salah satu puncak gunung berapi di Bali, tertinggi keempat, pada ketinggian 2.096 mdpl.

Perjalanan menuju puncak dimulai dari gua Gua Jepang, yang dibangun oleh para tahanan PD II, dan memakan waktu sekitar tiga jam.

Jalannya relatif mudah untuk diikuti. Ini adalah alternatif ideal untuk mendaki Gunung Batur yang sibuk. Hindari mendaki selama musim hujan kisaran bulan Oktober hingga Maret, karena lintah bisa menjadi masalah.

 

  1. Bikin batik sendiri.

kumparan

Batik adalah seni dekorasi tekstil tradisional Indonesia dengan pewarna dan cairan lilin, serta menggunakan metode yang tepat.

Beberapa tempat di sekitar Ubud mengadakan workshop yang menawarkan kesempatan untuk menggambar, mendesain, dan membuat baju batik Anda sendiri.

Bayangkan pulang ke rumah dengan karya seni unik yang Anda rancang sendiri. Anda akan memiliki suvenir ideal dari liburan tak terlupakan dan hari yang dihabiskan untuk menyelam jauh ke dalam budaya lokal.

 

  1. Berikan cinta untuk kucing dan anjing lokal.

NEWS Bali Villa Arrangements

 

Ada banyak anjing dan kucing jalanan di Bali, dengan rabies masih menjadi masalah. Adalah umum untuk menemukan anak anjing dan anak kucing yang ditinggalkan di pasar, tempat parkir atau di sudut jalan.

Beberapa organisasi di Bali membantu ribuan kucing dan anjing. Jika Anda seorang penyayang binatang, atau hanya ingin melakukan sesuatu selain berenang dan minum mojito, kunjungi BAWA (Asosiasi Kesejahteraan Hewan Bali) dan Villa Kitty.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.