Artesanias, 8 Ragam Karya Seni Rakyat Meksiko

Disebut sebagai artesanías, seni rakyat Meksiko sering memiliki tujuan di luar dekoratif dan biasanya dibuat oleh seseorang tanpa pelatihan formal.

Di lain pihak, Oaxaca adalah negara bagian yang paling terkait dengan seni rakyat khas Meksiko. Setiap wilayah sebenarnya menawarkan kontribusi tersendiri.

Inilah pengantar singkat mengenai seni khas Meksiko yang dapat ditemukan dalam 8 karya.

 

  1. Perhiasan Perak dari Taxco, Guerrero

Taxco terkenal di seluruh dunia sebagai kota perak Meksiko, serta pueblo mágico bersejarah paling indah yang terletak tepat di dekat perbatasan Guerrero, salah satu Negara Bagian Meksiko.

Jika mengunjungi kota itu sendiri, Anda harus selalu menggunakan penilaian yang baik saat melakukan pembelian karena beberapa barang memiliki kualitas jauh lebih rendah daripada lainnya.

Cukup mudah untuk mendapatkan perhiasan perak Taxco di berbagai tempat berbeda di seluruh Meksiko. Pasalnya, popularitas karya satu ini memang sangat tinggi.

 

  1. Tekstil dan Karpet Anyaman dari Oaxaca

Tekstil dan karpet tenun adalah karya seni rakyat Meksiko yang paling umum dan layak diapresiasi. Sementara tekstil, seperti blus huipil tradisional dan sering dibordir berat atau kemeja guayabera, dapat dengan mudah ditemukan di seluruh negeri.

Anda benar-benar harus membeli permadani tenun langsung dari sumbernya di wilayah Teotitlán del Valle di Oaxaca.

Hal ini demi memastikan produsen menerima keseluruhan uang yang Anda habiskan untuk mengapresiasi karya indah mereka.

 

  1. Alebrijes dari Oaxaca

Bagian penting lain dari warisan budaya di Oaxaca adalah alebrijes. Dilukis menggunakan tangan dengan semarak yang dapat menjadi bahan pembicaraan seru setelah Anda membawanya kembali ke rumah.

Dipotong secara konvensional sebelum didekorasi dengan saksama, setiap bagian unik dan sangat ringan, jadi berhati-hatilah saat mengangkutnya.

Jika Anda tertarik pada karya seni rakyat kayu Meksiko lainnya, pertimbangkan untuk mengambil molinillo, benda indah yang dirancang untuk membuat cokelat panas agar berbusa.

 

baca juga:

10 Hal Dilarang di Colombia, Sebaiknya Jangan Anda Lakukan!

 

  1. Barang-barang kulit dari León, Guanajuato

Jika Anda menginginkan sepatu bot koboi yang sangat terjangkau, tas sadel kulit, atau bahkan hanya dompet koin mungil, León, Guanajuato adalah tempat paling tepat.

Karena memiliki keterikatan dengan budaya koboi dan charrería, Anda dapat menemukan kerajinan kulit Meksiko yang sangat detail dan otentik di seluruh negeri dalam roaming tianguis atau mercados lokasi tetap.

 

  1. Produk manik-manik Huichol dari Jalisco, Durango atau Nayarit

Orang-orang Huichol adalah otak di balik perhiasan dan seni yang sangat rumit ini. Terdiri dari ratusan ribu manik-manik kecil berwarna cerah. Anda dapat menemukan anting-anting mungil, kalung pernyataan, dan gelang halus dalam gaya Huichol.

Selain itu, karya seni yang lebih besar seperti hiasan patung jaguar dan tengkorak gula manik-manik. Setiap karya membutuhkan berjam-jam upaya terkonsentrasi agar hasilnya maksimal.

Karenanya, membeli langsung dari produsen berarti membantu para seniman mendapatkan semua keuntungan.

 

  1. Tembikar dari Oaxaca, Puebla dan Jalisco

Dalam hal tembikar, Oaxaca dan Puebla bisa dibilang berkuasa di Meksiko, bersama Jalisco. San Bartolo Coyotepec di Oaxaca menawarkan tembikar hitam yang sangat halus sehingga akan menambahkan sentuhan berkelas di rumah mana pun.

Sementara itu, Puebla lebih terkenal dengan ubin Talavera. Produk regional ini hanya dapat dibuat menggunakan tanah liat yang ditemukan di Puebla dalam enam warna alami.

Terakhir, Jalisco terkenal dengan tembikar bergaya bruñido atau mengkilap.

 

  1. Tempat tidur gantung dari Yucatán

Mungkin yang paling berguna dari semua seni rakyat, selain sepatu dan sandal kulit, adalah tempat tidur gantung, produk khas wilayah Yucatán di Meksiko.

Jika Anda ingin benar-benar berintegrasi dengan penduduk lokal di semenanjung ini, satu-satunya cara yaitu membeli tempat tidur gantung buatan tangan.

Karya satu ini tahan lama, tradisional, dan sangat praktis. Banyak rumah di Meksiko dilengkapi dengan pengait di dindingnya. Anda dimungkinkan memasang produk tersebut lebih mudah.

 

  1. Kerajinan kertas dari mana saja di Meksiko

Sebuah bentuk seni pra-Columbus, berasal dari budaya Maya dan pertama kali digunakan untuk mendokumentasikan kehidupan sehari-hari. Namun, seiring berjalannya waktu, kerajinan kertas di Meksiko mengalami perkembangan.

Hingga kini, bentuknya seperti spanduk dan untaian yang dihias dengan laser. Dapat ditemukan pada gedung-gedung publik dan rumah-rumah di seluruh Meksiko.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.