Yuk, Wisata Kuliner Enak Dan Murah Di Bogor Untuk Liburan Tahun Baru

Jariadventure.co.id – Merayakan liburan panjang tahun baru sebagai penutup tahun, tidak perlu jauh – jauh ke luar negeri atau menempuh perjalanan panjang.

Berada tak jauh dari Jakarta, tepatnya di kota Bogor, kamu bisa mencicipi aneka sajian khas berselera untuk mengusir hawa dingin.

Maklum saja, kota yang dijuluki “tempat paling basah” di Indonesia ini setiap hari bisa turun hujan yang membuat hawa semakin dingin dan sejuk. Paling enak, jika mengganjal perut dengan makanan atau minuman karena bawaannya perut memang selalu lapar berada di dataran tinggi.

Selain banyak obyek wisata menarik, kota Hujan Bogor juga tak mau kalah dari sektor industri pariwisata tata boga.

Kuliner bercita rasa lezat yang menggoda selera, bisa dinikmati hampir di sepanjang jalan atau sudut – sudut jalan.

Tempat kuliner di Bogor juga tak jarang menjadi sasaran para mahasiswa atau pelajar pendatang yang ingin nongkrong atau berkumpul bersama teman – teman di waktu senggang.

Alhasil, semua menu mau tak mau harus dibanderol terjangkau. Agar bisa memenuhi selera dan permintaan seluruh lapisan masyarakat. Termasuk kaum mahasiswa yang terkenal berkantong pas – pasan.

Nah, jika kamu berkesempatan mengunjungi kota Talas, Bogor untuk berekreasi atau menghabiskan masa liburan akhir pekan. Tak salah dong apabila mencoba aneka kuliner khas yang paling hits di akun media sosial.

Sembari memanjakan selera dan indera perasa, tak lupa jari – jemari memencet tombol camera untuk mengunggah foto – foto kuliner terlezat untuk pamer ke netizen di jagad maya. Ini dia deretan makanan khas yang enak dan murah di Bogor untuk liburan tahun baru:

Asinan Jagung Bakar

Jika mencari kudapan yang memiliki perpaduan rasa gurih, asin dan manis di Bogor, Asinan Jagung Bakar yang ada di Gang Roda Suryakencana ini bisa menjadi referensi. Harganya yang ramah di kantong dan rasanya yang lezat, membuat tempat makan ini selalu ramai pembeli.

Eksis sejak tahun 1968, asinan disini terus mempertahankan rasanya. Sensasi asinan yang asem serta jagung manis bakar yang asin dan gurih membuatnya begitu segar. Cara membuatnya tidak terlalu ribet, jagung yang telah dipisahkan dari bonggolnya diberi kuah cuka berbumbu cabai segar yang digiling kasar lalu ditambahan gula pasir.

Yang membedakannya dengan asinan lain, cuka yang digunakan menggunakan cuka aren, sehingga tak hanya asem namun juga wangi. Untuk semakin  menambah cita rasa, biasanya ditambahkan kerupuk mie dan irisan mentimun.

Hmm.. asinan jagung bakar ini sangat cocok dinikmati di kala hujan sembari gerimis mengundang. Sepiring asinan jagung bakar dibanderol antara Rp 10 ribu – Rp 20 ribu. Lebih mantap dinikmati saat masih mengepul selagi hangat.

Baca juga:

Tempat Terbaik Rayakan Tahun Baru di Banten, Keren dan Terjangkau Lho!

Cungkring

Cungkring adalah makanan khas Bogor yang terbuat dari kepala sapi dan kikil yang dimasak dengan bumbu kuning, kemudian disiram sambal kacang.

Layaknya sate, cungkring menggunakan lontong atau nasi sebagai pelengkap. Untuk bisa mencicipi cungkring, anda bisa menemukannya di pasar – pasar tradisional yang ada di Bogor.

Salah satu penjual cungkring ada Jl. Surya Kencana bernama Kang Deden. Pembeli bisa memilih bagian tubuh sapi seperti kikil, kulit, dampal atau urat yang akan disantap.

Para penikmati Cungkring biasanya adalah wisatawan yang berasal dari luar kota atau luar daerah yang ingin mencoba kuliner khas Bogor. Selain asinan, wajib nih mencoba menu andalan cungkring.

Sop Buah Pak Ewok

Cuaca panas memang paling nikmat memanjakan lidah dengan yang dingin – dingin, contohnya sop buah. Campuran buah segar berpadu dalam satu porsi siap meluluhkan dahaga. Salah satu kedai yang menjual sop buah populer di Bogor ialah Sop Buah Pak Ewok. Letaknya ada di Jl. Tunggul No. 5 Taman Kencana Bogor, Jawa Barat.

Harga untuk satu porsi sop buah hanya dibanderol Rp 8.000, cukup terjangkau kan? Tak hanya sop buah yang menjadi menu andalan di kedai Pak Ewok ini. Aneka kuliner nusantara seperti siomay, mie ayam jamur, nasi timbel, batagor, pempek steak iga bakar dan lain – lain juga wajib untuk dicoba sebagai hidangan pelengkap sop buah.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *